Pikri, Anggita Hilaul (2022) فعالية استخدام وسائط لعبة القفز دوائر الكلمات ) Word Circle Jumping ( في تعليم المفردات للغة العربية في الفصل السادس بمدرسة الإبتدائية نور العلوم فيغيرينجان العام الدراسي 2022 / 2023. S1 Undergraduate thesis, UNIVERSITAS DARUSSALAM GONTOR.
![]() |
FILE TEXT (Anggita Hilaul Pikri)
58. Anggita Hilaul Pikri.pdf - Published Version Exclusive to Registered users only License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (4MB) |
Abstract
Abstrak Efektifitas Media Permainan Meloncat Bulatan Kata Terhadap Pembelajaran Mufradat Bahasa Arab Bagi Kelas 6 MI Nurul Ulum Pegiringan Tahun Ajaran 2022 / 2023 Anggita Hilaul Pikri 402019128089 MI Nurul Ulum Pegiringan adalah lembaga pendidikan di bawah naungan kementrian agama (KEMENAG), di mana di dalamnya bukan hanya mengajarkan ilmu agama saja akan tetapi juga diajarkan ilmu umum. Di MI tersebut juga diajarkan bahasa arab, akan tetapi dalam proses pembelajarannya guru masih menggunakan metode yang klasik sehingga mereka belum sepenuhnya mengerti dengan arti dari setiap kosakata tersebut sehingga banyak siswa yang tidak menyukai bahasa arab dan berdampak pada perolehan nilai mereka. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektifitas penerapan media permainan meloncat bulatan kata terhadap pembelajaran kosakata bahasa arab di kelas 6 MI Nurul Ulum Pegiringan tahun ajaran 2022/2023. Seberapa Besar efektifitas penerapan media permainan meloncat bulatan kata terhadap pembelajaran kosakata bahasa arab di kelas 6 MI Nurul Ulum Pegiringan tahun ajaran 2022/2023. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian eksperiment. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh kelas 6 MI Nurul Ulum Pegiringan yang berjumlah 38 siswa dan mengambil sampel untuk penerapan media permainan meloncat bulatan kata dikelas 6A yang berjumlah 20 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas 6B yang berjumlah 18 orang sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah 1) Tes, 2) Observasi, 3) Wawancara dan 4) Dokumentasi. Hasil dari penelitian ini adalah bahwa adanya efektivitas media permainan meloncat bulatan kata dalam pembelajaran kosakata bahasa arab. Dari data yang diperoleh bahwa nilai posstest kelas eksperimen sebesar 81,83 dan posstest kelas kontrol 75,94. Maka diketahui bahwa peningkatan nilai kelas eksperiment jauh lebih tinggi dibandingkan dengan nilai kelas kontrol. Hasil perhitungan menggunakan SPSS 25 menunjukkan nilai Sig.2-tailed yaitu 0,000 yang artinya bahwa nilai Sig.2-tailed 0,000 < 0,05 maka Ho ditolak dan Ha diterima, sehingga nilai pretest dan posttest tersebut berbeda nyata. Dan dapat dikatakan bahwa terdapat efektifitas penerapan media permainan meloncat bulatan kata pada pembelajaran kosakata bahasa arab dikelas 6 2022/2023. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, peneliti mengharapkan: 1) kepada guru untuk menggunakan media permainan dalam pembelajaran kosakata khususnya bahasa arab, 2) kepada guru untuk melanjutkan pembelajaran dengan menggunakan media permainan meloncat bulatan kata dengan berbagai metode. Kata Kunci : MI Nurul Ulum Pegiringan, Media Permainan Meloncat Bulatan Kata, Penelitian Kuantitatif .
Item Type: | Thesis ( S1 Undergraduate ) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | MI Nurul Ulum Pegiringan, Media Permainan Meloncat Bulatan Kata, Penelitian Kuantitatif . |
Subjects: | 23rd Dewey Decimal Classification > 2X0 – Islam Umum > 2X0 - Islam Umum L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah UNIDA Gontor > Pendidikan Bahasa Arab |
Depositing User: | ardhian ahmad syakuro |
Date Deposited: | 23 Dec 2024 08:07 |
Last Modified: | 23 Dec 2024 08:07 |
URI: | http://repo.unida.gontor.ac.id/id/eprint/4865 |
Statistics Downloads of this Document
![]() |
View Item |