Dewi, Adlina Aisyah (2015) أنماط التواصلات بين المعلم والمتعلمين في تعليم الفقه للفصل الثامن بالمدرسة الثانوية الحكومية "مانتينجان" نجاوي جاوى الشرقية العام الدراسي ٢٠١٤-٢٠١٥ م. S1 Undergraduate thesis, UNIVERSITAS DARUSSALAM GONTOR.
FILE TEXT (Adlina Aisyah Dewi - PAI - 2015)
Adlina Aisyah Dewi - PAI - 2015.pdf - Published Version Exclusive to Registered users only License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (146MB) |
Abstract
Proses pendidikan dapat berlangsung dalam lingkungan keluarga, sekolah, ataupun di masyarakat. Aktivitas pendidikan di sekolah merupakan proses interaksi antara guru dan siswa untuk suatu tujuan tertentu. Salah satu bentuk interaksi tersebut adalah melalui proses komunikasi. Guru sebagai salah satu unsur penting dalam komunikasi pembelajaran diharapkan dapat menciptakan kondisi belajar mengajar yang bisa mengantar siswa kepada tujuan yang telah ditetapkan. Karena melalui pola komunikasi yang tepat dengan suasana belajar yang nyaman, dapat membantu siswa dalam memahami pelajaran yang disampaikan oleh sang guru. MTs Mantingan adalah salah satu sekolah yang berorientasi pada pembentukan peserta didik yang berkepribadian islam, berilmu, trampil dan mandiri. Dengan jumlah siswa yang tidak sedikit, maka seorang guru harus mengkondisikan sistematis pembelajaran. Maka dari itu peneliti membahas tentang bagaimana pola komunikasi antara guru dan murid dalam pembelajaran fiqih kelas VIII di sekolah ini tahun 2014-2015. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) unsur unsur komunikasi antara guru dan siswa dalam pembelajaran Fiqih kelas VIII di MTs Mantingan, 2) pola komunikasi antara guru dan siswa dalam pembelajaran fiqih untuk kelas VIII di MTs Mantingan. Penelitian ini adalah penelitian lapangan yang bersifat deskriptif kualitatif. Tehnik pengumpulan data yang digunakan adalah:Metode observasi untuk mengetahui proses komunikasi pembelajaran yang terjadi di MTsN Mantingan kelas VIII untuk pelajaran fiqih; metode wawancara untuk mengetahui unsur-unsur dalam komunikasi dan pola komunikasi antara guru dan siswa dalam pembelajaran fiqih bagi kelas VIII di MTs Mantingan, dan metode dokumenter untuk mengetahui gambaran umum sekolah baik keadaan guru, murid dan sarana prasarana. Sedangkan analisis datanya data alir dari Miles Huberman yang mencangkup tiga langkah dalam penelitian, yaitu: Reduksi data, yaitu memilih data tentang unsur dan pola komunikasi dalam pembelajaran fiqih, Display data, yaitu mengumpulkan data tentang unsur dan pola komunikasi dalam pembelajaran fiqih dan Verifikasi, yaitu menyimpulkan data yang telah dikumpulkan. Hasil penelitian ini adalah: 1) unsur komunikasi dalam pembelajaran fiqih yaitu, guru sebagai komunikator, siswa sebagai komunikan, pelajaran sebagai pesan, alat sebagai media, dan perubahan secara kognitif, afektif, Psikomotorik sebagai pengaruh dari komunikasi.2) pola komunikasi antara guru dan murid dalam pembelajaran fiqih adalah pola komunikasi campuran yaitu, a) pola komunikasi satu arah yang melibatkan guru sebagai pusat pembelajaran dan murid sebagai penerima pesan, b) pola komunikasi dua arah yang melibatkan guru dan murid memiliki peran yang sama yaitu sebagai pemberi pesan dan penerima pesan dan c) pola komunikasi tiga arah yang tidak hanya melibatkan komunikasi antara guru dan murid tetapi juga melibatkan komunikasi antara murid satu dengan murid yang lainnya. Dari hasil penelitian ini diharapkan kepada: 1) Guru Fiqih Untuk menyesuaikan pola komunikasi dalam meningkatkan proses pembelajaran Fiqih. 2) Guru Fiqih Untuk meningkatkan media pembelajaran atau dilakukannya praktek dalam pembelajaran fiqih. 3) siswa kelas VIII untuk meningkatkan konsentrasi pada saat pembelajaran Fiqih berlangsung.
Item Type: | Thesis ( S1 Undergraduate ) |
---|---|
Subjects: | 23rd Dewey Decimal Classification > 300 – Ilmu Sosial > 370 - Pendidikan > 370 Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah UNIDA Gontor > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Thoba Qolby |
Date Deposited: | 12 Dec 2024 01:46 |
Last Modified: | 12 Dec 2024 01:46 |
URI: | http://repo.unida.gontor.ac.id/id/eprint/4635 |
Statistics Downloads of this Document
View Item |