Nikmah, Zumrotul (2021) THE EFFECTIVENESS OF TIME TOKEN LEARNING MODEL TOWARD LEARNING OUTCOMES ON ISLAMIC EDUCATION AND MORALS SUBJECT OF STUDENT CLASS XII AT VOCATIONAL HIGH SCHOOL STATE 1 NGAWI ACADEMIC YEAR 2021/2022. S1 Undergraduate thesis, UNIVERSITAS DARUSSALAM GONTOR.
FILE TEXT (Skripsi Zumrotul Fitriana Nikmah)
189. Zumrotul Fitriana Nikmah.pdf - Published Version Exclusive to Registered users only License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (3MB) |
Abstract
Pendidikan agama Islam dan budi pekerti merupakan pelajaran yang sangat penting karena hanya dengan pelajaran inilah anak dapat memahami cara-cara untuk beribadah kepada Allah SWT dan berperilaku baik dalam kehidupan. Namun berdasarkan hasil dari observasi dan wawancara yang dilakukan oleh peneliti, peneliti menemukan bahwa dalam proses pembelajaran, terkadang siswa kurang semangat dan kurang fokus dalam pembelajaran, khususnya materi yang berupa teori sehingga siswa tidak dapat mendalami materi yang diajarkan dengan baik. Dengan menggunakan model pembelajaran aktif yang bervariasi, model pembelajaran Time Token akan membuat siswa semangat dalam proses pembelajaran dan meningkatkan hasil belajar. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa pada materi Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti antara pembelajaran yang menggunakan model pembelajaran Time Token dan pembelajaran dengan model pembelajaran konvensional. (2) Untuk mengetahui pengaruh Model Pembelajaran Time Token terhadap pencapaian hasil belajar siswa Kelas XII pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti SMKN 1 Ngawi. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode penelitian eksperimen-kuantitatif dengan desain penelitian True Eksperument Pretest-Posttest Desain Group. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XII SMKN 1 Ngawi yang berjumlah 456 siswa, dengan jumlah sampel 15 anak untuk kelas kontrol dan 15 anak untuk kelas eksperimen. jumlah responden dalam penelitian ini adalah 17 untuk kelas kontrol dan 15 untuk kelas eksperiment. Teknik pengambilan sampel dengan Random Sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode tes dengan dilengkapi beberapa dokumentasi. Anaisis data menggunakan Independent Sampel T-test dengan bantuan SPSS 16. Dari penelitian ini diperoleh kesimpulan bahwa : (1) terdapat perbedaan hasil belajar siswa yang dibuktikan dengan nilai rata-rata hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran Time Token sebasar 71,6, lebih tinggi dari kelompok siswa dengan metode pembelajaran konvensional 62,6 yang diuji dengan SPSS 16 sig. (2-tailed) 0,034<0,05. (2) penggunaan model pembelajaran Time Token berpengaruh dalam hasil belajar Pendidikan agama Islam dan budi pekerti dengan hasil perhitungan sig. (2-tailed) 0,034 < 0,05. Berdasarkan kesimpulan, peneliti mengajukan saran bahwa: (1) Penggunaan model pembelajaran Time Token menjadikan para siswa semangat dan aktif dalam pembelajaran pendidikan agama Islam dan budi pekerti, khususnya pada materi yang berupa teori. (2) Penggunaan model pembelajaran Time Token dapat dijadikan salah satu model pembelajaran aktif dikelas dalam mata pelajaran pendidikan agama Islam dan budi pekerti dan juga pelajaran yang lainya. Hal ini agar diketahui keefektifan dari penggunaan model ini.
Item Type: | Thesis ( S1 Undergraduate ) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pembelajaran PAI Dan Budi Pekerti, Model Pembelajaran, Model Pembelajaran Time Token, Hasil Belajar, Penelitian Kuantitatif |
Subjects: | 23rd Dewey Decimal Classification > 300 – Ilmu Sosial > 300 - Ilmu sosial > 300 Ilmu sosial 23rd Dewey Decimal Classification > 300 – Ilmu Sosial > 300 - Ilmu sosial > 302 Interaksi sosial 23rd Dewey Decimal Classification > 300 – Ilmu Sosial > 370 - Pendidikan > 370 Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah UNIDA Gontor > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Mr Khairul Munzilin Al Kahfi |
Date Deposited: | 22 Dec 2024 05:16 |
Last Modified: | 22 Dec 2024 05:16 |
URI: | http://repo.unida.gontor.ac.id/id/eprint/4818 |
Statistics Downloads of this Document
View Item |