Thesis
Published
مهنية المدرسين بالمدرسة الحكومية المتوسطة جانفينج ريجوو ٢ كديري جاوي الشرقية
Abstract
Kesuksesan dan kegagalan pendidikan dan pengajaran siswa tidak terlepas dari keprofesionalan guru dalam mengajar. Jika guru professional dalam mengajar, maka akan terciptalah proses belajar yang maksimal. Dengan guru yang professional maka pelaksanaan pendidikan dapat ditingkatkan mutunya. Karena itu Sekolah Lanjutan Tingkat Pertama Negeri 2 Gampeng Rejo Kediri sebagai salah satu lembaga pendidikan yang selalu berusaha meningkatkan kualitas keahlian gurunya. Dengan guru yang professional dapat menunjang keberhasilan, peningkatan serta kualitas para guru. Tujuan penelitian ini untuk mengungkap proses pembinaan dan profesionalisme guru di SLTP N 2 Gameng Rejo Kediri. Penelitian ini adalah penelitian Deskriptif Kualitatif dengan menggunakan teknik dokumenter, interview dengan pihak sekolah antara lain dengan kepala sekolah, guru senior dan guru-guru lain dan teknik observasi sebanyak 5 kali mulai tanggal 3 Agustus 2007 s/d 31 Agustus 2007 dilakukan setiap hari Jum'at, kemudian penulis mengumpulkan data-datanya dan menganalisisnya. Hasil penelitian menunjukan bahwa Profesionalisme Guru di SLTP Negeri 2 Gampeng Rejo Kediri adalah guru lebih professional dalam menguasai materi pelajaran karena para guru mengajar sesuai dengan keahlian masing-masing atau sesuai dengan latar belakang pendidikan masing-masing. Penambahan kegiatan ekstra bagi para guru pada jam ke-8 yaitu kursus bahasa inggris dan computer setiap hari senin dan sabtu. Dan penambahan kegiatan dalam peningkatan profesionalisme guru yaitu Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) dan Workshop Pendidikan, dan dari segi spiritualisme adalah penambahan mata pelajaran budi pekerti.
Publication Details
InstitutionUNIVERSITAS DARUSSALAM GONTOR
DepartmentPENDIDIKAN AGAMA ISLAM
Item ID4678
Deposited15 Dec 2024 02:20