Cahyani, Alivia Bunga (2022) تطوير الو سائل الإعلامية كتاب الجيب تكرار المحي في حفظ القرآن الكريم. S1 Undergraduate thesis, Universitas Darussalam Gontor.
![]() |
FILE TEXT (Alivia Bunga Cahyani)
48. FIX ALIVIA BUNGA CAHYANI.pdf - Published Version Exclusive to Registered users only License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (4MB) |
Abstract
ABSTRAK Pengembangan Media Pocket Book Tikar al-Muhyi Dalam Menghafal al-Quran Alivia Bunga Cahyani Nim: 402019238111 Menghafal al-Quran merupakan salah satu metode yang sangat tepat untuk menjaga keasliaan al-Quran sejak diwahyukan hingga sekarang, bahkan masa yang akan datang. Terdapat peningkatan jumlah para hafidz, namun media untuk murojaah pembelajaran al-Quran masih terbatas. Selain factor terbatasnya media pembelajaran al-Quran, terdapat beberapa kendala serta rendahnya faktor motivasi melakukan kegiatan murojaah secara konvensional yang hanya mencapai 33%. Pocket book tikrar al-muhyi merupakan inovasi peneliti untuk mengatasi kendala terkait media pembelajaran al-Quran yang disusun sebagai solusi dalam murajaah al-Quran, sehingga semua para penghafal al-Quran dapat mengatasi kendala-kendala dalam murojaah al-Quran, dan dapat mempermudah murojaah al-Quran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan pocket book tikrar al-muhyi menurut ahli materi dan ahli media. Dan juga mengetahui implementasi penggunaan pocket book tikrar al-muhyi terhadap kualitas hafalan Al-Quran bagi Mahasiswi program studi ilmu al-Quran dan tafsir semester 7. Jenis penelitian yang digunakan adalah research and development. Terdapat 10 langkah penelitian dan pengembangan menurut Borg & Gall yaitu permasalahan, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, revisi desain, uji coba produk, revisi produk, uji coba pemakaian, revisi produk, produk massal. Level yang digunakan dalam penelitian ini yaitu level 3 dimana peneliti mengembangkan produk yang telah ada, membuat produk dan menguji keefektifan produk tersebut. Hasil akhir uji kelayakan media oleh ahli media pembelajaran adalah 4,9 sedangkan hasil dari ahli materi adalah 4 dengan standar minimal kelayakan “3”. Adapun hasil uji coba kevalidan oleh 30 orang mahasiswi diperoleh kriteria hasil valid dari setiap indicator penilaian dibuktikan dengan hasil r hasil lebih tinggi dari r table sehingga dapat dikatakan valid. Maka dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran yang dikembangkan telah valid dan layak untuk digunakan. Penelitian ini dapat digunakan sebagai bahan perbandingan dan inovasi mengenai pengembangan media tahfidz. Saran bagi peneliti selanjutnya dapat dikembangangkan kembali dengan menggunakan teknologi aplikasi sehingga mudah diakses dan dapat mengikuti perkembangan teknologi. Kata Kunci : al-Quran, murajaah, pocket book tikrar al-muhyi
Item Type: | Thesis ( S1 Undergraduate ) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | al-Quran, murajaah, pocket book tikrar al-muhyi |
Subjects: | 23rd Dewey Decimal Classification > 2X1 - Al-Qur'an dan Ilmu yang Berkaitan > 2X1 - Al-Qur'an dan Ilmu yang Berkaitan |
Divisions: | Fakultas Ushuluddin UNIDA Gontor > Ilmu Quran dan Tafsir |
Depositing User: | ardhian ahmad syakuro |
Date Deposited: | 19 Dec 2024 08:12 |
Last Modified: | 19 Dec 2024 08:12 |
URI: | http://repo.unida.gontor.ac.id/id/eprint/4767 |
Statistics Downloads of this Document
![]() |
View Item |