Hidayatullah, Habib (2000) THE ROLE OF FAMILY IN THERAPICAL PREVENTION UPON CHILDREN ANXIETY AND DEPRESSION (An Islamic Educational Approach). S1 Undergraduate thesis, UNIVERSITAS DARUSSALAM GONTOR.
FILE TEXT (Habib Hidayatullah - PAI - 2000)
Habib Hidayatullah - PAI - 2000 - 16111926.pdf - Published Version Exclusive to Registered users only License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (87MB) |
Abstract
Modernisasi dan industrialisasi mernbawa dampak psikologis pada anak. Cemas dan depresi merupakan salah satu contoh pikiran-perilaku dari faktor gangguan prikologis yang berkaitan erat dengan paykis anak dalam pendidikan, tingkah laku dan sikap. Di Indonesia sangat perlu penanaman nilai etika dan estetika yang luhur pada anak serta kesehatan mental sebagai pencegah perilaku menyimpangan anak, Behingga tujuan pendidikan Islam untuk membentuk kepribadian yang utuh, bertaqwa dan mempunyai keseimbangarı pisik-psikologis dapat tercapai. Sedangkan tujuan dari pembelajaran ini adalah menerangkan konsep dari pemikiran Hasan Langgulung tentang peran keluarga dalam terapi penanggulangan cemas dan depresi anak dal arm kaca mata pendidikan Islam Pendidikan Islam dan prikologi (kesehatan jiwa) adalah dua hal yang saling berhubungan erat dalam pencapaian suatu tujuan pendidikan. Pendidikan Islam itu sendiri merupakan proses pendidikan yang diberikan kepada anak didik untuk mentransformasikan budaya dan ilmu pada generasi penerus (anak) dalam perspektif Al-Qur'an dan As-Sunnah Sedangkan psikologi menjelaskan kekustan jiwa, perasaan, pemahaman, pengetahuan, ingatan, nafsu dan lain sebagainya, yang berkaitan dengan kesehatan mental manusia, termasuk membebaskan anak dari problem prikologi yaitu gangguan kecemasan dan depresi. Adapun metode yang dipakai dalam kajian ini, adalah, metode deduktif, diskriptif, induktif dan analisa. Metode deduktif digunakan untuk menaparkan pandangan beberapa tokoh tentang cemas dan depresi, dan pengaruhnya terhadap pendidikan, metode deskriptif digunakan untuk menerangkan pemikiran Para tokoh psikologi tentang terapi penanggulangan cemas dan depresi dari faktor paikologis terhadap pendidikan Islam, metode induktif digunakan untuk menyimpulkan dari pemikiran tokoh pendidikan dan tokoh psikologi, dan metode analisa digunakan untuk menganaliza tentang peran keluarga terhadap anak dalam terapi penanggulangan cemas dan depresi, dengan pendekatan paikologis dan pendidikan Islam. Dari kajian ini disimpulkan bahwa orientasi mendasar dalam pendidikan yang berkaitan dengan psikologi yaitu keluarga mempunyai kewajiban untuk membimbing perkembangan psikologis dan aspek emosional anak. Yang kedua. Terapi penanggulangan cemas dan depresi pada anak dimulai dari keluarga sebagai pembimbing, guru dan tauladan Islami yang efektif sebagai lembaga non-formal pertama yang dikenal oleh anak. Di pandang dari segi prikologi, bahwa jiwa dan jaringan urut syaraf pada anak bersifat elastis dan bersih. Sehingga peran keluarga diharapkan mampu membentuk jiwa dan kepribadian anak yang Islami Akhimya, melalui kajian ini penulis mengharapkan pada pengajar (guru) dan keluarga muslim dapat mengambil hikmah dan manfaat, dan penulis tidak banyak berharap dapat memberikan sumbangan yang lebih dari pengetahuan dan kemampuan penulis, mengingat penelitian ini masih banyak kekurangan, maka perlu ditindaklanjuti oleh peneliti-peneliti lain dalam mengkaji dan menganalisa tentang peran keluarga terhadap psikologis anak yang menderita depressi dan cemas
Item Type: | Thesis ( S1 Undergraduate ) |
---|---|
Subjects: | 23rd Dewey Decimal Classification > 300 – Ilmu Sosial > 370 - Pendidikan > 370 Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah UNIDA Gontor > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Thoba Qolby |
Date Deposited: | 21 Dec 2024 02:12 |
Last Modified: | 21 Dec 2024 02:12 |
URI: | http://repo.unida.gontor.ac.id/id/eprint/4784 |
Statistics Downloads of this Document
View Item |