Purnamasari, Elisa (2007) تنفيذ تربية العقيدة بمعهد دار السلام كونتور للبنات الأول للتربية الإسلامية الحديثة بسامبيرجو ماننتجان تجاوى جاوى الشرقية العام الدراسي: ١٤٢٧-١٤٢٨. S1 Undergraduate thesis, UNIVERSITAS DARUSSALAM GONTOR.
FILE TEXT (Elisa Purnamasari - PAI - 2007)
Elisa Purnamasari - PAI - 2007.pdf - Published Version Exclusive to Registered users only License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (121MB) |
Abstract
Pondok Modem Darussalam Gontor Putri 1 untuk menerapkan faktor utama keberlasilan misi hidup yaitu untuk mencapai keridhoan Allah. Dalam mendidik santriwatinya guna menyelamatkan generasi Islam dari krisis aqidah Pondok Modern Darussalam Gontor Putri I menerapkan sistem pengajaran dan pendidikan dengan Motto Pondok Modern dan Panca Jiwa. Namun bagaimana Pondok Modern Darussalam Gontor Putri I menanamkan pendidikan aqidah yang benar dengan sistem asrama, dan hal apa saja yang mendukung serta penghambat pelaksanaan pendidikan aqidah tersebut adalah sangat menarik untuk diteliti. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan pendidikan aqidah bagi santriwati yang ada Pondok Modern Darussalam Gontor Putri 1, dan juga untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat pelaksanaannya. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Untuk mendapatkan data-data yang signifikan, peneliti menggunakan metode observasi, dokumentasi serta wawancara, sehingga mendapat data yang jelas tentang pelaksanaan metode pendidikan aqidah di Gontor Putri 1, serta dapat mengumpulkan an faktor pendukung dan p penghambatnya. Sedangkan untuk mengelolah data tersebut peneliti menggunakan deskriptif analisis. data- Hasil penelitian ini menerangkan bahwa pendidikan Aqidah di Pondok Modern Darussalam Gontor Putri 1, bersumber dari Al-qur'an dan Al-hadits. Dan pendidikan aqidahı tersebut guna mencetak mar'ah sholihah, muslimah, mu'minah. Dalam pelaksanaannya, terdapat beberapa faktor pendukung keberhasilannya, yaitu: adanya pembimbing dan pengurus yang mempunyai qudwah khasanah, rub dalam keikhlasan dan tanggung jawab yang besar dalam menanamkan pendidikan aqidah yang mencakup semua karakter dipondok dan semua macam gorakan yang ada didalamnya, adanya sistem asrama dan peraturan yang harus ditaati, mu'ammalah yang baik antara santriwatinya, pengarahan dari bapak direktur dan bapak pengasuh serta wali kelas, kegiatan yang bermanfaat, suatu kurikulum yang lengkap antara kegiatan akademik dan non akademik. Adapun beberapa hambatan pelaksanaanya adalah ritme kehidupan in Pondok Modern Gontor yang serba cepat dan metode yang sering digunakan adalah metode pujian dan hukuman, namun dalam kenyataanya metode hukuman lebih dominan daripada metode pujian itu sendiri. Kurang adanya kesadaran pada diri santriwati, anak-anak yang tidak betah atau bukan keinginan mereka untuk belajar dip dipondok, serta buku-buku bacaan kurang selektif dalam memilihnya sebelum dibaca oleh anak-anak Berdasarkan hasil penelitian ini, peneliti berharap agar selurult pihak yang terkait dengan mobilitas pendidikan dan pengajaran di Pondok Modern Darussalam Gontor Putri 1: para guru, wali kelas, pembimbing kamar, pembimbing rayon, pembimbing konsulat dan rayon agar mengevaluasi efektifitas setiap kegiatan yang berbasis pada aqidah, apalagi untuk mengarah pada akhlak n terlebih dahulu melurunkan skan aqidah anak-anak dan juga untuk k mengoptimalkan diri, dalam ngoptima kegiatan pendidikan dan pengajaran. Dan untuk seluruh santriwati Gontor Putri 1, untuk menambah kekhusyu'an dalam mengerjakan semua kegiatan yang ada, lebih bertanggung jawab pada dirinya sendiri maupun pada orang lain, dan semangat dalam mengerjakan semua kegiatan yang ada dipondok.
Item Type: | Thesis ( S1 Undergraduate ) |
---|---|
Subjects: | 23rd Dewey Decimal Classification > 300 – Ilmu Sosial > 370 - Pendidikan > 370 Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah UNIDA Gontor > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Thoba Qolby |
Date Deposited: | 18 Dec 2024 03:41 |
Last Modified: | 18 Dec 2024 03:41 |
URI: | http://repo.unida.gontor.ac.id/id/eprint/4701 |
Statistics Downloads of this Document
View Item |