Search for collections on UNIDA Gontor Repository

ميل تعلم الطالبات في مادة الفقه و إنجازه لطالبات السنة الثالثة التكثيفية بكلية المعلمات الإسلامية معهد دار السلام كونتور للبنات الأول للتربية الإسلامية الحديثة سامبيرجوا ما نتنجان نجاوي جاوه الشرقية إندونيسيا العام الدراسي ١٤٢٨-١٤٣٩ هـ

Halimah, Elin Siti (2007) ميل تعلم الطالبات في مادة الفقه و إنجازه لطالبات السنة الثالثة التكثيفية بكلية المعلمات الإسلامية معهد دار السلام كونتور للبنات الأول للتربية الإسلامية الحديثة سامبيرجوا ما نتنجان نجاوي جاوه الشرقية إندونيسيا العام الدراسي ١٤٢٨-١٤٣٩ هـ. S1 Undergraduate thesis, UNIVERSITAS DARUSSALAM GONTOR.

[img] FILE TEXT (Elin Siti Halimah - PAI - 2007)
Elin Siti Halimah - PAI - 2007 - 25115288.pdf - Published Version
Exclusive to Registered users only
License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (115MB)

Abstract

Pelajaran Fiqih merupakan salah satu pelajaran agama yang sangat penting dan sangat diperhatikan oleh Kulliyatu-1- Muallimat al- Islamiah di Pondok Modern Darussalam Gontor Putri 1,oleh karena itu diwajibkan kepada seluruh siswa dari kelas satu sampai kelas enam untuk mempelajarinya. Namun siswa kelas 3 Intensif KMI Pondok Modern Darussalam Gontor Putri 1 1 menganggap pelajaran fiqih merupakan pelajaran yang sulit, hal ini nampak dari rata-rata prestasi mereka pada ulangan umum rendah yaitu 4,6 lebih kecil dari target minimal dari KMI yaitu 4,8. Akan tetapi pada. ulangan pertengahan tahun mereka mencapai nilai yang cukup baik yaitu dengan rata- rata 6 Keberhasilan proses belajar mengajar dipengaruhi oleh beberapa faktor, yaitu faktor yang berasal dari dalam diri siswa dan faktor yang berasal dari luar diri siswa, diantara a faktor yang berasal dari dalan diri siswa adalah minat belajar. Dikaitkan dengan prestasi belajar mereka, apakah minat belajar fiqih mempengaruhi prestasi belajar fiqih? Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk: (1). Mengetahui minat belajar. yang fiqih siswi kelas 3 intensif KM1.(2). Mengetahui prestasi belajarnya. (3). Mengetahui ada dan tidaknya hubungan antara minat belajar fiqih dengan prestasi belajar fiqih siswi kelas 3 intensif KMI Pondok Modern Darussalam Gontor Putri I tahun tahun ajaran 1428-1429 Η Pengumpulan data dilakukan dengan metode angket dan metode dokumenter, sedangkan tehnik analisa data yang digunakan adalah tehnik korelasi Product Moment dengan taraf signifikansi 5% dengan derajat kebebasan (df) 45. Subyek penelitian adalah seluruh siswa kelas 3 intensif KMI Pondok Modern Darussalam Gontor Putri | tahun ajaran 1428-1429 H yang berjumlah 241 dengan sampel 20% dari populasi yaitu 48 siswa. Sampel diambil dengan metode statified random sampling. Hasil penelitian menunjukan bahwa(1). Taraf minat belajar fiqih siswi kelas 3 intensif KMI Pondok Modern Darussalam Gontor Putri 1 tahun ajaran 1428-1429 H sedang, dengan nilai rata-rata 90,29 dari nilai yang diharapkan 75.(2). Prestasi belajar siswi dalam pelajaran fiqih cukup baik dengan rata-rata nilai 6,06 dari nilai yang diharapkan 4,6. (3). Ada hubungan yang signifikan antara minat belajar fiqih dengan prestasi belajar fiqih siswa kelas 3 intensif KMI Pondok Modern Darussalam Gontor Putri 1 tahun ajaran 1428-1429 H,dan derajat hubungan antara minat belajar fiqih dan prestasi belajar fiqih sangat tinggi Hal ini ditunjukan dengan nilai rxy-0,946 lebih besar dari nilai ir tabel 0,288. Dan dari hasil penelitian ini, maka null hypotesis ditolak sehingga ada hubungan antara minat belajar fiqih dengan prestasi belajar fiqih. Berdasarkan hasil penelitian, maka diharapkan kepada, (1). Direktur KMI Untuk Memperhatikan faktor-faktor yang menimbulkan minat dan menciftakan lingkungan Memper belajar yang baik guna meningkatkan minat belajar siswa khususnya dalam pelajaran fiqih. (2). Para pengajar fiqih untuk membangkitkan dan meningkatkan minat belajar siswanya sehingga tercapai minat belajar yang baik dan mendapatkan prestasi yang lebih baik dari yang telah dicapai sekarang. (3). Siswa kelas 3 intensif KMI Pondok Modern Darussalam Gontor Putri 1 tahun ajaran 1428-1429 H untuk mempertahankan prestasi yang telah dicapai dan meningkatkannya sehingga mendapat nilai yang lebih tinggi.

Item Type: Thesis ( S1 Undergraduate )
Subjects: 23rd Dewey Decimal Classification > 300 – Ilmu Sosial > 370 - Pendidikan > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah UNIDA Gontor > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Thoba Qolby
Date Deposited: 18 Dec 2024 03:37
Last Modified: 18 Dec 2024 03:37
URI: http://repo.unida.gontor.ac.id/id/eprint/4694

Statistics Downloads of this Document

Downloads per month in the last year

View more statistics

 View Item View Item