Fajri, Annur (2002) تأثير المراجعة العامة على دوافع التعلم لطلبة السنة الخامسة بكلية المعلمين الإسلامية بالمعهد العصري دار السلام كونتور فونوروکو اندونيسيا السنة الدراسية : ١٤٢٢-١٤٢٣. S1 Undergraduate thesis, UNIVERSITAS DARUSSALAM GONTOR.
FILE TEXT (Annur Fajri - PAI - 2002)
Annur Fajri - PAI - 2002.pdf - Published Version Exclusive to Registered users only License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (84MB) |
Abstract
Ulangan Umum merupakan salah satu alat pendidikan dan pengajaran yang diterapkan di KMI Pondok Modern Gontor. Hal ini diharapkan dengan adanya ulangan umum siswa termotivasi untuk belajar sehingga terciptalah lingukungan belajar yang kondusif, dan terjadi persaingan yang positif dalam peningkatan belajar. Ulangan ini dilaksanankan seperti ujian dimana ada panitia khusus yang bertanggung jawab terhadap pelaksanaan ulangan tersebut dan nilai yang didapat siswa dipaparkan sehingga dapat diketahui oleh siswa, namun nilai yang diperoleh siswa tersebut tidak berpenggaruh terhadap nilai mereka saat ujian pertengahan tahun dan akhir tahun. Untuk itu perlu diadakan penelitian tentang ada atau tidaknya pengaruh ulungan tersebut terhadap motivasi belajar siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh ulangan umum terhadap motivasi belajar siswa kelas V KMI Pondok Modern Darussalam Gontor tahun ajaran 1422-1423. Dan kalau ada pengaruh sejauh mana pengaruh ulangan tersebut terhadap motivasi belajar mereka. Untuk mencapai tujuan tersebut, maka peneliti ini menggunakan metode dokumenter, observasi, dan metode angket untuk memperoleh data tentang motivasi belajar siswa kelas lima KMI Pondok Modern Darussalam Gontor Ponorogo. Data dipaparkan dengan metode diskriptif dan dianalisa secara statistik dengan rumus korelasi koefisien kontingensi. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V KMI Pondok Modern Darussalam Gontor Ponorogo tahun ajaran 1422-1423 yang berjumlah 781 siswa. Sedangkan sample yang diambil 15% dari populasi sehingga jumlahnya mencapai 117 orang dengan tehnik stratified randum smpling. Hasil penelitian ini adalah: satu, Ada pengaruh ulangan umum yang signifikan terhadap motivasi belajar siswa kelas V KMI Pondok Modern Darussalam Gontor Ponorogo tahun ajaran 1422-1423, kesimpulan ini berdasarkan pada hasil analisa korelasi koefisien kontingensi dengan taraf signifikansi 5%. Dua, pengaruh Ulangan Umum terhadap motifasi belajar siswa kelas V KMI tahun ajaran 1422-1423 adalah sangat tinggi yaitu: 0,8914 berada pada (0,800-1,00). Berdasarkan hasil penelitian ini maka diharapkan kepada Direktur KMI Pondok Modern Darussalam Gontor Ponorogo untuk meningkatkan pelaksanaan ulangan tersebut dengan cara penggabungan nilai ulangan umum dengan nilai ujian pertengahan tahun dan akhir tahun, mengarahkan para pengawas ulangan umum agar melaksanakan pengawasan dengan baik sehingga tidak terjadi penyontekan dan mengarahkan para pembuat soal agar memperhatikan kemampuan siswa dan waktu yang disediakan dalam menjawab ulangan umum tersebut.
Item Type: | Thesis ( S1 Undergraduate ) |
---|---|
Subjects: | 23rd Dewey Decimal Classification > 300 – Ilmu Sosial > 370 - Pendidikan > 370 Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah UNIDA Gontor > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Thoba Qolby |
Date Deposited: | 15 Dec 2024 02:16 |
Last Modified: | 15 Dec 2024 02:16 |
URI: | http://repo.unida.gontor.ac.id/id/eprint/4677 |
Statistics Downloads of this Document
View Item |