Siyami, Fitri (2022) دور المؤسسات التعليمية الإسلامية في التعليم الديني الإسلامي وغرس التسامح الديني لدي الأطفال المسلمين البابويّين الأصليين في قرية كوكودا، مقاطعة روفيي، مدينة سورونغ، بابوا الغربية السنة الدراسية 2022 - 2023 م. S1 Undergraduate thesis, UNIVERSITAS DARUSSALAM GONTOR.
FILE TEXT (Fitri Siyami)
59. Fitri Siyami.pdf - Published Version Exclusive to Registered users only License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (7MB) |
Abstract
ABSTRAK PERAN LEMBAGA PENDIDIKAN ISLAM DALAM MEMBERIKAN PENGAJARAN AGAMA ISLAM DAN PENANAMAN NILAI TOLERANSI BERAGAMA BAGI ANAK-ANAK,MUSLIM ASLI PAPUA DI KAMPUNG KOKODA KOTA SORONG PAPUA BARAT Fitri Siyami 402019118159. Suku Kokoda adalah salah satu suku muslim asli Papua yang hidup di tengah masyarakat Papua yang mayoritas beragama Kristen. Pemahaman akan syariat agama Islam dan perhatian pendidikan yang kurang bagi masyarakat suku Kokoda, menyebabkan terhambatnya perkembangan pendidikan, penerapan syariat agama Islam, dan masih terpautnya adat istiadat yang sudah menjadi tradisi turun-temurun. Dua lembaga pendidikan Islam yang didirikan, yaitu lembaga pendidikan Emeyodere dan TPA Babul Jannah menjadi solusi dan memiliki peranan yang besar dalam peningkatan dalam pembentukan pribadi anak-anak muslim Kokoda. Tujuan penelitian untuk mengetahui bagaimana peran dari hadirnya lembaga pendidikan Islam bagi pembentukan pribadi anak-anak atau generasi muda suku Kokoda muslim khususnya yang bertempat tinggal di Kota Sorong. Untuk jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif deskriptif dengan pendekatan studi kasus. Data penelitian yang diambil oleh peneliti bersumber dari hasil wawancara, observasi, dan dokumentasi tertulis maupun bergambar. Untuk menganalisi data, peneliti menggunakan analisis dari Miles dan Huberman yang terdiri dari 3 cara, yaitu mengumpulkan, mereduksi, dan menyimpulkan atau verifikasi data. Dari hasil penelitian ini, peneliti menemukan bahwa hadirnya lembaga pendidikan Islam khususnya bagi masyarakat muslim suku Kokoda terdiri dari 2 peranan besar, yaitu memberikan pemahaman syariat Agama Islam dan penanaman toleransi beragama bagi anak-anak suku Kokoda. Dari kedua peran tersebut, disimpulkan bahwa lembaga pendidikan berperan menjadi fasilitator dalam memberikan pemahaman akan syariat agama Islam dan toleransi beragama, pemenuhan kebutuhan masyarakat dalam melaksanakan kegiatan keagamaan dan pemenuhan hak anak dalam menuntut ilmu, dan yang tidak kalah penting yaitu sebagai pembentuk sumber daya manusia yang berkualitas dan agen of change bagi kehidupan masyarakat muslim suku Kokoda. Dari penelitiam tersebut, peneliti memberikan saran untuk pemerintah, tokoh agama, dan para pengajar agar terus memberikan perhatiannya dalam pemberian pendidikan khususnya bagi generasi muda suku Kokoda. Karena untuk membuat suatu peradaban yang besar, diperlukan sumber daya manusia yang berkualitas, baik dari segi pendidikan, prilaku, spiritualitas, dan intelektualitas. Untuk lembaga pendidikan, agar selalu memperhatikan, meningkatkan dan mengadakan kegiatan keagamaan yang bisa mempengaruhi terciptanya generasi Islam yang berkualitas. Kata Kunci: Pengajaran Agama Islam, Toleransi Beragama, Papua, Suku Kokoda
Item Type: | Thesis ( S1 Undergraduate ) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pengajaran Agama Islam, Toleransi Beragama, Papua, Suku Kokoda |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah UNIDA Gontor > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | ardhian ahmad syakuro |
Date Deposited: | 23 Dec 2024 08:07 |
Last Modified: | 23 Dec 2024 08:07 |
URI: | http://repo.unida.gontor.ac.id/id/eprint/4866 |
Statistics Downloads of this Document
View Item |