Search for collections on UNIDA Gontor Repository

التوجيه والإرشاد بمعهد الإيمان الإسلامي للبنات بابادان فونوروكو للسنة الدراسية : ٢٠٠٦ - ٢٠٠٧

SETIAWAN, FATORI (2002) التوجيه والإرشاد بمعهد الإيمان الإسلامي للبنات بابادان فونوروكو للسنة الدراسية : ٢٠٠٦ - ٢٠٠٧. S1 Undergraduate thesis, UNIVERSITAS DARUSSALAM GONTOR.

[img] FILE TEXT (Fatori Setiawan - PAI - 2002)
Fatori Setiawan - PAI - 2002 - 22113921.pdf - Published Version
Exclusive to Registered users only
License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (83MB)

Abstract

Sekolah merupakan lembaga pendidikan formal yang diselenggarakan dengan sengaja untuk membantu para siswa dalam mencapai tingkat kedewasaannya. Sedangkan Bimbingan dan penyuluhan merupakan salah satu lembaga yang ada di sekolah. Lembaga ini membantu sekolah dalam pelaksanaan pendidikan dan pengajaran di dalamnya. Akan tetapi, sebagian besar murid masih menganggap bahwa BP merupakan lembaga yang menakutkan, sehingga mereka belum dapat memanfaatkan lembaga itu secara optimal. Untuk itu, peneliti memilih Pondok Pesantren Al Iman Putri sebagai tempat penelitian atas kajian ini. Pondok ini merupakan salah satu lembaga pendidikan Islam swasta tingkat menengah, dan selain itu juga statusnya sudah disamakan dengan sekolah menengah lainnya. Dan dalam sepak terjangnya. di dunia pendidikan, terlihat bahwa pondok ini mempunyai kelebihan-kelebihan dan ciri khas dalam pendidikan dan pengajarannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui cara pelaksanaan bimbingan dan penyuluhan di Pondok Pesantren Al Iman Putri pada tahun 2006-2007 dengan segala aktifitas yang membantu siswa untuk mengarahkan dirinya kepada hal-hal yang positif dan membangun baik secara fisik maupun mentalitas. Dan selain itu juga bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor penunjang dan kendala-kendala dalam pelaksanaan bimbingan dan penyuluhan di Pondok ini.. Untuk mencapai tujuan di atas, penulis menggunakan beberapa metode diantaranya adalah metode dokumenter guna mendapatkan data-data gambaran umum tentang Pondok Pesantren Al Iman Putri, selain itu penulis juga menggunakan metode wawancara dengan pembimbing dan konselor untuk mendapatkan data tentang pelaksanaan bimbingan dan penyuluhan di dalam Pondok. Selanjutnya dengan menggunakan metode induktif, penulis berusaha memaparkan pelaksanaan bimbingan dan penyuluhan di dalam pondok untuk kemudian diambil suatu kesimpulan secara umum. Dan yang terakhir penulis menggunakan metode analisis untuk melihat dan menganalisa pelaksanaan bimbingan dan penyuluhan di Pondok Pesantren Al Iman Putri Ponorogo baik dari segi keistimewaannya maupun dari segi kekurangannya. Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa pelaksanaan bimbingan dan penyuluhan di Pondok Pesantren Al Iman Putri adalah kegiatan untuk membantu para siswinya dalam mengatasi masalah dan kesulitan mereka dalam semua sisi kehidupan mereka di dalam pondok pesantren. Dan kegiatan ini telah dilaksanakan secara efektif dengan menggunakan metode-metode dan teknik Bimbingan dan Penyuluhan yang benar. Selain itu, hasil penelitian ini menunjukkan adanya faktor-faktor penunjang yang membantu jalannya bimbingan dan penyuluhan di dalam pondok. Akan tetapi disamping itu ada pula kendala-kendala yang harus dihadapi para pembimbing dalam melaksanakan tugasnya.

Item Type: Thesis ( S1 Undergraduate )
Subjects: 23rd Dewey Decimal Classification > 300 – Ilmu Sosial > 370 - Pendidikan > 370 Pendidikan
Depositing User: Thoba Qolby
Date Deposited: 21 Dec 2024 02:00
Last Modified: 21 Dec 2024 02:00
URI: http://repo.unida.gontor.ac.id/id/eprint/4781

Statistics Downloads of this Document

Downloads per month in the last year

View more statistics

 View Item View Item