Search for collections on UNIDA Gontor Repository

أثر إدارة وظائف المنظمة في تغيرات أفعال المدبرين من الفصل الرابع بمعهد دار السلام كونتور للتربية الإسلامية الحديثة العام الدراسي: ١٤٣٤ - ١٤٣٥هـ

Pramono, Angga (2014) أثر إدارة وظائف المنظمة في تغيرات أفعال المدبرين من الفصل الرابع بمعهد دار السلام كونتور للتربية الإسلامية الحديثة العام الدراسي: ١٤٣٤ - ١٤٣٥هـ. S1 Undergraduate thesis, UNIVERSITAS DARUSSALAM GONTOR.

[img] FILE TEXT (Angga Pramono - PAI- 2014)
Angga Pramono - PAI - 30117782 - 2014.pdf
Exclusive to Registered users only
License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (127MB)

Abstract

Zaman telah berubah dengan sangat pesat, seperti ilmu pengetahuan, teknologi dan seni. Globalisasi dan kemajuan teknologi tersebut sangat berpengaruh terhadap masyarakat, baik secara pribadi maupun dalam soal dinamika kelompok (Organisasi). Seiring dengan progresivitas tersebut, menimbulkan banyak konflik, kapanpun waktunya dan siapapun orangnya. Dan juga dalam organisasi yang mana kita terlibat di dalamnya, pasti akan berhadapan dengan konflik, semakin besar organisasinya maka semakin besar konflik yang akan dihadapi. Dalam upaya menghadapi masalah masalah yang ada di atas, Pondok Modern Darussalam Gontor sebagai lembaga Pendidikan Islam mengupayakan banyak pendidikan terhadap para santrinya, salah satunya pendidikan organisasi, yang mana santri-santrinya bergerak aktif di dalamnya dan pengurus kelas 4 yang merupakan kader dari kepengurusan organisasi tersebut, dengan harapan Gontor bisa mencetak kader kadernya sebagai manusia yang islami dan siap bergerak di masyarakat kelak. Berdasarkan latar belakang di atas, secara umum penelitian ini bertujuan 1) untuk mengetahui perubahan perubahan tingkah laku pengurus rayon asal kelas empat setelah mengemban amanat organisasi ini di Pondok Modern Darussalam Gontor Ponorogo tahun ajaran 1434-1435 Η. 2) untuk mengetahui motivasi motivasi pengurus rayon asal kelas 4 dalam mengatur tugas tugas organisasi di Pondok Modern Darussalam Gontor Ponorogo tahun ajaran 1434-1435 H. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan metode kualitatif yang bersifat deskriptif-analisis. Data dikumpulkan dengan: 1) Metode Dokumentasi, 2) Metode Observasi, dan 3) Wawancara, sedangkan analisis datanya menggunakan analisis kualitatif Spradley yakni analisis Domain, Taksonomi dan Komponen analisis. Berdasarkan analisis yang dilakukan, diketahui: 1) Perubahan perilaku pengurus rayon asal kelas 4 tebagi menjadi 2 bagian: perubahan tingkah laku yang baik pada diri pengutus asal kelas 4 untuk pengurus itu sendiri, misalnya: dapat mengatur waktu dengan baik, paham akan organisasi dil, perubahan tingkah laku yang baik pada pengurus asal kelas 4 untuk orang lain, misalnya: bisa menjadi pendengar yang baik, bisa memahami sifat sifat orang lain dll. Sedangkan motivasi motivasi pengurus rayon asal kelas 4 dibagi menjadi menjadi 2 bagian: motivasi dari diri pengurus rayon asal kelas 4 yaitu dari dalam diri mereka sendiri, dan motivasi selain dari diri pengurus rayon asal kelas 4, misalnya: orang tua, Pondok, musyrif rayon, muyrif pengasuhan santri dll. Berdasarkan hasil penelitian di atas, peneliti mengharapkan kepada pengurus rayon ( kelas 5 dan 4) agar selalu aktif dalam organisasi rayon ini, dan kepada seluruh musyrif dan guru- guru agar selalu aktif dalam membimbing dan mengontrol jalannya organisasi rayon ini dengan baik.

Item Type: Thesis ( S1 Undergraduate )
Subjects: 23rd Dewey Decimal Classification > 300 – Ilmu Sosial > 370 - Pendidikan > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah UNIDA Gontor > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Thoba Qolby
Date Deposited: 15 Dec 2024 02:06
Last Modified: 15 Dec 2024 02:06
URI: http://repo.unida.gontor.ac.id/id/eprint/4676

Statistics Downloads of this Document

Downloads per month in the last year

View more statistics

 View Item View Item