Nurbaha, Ayu (2023) تصميم نموذج التقييم للخطابة المنبارية باللغة العربية في معهد دار السلام كونتور الحرم الأول للبنات بمانتينجان نجاوي جاوى الشرقية إندونيسيا رسالة مقدمة لنيل درجة الماجستير في تعليم اللغة العربية. S1 Undergraduate thesis, UNIVERSITAS DARUSSALAM GONTOR.
FILE TEXT (Skripsi)
1-1225-Ayu-Nurbaha.pdf - Published Version Exclusive to Registered users only License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (4MB) |
Abstract
Bahasa arab merupakan Bahasa terkaya didunia, salah satu pembelajaran dalam Bahasa arab ialah keterampilan berbicara. Di pondok modern Darussalam Gontor Putri Kampus 1 telah dilaksanakan pelatihan pidato Bahasa arab sebagai upaya peningkatan kualitas keterampilan berbicara santriwati. Untuk mengetahui perkembangan kualitas keterampilan berbicara maka diperlukan evaluasi dan penilaian dengan instrument yang tepat. Namun dalam proses penilaian pidato, instrumen penilaian yang digunakan belum dapat menghasilkan penilaian objektif. Dengan demikian peneliti berusaha untuk Menyusun Rubrik Penilaian Pidato Bahasa Arab dalam bentuk Buku Panduan Penilaian. Berdasarkan Latarbelakang diatas, penelitian ini bertujuan untuk 1) Menjelaskan Karakteristik Desain Rubrik Penilaian Pidato Bahasa Arab, 2) Mengetahui Kelayakan Desain Rubrik Penilaian Pidato Bahasa Arab. Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development (R&D) berdasarkan teori Four-D Thiagarajan dengan 4 langkah berupa Define, Design, Develop, dan Disseminate. dalam pengumpulan data peneliti menggunakan metode Wawancara, Tes, Kuesioner, dan Dokumentasi. Adapun untuk menganalisa data peneliti menggunakan Rumus Validitas V Aiken’s dan Koefisien Reliabilitas Cronbach Alpha untuk mengetahui kemampuan Rubrik Panilaian dalam mengukur Pidato Bahasa Arab dan Keajegannya saat digunakan. Hasil terpenting dalam penelitian ini adalah tersusunnya Rubrik Penilaian Pidato Bahasa Arab sebagai acuan penilaian bagi Pengawas, dalam penyusunan Rubrik Penilaian peneiti merujuk pada analisis kebutuhan dari hasil wawancara dengan Guru Penanggungjawab Latihan pidato dan Pengawas Pidato serta berdasarkan hasil observasi. Kemudian peneliti menentukan Komponen Rubrik Penilaian berupa Deskripsi tugas, Indikator Penilaian, Skala Penilaian, Kriteria Penilaian, Teknik Penilaian dan Blanko Penlaian. Rubrik Penilaian Pidato disajikan dalam bentuk Buku panduan serta penggunaan warna yang disesuaikan dengan tujuan penilaian. Setelah diujicoba, Rubrik Penilaian Pidato memiliki nilai Validitas V Aiken’s 0,855 dengan tingkat Validitas Tinggi, dan skor reliabilitas 0,929 dengan tingkat Reliabilitas Excellent (Excellent Reliability), adapun nilai kuesioner pengawas pidato menunjukkan hasil 160 = 80% dengan tingkat kelayakan Sangat Baik. Dengan demikian maka Rubrik Penilaian Pidato Bahasa Arab dinyatakan Valid dan Reliabel dan sangat layak digunakan. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan oleh peneliti, diharapkan kepada para guru dan akademisi untuk lebih memperhatikan proses penilaian seluruh keterampilan dalam Bahasa arab khususnya keterampilan berbicara dan keterampilan praktek, agar dapat mewujudkan hasil penilaian yang objektif. Dan kepada pembaca dan peneliti selanjutnya diharapkan untuk lebih memperhatikan kebutuhan dalam proses evaluasi belajar mengajar khususnya pada instrument penilaian.
Item Type: | Thesis ( S1 Undergraduate ) |
---|---|
Subjects: | 23rd Dewey Decimal Classification > 900 – Sejarah dan Geografi > 950 - Sejarah Asia > 953 Sejarah Semenanjung Arab dan daerah sekitarnya |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah UNIDA Gontor > Pendidikan Bahasa Arab |
Depositing User: | amalul fahrul handika |
Date Deposited: | 19 Dec 2024 07:51 |
Last Modified: | 19 Dec 2024 07:51 |
URI: | http://repo.unida.gontor.ac.id/id/eprint/4755 |
Statistics Downloads of this Document
View Item |