Sifa'urrohmah, Astuti (2015) تعليم معاني المزيدات في الأفعال لطالبات الفصل الثاني بكلية المعلمات الإسلامية معهد دار السلام كونتور للبنات الأول العام الدراسي : ١٤٣٥ - ١٤٣٦هـ. S1 Undergraduate thesis, UNIVERSITAS DARUSSALAM GONTOR.
FILE TEXT (Astuti Sifa'urrohmah - PAI - 2015)
Astuti Sifa'urrohmah - PAI - 2015.pdf - Published Version Exclusive to Registered users only License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (105MB) |
Abstract
Pondok Modern Darussalam Gontor telah memberikan perhatian yang besar terhadap pembelajaran Bahasa Arab yaitu dengan menjadikannya bahasa utama, yang mana pembelajaran ilmu-ilmu agama menggunakan Bahasa Arab. Sehingga Bahasa Arab menjadi bahasa percakapan dan bahasa pembelajaran dari kelas dua sampai kelas enam KMI. Dan kelebihan Pondok Modern Darussalam Gontor adalah dalam hal kecakapan secara praktek yang mana santrinya senang menirukan tata bahasa baru yang didengarnya, sehingga bahasa mereka secara umum bersifat sosial atau tradisional. Maka dari itu, diperlukanlah pembelajaran kaidah-kaidah bahasa seperti nahwu dan shorof agar bahasa mereka menjadi baik dan benar. Dan dari serangkaian judul-judul yang ada dalam pelajaran shorof adalah makna mazidat fi-l-af al yang mempelajari tentang perbedaan makna yang dihasilkan dari perbedaan wazn atau bentuk kata berimbuhan. Maka dengan mempelajari materi tersebut, santriwati diharapkan dapat mengaplikasikannya dalam percakapan maupun tulisan mereka. Dari keterangan di atas, maka penelitian ini ditujukan untuk mengetahui bagaimana pembelajaran makna mazidat fi-l-af al bagi kelas dua Kulliyyatu-l-Mu'allimat Al Islamiyyah Pondok Modern Darussalam Gontor Putri 1. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif (Descriptive Qualitative Research) dengan data lapangan. Maka dari itu dalam prosesnya, peneliti menggunakan metode Miles dan Huberman yang terbagi dalam tiga tahapan, yaitu data reduksi, data display dan verifikasi atau penarikan kesimpulan. Dan setelah menganalisa semua data yang didapatkan, peneliti menemukan bahwa: 1) Pembelajaran makna mazidat fi-l-afal bagi kelas dua Kulliyyatu-l-Mu'allimat Al Islamiyyah Pondok Modern Darussalam Gontor Putri 1.menggunakan metode qiyasiyyah (deductive method) dan metode istiqro'iyyah (inductive method). 2) Adanya perbedaan dalam metode pembelajaran disebabkan oleh adanya perbedaan standar kemampuan santriwati yang terbagi dalam kelas-kelas. 3) Dan metode yang efektif untuk pembelajaran makna mazidat fi-l-af'al adalah metode qiyasiyyah (deductive method), namun untuk kelas atas dan menengah dapat digunakan metode istiqro'iyyah (inductive method) karena kemampuan mereka untuk menemukan dan mengidentifikasi. Sedangkan metode qiyasiyyah (deductive method) lebih cocok digunakan untuk kelas bawah dikarenakan kemampuan mereka yang lemah dalam memahami pelajaran. Dengan ini, peneliti berharap kepada bapak direktur KMI lebih memperhatikan jalannya pembelajaran kaidah bahasa, khususnya pada kelas dua KMI agar menjadi pengetahuan dasar yang kuat dari apa yang akan mereka pelajari di kelas yang lebih tinggi. Dan kepada para pengajar unutk meningkatkan bahasa mereka dan selalu memperhatikan bahasa santri sehingga dapat membenarkan bahasa mereka yang salah. Dan bagi peneliti yang akan datang, untuk meneruskan penelitian yang berhubungan dengan penelitian ini. Dan meskipun di dalam penelitian ini masih banyak hal yang perlu diperbaiki, peneliti berharap agar penelitian ini dapat memberikan manfa'at yang sebesar-besarnya.
Item Type: | Thesis ( S1 Undergraduate ) |
---|---|
Subjects: | 23rd Dewey Decimal Classification > 300 – Ilmu Sosial > 370 - Pendidikan > 370 Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah UNIDA Gontor > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Thoba Qolby |
Date Deposited: | 15 Dec 2024 02:38 |
Last Modified: | 15 Dec 2024 02:38 |
URI: | http://repo.unida.gontor.ac.id/id/eprint/4680 |
Statistics Downloads of this Document
View Item |