Dian, Nursyamsidawati (2021) تأثير إستراتيجية التعليم PAIKEM على نتيجة التعلم لطلبة السنة الأولى في مادة التجويد بمعهد دار السلام كونتور للبنات الحرم الثاني العام الدراسي ۲۰۲۲ - ۲۰۲۱. S1 Undergraduate thesis, UNIVERSITAS DARUSSALAM GONTOR.
FILE TEXT (SKRIPSI)
Dian Nursyamsidawati.pdf - Published Version Exclusive to Registered users only License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (2MB) |
Abstract
Ilmu Tajwid merupakan ilmu yang utama untuk dipelajari, karena ilmu ini berkaitan dengan kalamullah yaitu Al-Qur'an dan juga ilmu yang memberikan segala pengertian tentang haqqul huruf dan mustaqqal huruf. Disamping itu, ilmu tajwid merupakan materi pelajaran yang mungkin dikatakan mudah sehingga sebagian dari siswa meremehkan pelajaran tajwid, tetapi ketika pengamalan dalam membaca Qur'an mereka tidak bisa menyesuaikan dengan kaidah-kaidah ilmu tajwid yang telah ditentukan disebabkan kurangnya pemahaman yang dimiliki siswa sehingga dapat mempengaruhi terhadap hasil belajar yang kurang optimal. Hal ini disebabkan oleh beberapa faktor diantaranya langkah-langkah guru dalam mengajar yang kurang bisa membawa suasana kelas dan kurang bisa membawa siswa untuk berperan aktif ketika pembelajaran. Disisi lain, Strategi PAIKEM (Pembelajaran Aktif, Inovatif, Kreatif, Dan Menyenangkan) merupakan salah satu pembelajaran aktif yang bisa menjadi langkah guru dalam penyampaian pembelajaran kepada siswa, dengan menggunakan beberapa metode pembelajaran di dalamnya sehingga disini bukan hanya guru saja yang aktif tetapi disini siswa dituntut untuk bisa berperan aktif di dalam pembelajaran. Berdasarkan masalah yang telah dipaparkan, maka penelitian ini memiliki tujuan yaitu, untuk mengetahui Adakah pengaruh Strategi PAIKEM (Strategi Pembelajaran Aktif, Efektif, Inovatif, dan Menyenangkan) terhadap hasil belajar Tajwid kelas 1 Gontor Putri Kampus 2 tahun ajaran 2021-2022. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif eksperimen (True Experimental Design) dengan menggunakan desain (Pretest-posttest Control Group Design). Populasi pada penelitian ini yaitu seluruh siswi kelas 1 Gontor Putri Kampus 2 kemudian pengambilan sampel mengunakan teknik random sampling berdasarkan teori Roscoe yang menggunakan 20 siswa disetiap kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Analisis data penelitian ini menggunakan uji-u (Mann-Whitney) untuk mengetahui pengaruh penggunaan strategi PAIKEM terhadap hasil belajar siswa. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwasanya 1) uji hipotesis hasil belajar siswa dengan menggunakan uji-u (Mann-Whitney) menunjukkan nilai Sig. (2*(1 Tailed- Sig)) 0,002 lebih kecil dari 0,05 dan 2) hasil uji hipotesis menggunakan uji-u menunjukkan bahwa penggunan strategi PAIKEM pada mata pelajarn Tajwid berpengaruh terhadap hasil belajar siswa kelas 1 Gontor Putri Kampus 2 tahun ajaran 2021-2022. Berdasarkan penelitian yang telah dilaksanakan, peneliti berpendapat bahwa Strategi PAIKEM dapat diterapkan disetiap sub-bab pembelajaran khususnya pada materi Tajwid. Hal tersebut dapat mempermudah peserta didik dalam memahami dan menguasai pelajaran Tajwid sehingga siswa bisa mengamalkan dalam membaca Al-Qur'an sesuai dengan kaidah-kaidah ilmu tajwid yang telah ditetapkan. Peneliti berharap kepada peneliti selanjutnya agar bisa mengembangkan penelitian ini dalam proses kegiatan belajar- mengajar.
Item Type: | Thesis ( S1 Undergraduate ) |
---|---|
Subjects: | 23rd Dewey Decimal Classification > 2X7 - Filsafat, Dakwah, Pendidikan Agama, Sekolah, Pembaharuan Pemikiran, Pers dan Media Massa Islam > 2X7.300 Pendidikan Agama Islam, Sekolah Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah UNIDA Gontor > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | febriana maghfiroh |
Date Deposited: | 23 Dec 2024 02:14 |
Last Modified: | 23 Dec 2024 02:14 |
URI: | http://repo.unida.gontor.ac.id/id/eprint/4849 |
Statistics Downloads of this Document
View Item |