‘Athiyyah Zen, Aatina (2021) معاني الألفاظ المشتركة اللفظية فى سورة لقمان )دراسة تحليلية دلالية(. S1 Undergraduate thesis, UNIVERSITAS DARUSSALAM GONTOR.
FILE TEXT (Skripsi Aatina Khairal)
AATINA KHAIRAL.rev.pdf - Submitted Version Exclusive to Registered users only License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (2MB) |
Abstract
Ilmu Dalalah merupakan imu yang penting dalam Pendidikan Bahasa Arab, Karena ilmu semantik adalah suatu pembahasan tentang makna. Tidak akan dipahami suatu makna jika tidak mengetahui lafadz dan konteks dari lafadz tersebut. Dengan memahami ilmu Dalalah maka akan paham tentang lafadz-lafadz berbahasa Arab. Ilmu Dalalah memiliki beberapa istilah lain, seperti: semantik dan ilmu makna. Dalam ilmu Dalalah terdapat beberapa pembahasan di dalamnya, diantaranya yaitu: pembahasan tentang makna kalimat atau biasa disebut dengan ilmu kosakata (Lexicologie), pembahasan tentang dasar kalimat dan perubahan bentuknya atau biasa disebut dengan ilmu Sharaf (Morphologie), pembahasan tentang macam, jenis dan fungsi kalimat yang biasa disebut dengan ilmu Nahwu (Syntax), dan pembahasan tentang gaya bahasa dan perbedaannya dengan perbedaan seninya atau biasa disebut dengan ilmu Balaghah (Stylistique). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tentang lafadz-lafadz musytarak lafdzi yang terdapat dalam surat Luqman dan untuk mengetahui macam-macam makna dari lafadz-lafadz musytarak lafdzi dalam surat Luqman. Dan penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif dengan pendekatan studi literatur. Metode yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah dengan metode dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan peneliti adalah analisis semantik dengan merujuk pada beberapa kamus dan buku tafsir. Dari penelitian ini diperoleh kesimpulan bahwa: (1) Peneliti menemukan 29 lafadz ءَايَٰت، ٱۡلكِتٰب، : musytarak lafdzi dalam surat Luqman, 15 lafadz dalam bentuk isim, yaitu Dan 14 lafadz .، وَرَحۡمَة، ، ٱلصَّلَوٰة، ٱ خِۡٓرَة، لَهْو، عِلۡم، زَوۡج، خَلق، مَرَحًا، أَنكَر، أسبغ، اۡلعُرۡوَة، ٱلسَّاعَة، الغَيْث ل هُدًى، يُقِيمُون، يَشۡتَرِي، ضَلّ، تتُۡلَىٰ، بَثّ، وَصَّيۡ، جَٰهَدَا، ٱتَّبِعۡ، أَقِم، سَخَّر، ننَُبِّئهُُم، : dalam bentuk fi’il, yaitu 2) Makna dari lafadz musytarak lafdzi dalam surat Luqman terbagi menjadi 5 ) .نُمَتِّعُهُم، يَجۡرِي macam, yaitu: lafadz dengan 2 makna, 3 makna, 4 makna, 5 makna dan 6 makna. Berdasarkan penelitian terkait, peneliti mengajukan saran agar pembaca melakukan pengamatan, koreksi dan kritik, dengan membandingkan kebenaran dari pembahasan yang di dalamnya membahas tentang lafadz musytarak lafdzi khusunya dalam lingkup al-Qur’an, (1) Bahwa jumlah lafadz musytarak lafdzi dalam surat Luqman berjumlah 29 lafadz, (2) Bahwa makna lafadz musytarak lafdzi dalam surat Luqman terdiri dari 5 macam makna.
Item Type: | Thesis ( S1 Undergraduate ) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Ilmu Semantik¸ Makna, Musytarak Lafdzi |
Subjects: | 23rd Dewey Decimal Classification > 300 – Ilmu Sosial > 370 - Pendidikan > 370 Pendidikan 23rd Dewey Decimal Classification > 400 – Bahasa > 400 - Bahasa > 400 Bahasa 23rd Dewey Decimal Classification > 400 – Bahasa > 400 - Bahasa > 404 Topik khusus bahasa |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah UNIDA Gontor > Pendidikan Bahasa Arab |
Depositing User: | Mr Khairul Munzilin Al Kahfi |
Date Deposited: | 23 Dec 2024 02:15 |
Last Modified: | 23 Dec 2024 02:15 |
URI: | http://repo.unida.gontor.ac.id/id/eprint/4847 |
Statistics Downloads of this Document
View Item |