Search for collections on UNIDA Gontor Repository

علاقة استيعاب مادة التاريخ الإسلامي بأخلاق طالبات الفصل الثاني بكلية المعلمات الإسلامية بمعهد دار السلام كونتور للبنات الثاني للتربية الإسلامية الحديثة مانتنجان نحاوي جاوى الشرقية العام الدراسي: ١٤٣٥-١٤٣٦هـ

Zakiyah, Hanifatuz (2015) علاقة استيعاب مادة التاريخ الإسلامي بأخلاق طالبات الفصل الثاني بكلية المعلمات الإسلامية بمعهد دار السلام كونتور للبنات الثاني للتربية الإسلامية الحديثة مانتنجان نحاوي جاوى الشرقية العام الدراسي: ١٤٣٥-١٤٣٦هـ. S1 Undergraduate thesis, UNIVERSITAS DARUSSALAM GONTOR.

[img] FILE TEXT (Hanifatuz Zakiyah - PAI - 2015.)
Hanifatuz Zakiyah - PAI - 2015.pdf - Published Version
Exclusive to Registered users only
License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (128MB)

Abstract

Tak ada keraguan bahwa agama Islam adalah agama yang paling benar. Nabi Muhammad SAW adalah utusan Allah SWT yang terakhir yang mana beliau diutus kepada seluruh umat manusia dari zamannya sampai kepada zaman ini dan zaman yang akan datang. Maka beliau diutus dengan sebaik-baik akhlak untuk membawa seluruh umatnya ke jalan yang benar. Salahsatu pelajaran di KMI yang berisi tentang kisah nabi Muhammad SAW adalah pelajaran Tarikh Islam. Tarikh Islam kelas 2 adalah pelajaran yang membahas tentang kehidupan nabi Muhammad SAW dari lahirnya sampai hijrahnya ke Madinah yang mana di dalamnya terdapat pelajaran hidup berupa akhlak mulia yang dicontohkan oleh nabi Muhammad SAW. Akhlak adalah sifat baik maupun buruk yang tertanam di dalam jiwa yang mana akan muncul secara spontan tanpa memerlukan pemikiran, pertimbangan ataupun dorongan. Pondok Modern Barussalam Gontor Putri 2 adalah salahsatu lembaga yang menerapkan pendidikan akhlak kepada santriwatinya selama 24 jam. Objek penelitian ini adalah santriwati kelas 2 yang telah mendapatkan pelajaran Tarikh Islam pada awal tahun ajaran 1435-1436 H. Berdasarkan pemikiran di atas, penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui tingkat pemahaman santriwati kelas 2 Gontor Putri 2 terhadap pelajaran Tarikh Islam, (2) mengetahui akhlak santriwati kelas 2 Gontor Putri 2, (3) mengetahui eksistensi hubungan antara tingkat pemahaman pelajaran Tarikh Islam dengan akhlak santriwati kelas 2 Gontor Putri 2 tahun ajaran 1435-1436 Н. Penelitian ini adalah penelitian Kuantitatif, sampel yang digunakan peneliti adalah 40% dari populasi sejumlah 159 santriwati, yaitu 64 santriwati kelas 2 KMI karena jumlah populasi lebih dari 100 santriwati kelas 2 KMI. Data penelitian didapatkan dengan metode angket dari dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah rumus mean untuk mendapatkan nilai rata-rata dan rumus korelasi product moment dengan taraf signifikasi 5% dengan derajat kebebasan (df) 62 untuk mencari pengaruh diantara keduanya. Dari penelitian ini diperoleh kesimpulan bahwa (1) tingkat pemahaman santriwati kelas 2. terhadap pelajaran Tarikh Islam adalah cukup dengan nilai 5,578 yang dibulatkan menjadi 5,5 dan berada pada rentangan 4,5-5,5. (2) akhlak santriwati kelas 2 Gontor Putri 2 adalah baik dengan nilai 88,094 yang berada pada rentangan 82101. (3) terdapat hubungan antara penguasaan pelajaran Tarikh Islam dengan akhlak santriwati kelas 2 Gontor Putri 2 dengan indeks korelasi 0,48 setelah membandingkannya dengan table r Product moment dengan df 62 pada taraf signifikasi 5%-0,249, dan hubungan yang ada merupakan hubungan yang cukup karena berada pada kisaran 0,41-0,70. Berdasarkan hasil penelitian ini, disarankan kepada: (1) segenap dewan guru dan pihak yang bertanggungjawab terhadap pendidikan dan pengajaran setelah mengetahui adanya hubungan antara pelajaran Tarikh Islam dengan akhlak untuk memberikan perhatiannya dan meningkatkan usahanya dalam mendidik anak-anak, khusunya untuk mata pelajaran ini, (2) segenap pihak yang memiliki peran dalam ilmu pendidikan Islam untuk memperhatikan pelajaran-pelajaran yang diajarkan di sekolah ataupun madrasah agar dapat member sumbangan yang positif kepada pembentukan akhlak, (3) kepada para pendidik untuk lebih memperhatikan akhlak anak-anak serta faktor-faktor yang dapat menunjang ataupun merusaknya, (4) peneliti selanjutnya untuk dapat meneliti masalah ini lebih dalam dan lebih teliti dari apa yang telah ditulis oleh peneliti saat ini.i

Item Type: Thesis ( S1 Undergraduate )
Subjects: 23rd Dewey Decimal Classification > 300 – Ilmu Sosial > 370 - Pendidikan > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah UNIDA Gontor > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Thoba Qolby
Date Deposited: 21 Dec 2024 02:23
Last Modified: 21 Dec 2024 02:23
URI: http://repo.unida.gontor.ac.id/id/eprint/4787

Statistics Downloads of this Document

Downloads per month in the last year

View more statistics

 View Item View Item