Amrullah, Hanif (2021) تنفيذ استشارات الأقران في حلّ مشكلات التكيّف لمدبر المسكن الفصل الرابع )دراسة حالة في معهد دار السلام كونتور للتربية الإسلامية الحديثة(. S1 Undergraduate thesis, UNIVERSITAS DARUSSALAM GONTOR.
FILE TEXT (Skripsi Hanif Amrullah)
172. Hanif.pdf - Published Version Exclusive to Registered users only License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (2MB) |
Abstract
Pondok Modern Darussalam Gontor (PMDG) merupakan salah satu pesantren yang menerapkan konsep integralitas dua sistem pendidikan yang diterapkan oleh trimurti (pendirinya) sesuai dengan ajaran agama Islam dan pemikiran para tokoh kontemporer. Sehingga Pondok Modern Darussalam Gontor memiliki kurikulum kehidupan santri selama 24 jam. Salah satunya adaptasi santri terhadap lingkungan, seperti kelas 4 yang diamanahi untuk mengemban tanggungjawab sebagai pengurus asrama dan menjadi teladan para anggota-anggotanya namun terkadang mereka masih labil secara fisik ataupun secara emosi. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) Permasalahan pengurus rayon kelas 4 dalam beradaptasi dengan lingkungannya. 2) Implementasi konseling sebaya (Peer Counseling) dalam mengatasi masalah beradaptasi pada pengurus rayon kelas 4. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan adalah: 1) Observasi, 2) Wawancara, 3) Dokumentasi. Sedangkan analisis data dalam penelitian ini menggunakan model interaktif yang diadopsi dari Miles dan Huberman yang mencakup tiga langkah yaitu: reduksi data, display/penyajian data, kesimpulan/verifikasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa permasalahan pengurus rayon kelas 4 dalam beradaptasi dengan lingkungannya dibagi menjadi dua aspek yaitu: 1) aspek pribadi yang mencakup rasa malu, canggung, minder, grogi dan stres 2) aspek sosial yaitu: pengurus kelas 5 yang kurang mendukung, anggota yang sulit diatur, tekanan dari Bagian Keamanan dan tekanan materi pelajaran di kelas. Adapun implementasi Konseling Sebaya terhadap masalah ini yaitu: pemilihan calon konselor, proses pelatihan konseling sebaya, pelaksanaan dan pengorganisasian (pertemuan rutin mingguan, program konseling sebelum tidur antar zona rayon, kegiatan harian dengan partner pengurus rayon kelas 4). Saran peneliti untuk pengurus rayon kelas 4 agar memperbaiki adaptasi pribadi dan sosialnya terhadap lingkungannya, bagi pembimbing pengasuhan santri dan Bagian keamanan pusat agar membimbing dan mengawal penyelesaian masalah yang terjadi pada pengurus rayon khususnys kelas 4.
Item Type: | Thesis ( S1 Undergraduate ) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Implementasi, Konseling Sebaya, Adaptasi |
Subjects: | 23rd Dewey Decimal Classification > 300 – Ilmu Sosial > 300 - Ilmu sosial > 302 Interaksi sosial 23rd Dewey Decimal Classification > 300 – Ilmu Sosial > 370 - Pendidikan > 370 Pendidikan 23rd Dewey Decimal Classification > 300 – Ilmu Sosial > 370 - Pendidikan > 378 Pendidikan tinggi, unversitas |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah UNIDA Gontor > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Mr Khairul Munzilin Al Kahfi |
Date Deposited: | 22 Dec 2024 05:16 |
Last Modified: | 22 Dec 2024 05:16 |
URI: | http://repo.unida.gontor.ac.id/id/eprint/4811 |
Statistics Downloads of this Document
View Item |