Fatkhiyah, Milatul (2021) تأثير استخدام نموذج التعلم النصي التعاوني ) Cooperative Script ( على نتائج تعلم في مادة القرآن و الحديث لطلبة الفصل السابع في مدرسة الثانوية مفتاح الجنة مانتينجان العام الدراسي 1443 / 202. S1 Undergraduate thesis, UNIVERSITAS DARUSSALAM GONTOR.
FILE TEXT (Skripsi Milatul Fatkhiyah)
194. MILATUL FATKHIYAH.pdf - Published Version Exclusive to Registered users only License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (3MB) |
Abstract
Al-Qur’an Hadis adalah bagian dari mata pelajaran pendidikan agama islam yang diberikan untuk memahami dan mengamalkan Al-Qur‟an sehingga mampu membaca dengan fasih, menerjemahkan, menyimpulkan isi kandungan, menyalin dan menghafal ayat-ayat yang terpilih serta memahami dan mengamalkan hadis-hadis pilihan. Namun di Era globalisasi ini, pembelajaran Al-Quran hadist dirasa masing sangat rendah, terbukti banyak siswa yang kurang memahami materi Al-Quran hadist dengan baik dan benar, terlebih dalam mengimplementasikannya di kehidupan sehari-hari, padahal materi Al-Quran dan hadist sangatlah penting bagi peserta didik. hal tersebut disebabkan kurangnya minat belajar siswa akan materi Al-Qur’an hadist dikarenakan metode pembelajaran yang cenderung kurang aktif dan membosankan yang mengakibatkan hasil belajar siswa akan materi Al-Qur’an hadist menjadi rendah. Maka dari itu Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran cooperative script terhadap hasil belajar pada pelajaran Al-Qur’an Hadist siswa kelas VII di MTs miftahul Jannah untuk menambah pengetahuan siswa, meningkatkan keaktifan siswa dalam proses pembelajaran sehingga dapat berpengaruh terhadap hasil belajar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan desain yang di gunakan adalah true eksperimen design dengan rancangan yaitu pretest-posttest control group design. Sample dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII A sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas VII B sebagai kelas kontrol di MTs miftahul jannah. Teknik pengambilan sampel dengan menggunakan simple random sampling. Kemudian instrumen yang digunakan dalam penelitian ini peneliti menggunakan instrumen penelitian tes. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran Cooperative Script terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Al-Qur’an hadist. Hal ini ditunjukkan dengan hasil perolehan nilai rata-rata Posttest kelas eksperimen lebih tinggi dari kelas kontrol, yaitu sebesar 75,44 untuk kelas eksperimen dan 62.48 untuk kelas kontrol. Adapun untuk hasil Pengujian hipotesis ( Uji T ) hasil pengujian hipotesis diperoleh data terhadap data posttest kelompok eksperimen dan kelompok kontrol menggunakan uji independen T-Tes ( Uji t) dengan hasil signifikansi ( Sig 2 Tailed ) 0,000 < 0,05, maka Ho ditolak dan H1 diterima, sehingga dapat disimpulkan bahwa Penggunaan model pembelajaran cooperative script berpengaruh terhadap hasil belajar mata pelajaran Al-Qur’an hadist. Berdasarkan kesimpulan, peneliti mengajukan beberapa saran, bahwa : (1) Sekolah diharapkan dapat meningkatkan fasilitas sarana dan prasarana sehingga dapat meningkatkan keberhasilan dalam proses kegiatan belajar mengajar (2) Guru diharapkan lebih inovatif dan kreatif dalam memilih metode pembelajaran pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadist, agar siswa lebih aktif dan kritis sehingga dapat memahami pelajaran dengan baik.
Item Type: | Thesis ( S1 Undergraduate ) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Hasil Belajar, Al-Qur’an Hadist, Model Pembelajaran Cooperative Script |
Subjects: | 23rd Dewey Decimal Classification > 300 – Ilmu Sosial > 370 - Pendidikan > 370 Pendidikan 23rd Dewey Decimal Classification > 300 – Ilmu Sosial > 370 - Pendidikan > 371 Sekolah dan aktivitasnya; pendidikan khusus |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah UNIDA Gontor > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Mr Khairul Munzilin Al Kahfi |
Date Deposited: | 22 Dec 2024 05:16 |
Last Modified: | 22 Dec 2024 05:16 |
URI: | http://repo.unida.gontor.ac.id/id/eprint/4821 |
Statistics Downloads of this Document
View Item |