Soviatunnisa, Bella (2021) فعالية استراتيجية Gallery Walk على نتائج التعلم في درس التاريخ الإسلامي لطالبات الصف الثاني بمعهد دار السلام كونتور للبنات الحرم الثانى العام الدراسي 1442 - 1443 / 2021 - 202. S1 Undergraduate thesis, UNIVERSITAS DARUSSALAM GONTOR.
FILE TEXT (Bella Soviatunnisa)
26.Bella Soviatunnisa.pdf - Published Version Exclusive to Registered users only License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (2MB) |
Abstract
Abstrak Efektifitas Strategi Gallery Walk terhadap hasil belajar Tarikh Islam kelas 2 KMI Pondok Modern Darussalam Gontor Putri Kampus 2 Tahun ajaran 14421443-/ 20212022/ Bella Soviatunnisa 3920181181052 Gallery Walk adalah strategi belajar bagi peserta didik agar lebih aktif dalam berkelompok, pengorganisasian, dan juga dalam membagi informasi. Pada strategi Gallery Walk ini, guru berperan sebagai fasilitator kelas aktif dalam memberikan informasi Nilai yang rendah adalah suatu hasil yang menunjukan bahwa peserta didik belum memahami dan menguasai materi yang telah dipelajari. Perolehan nilai rata-rata pada materi Tarikh Islam siswi kelas 2 KMI PMDG Putri 2 adalah 3,59. Hal ini dikarenakan adanya faktor-faktor diantaranya kurangnya penggunaan strategi dalam pembelajaran. Tujuan mempelajari Tarikh Islam yaitu untuk mengambil contoh teladan yang sempurna serta mengambil peristiwa-peristiwa pada zaman Rasulullah SAW. Berdasarkan uraian diatas, penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui nilai sebelum dan sesudah penggunaan strategi Gallery walk terhadap kelas eksperimen (2) mengetahui nilai sebelum dan sesudah dengan menggunakan pembelajaran konvensional terhadap kelas kontrol (3) mengetahui efektifitas strategi Gallery walk terhadap hasil belajar Tarikh Islam kelas 2 KMI PMDG Putri 2 tahun ajaran 20212022/. . Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif eksperimen dengan menggunakan desain true eksperimental design dengan bentuk Pretest-Posttest Control Group Design. Melakukan uji awal dan uji akhir pada kedua kelas. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh santri PMDG Putri 2 kelas 2. Kemudian pengambilan sampel menggunakan Teknik Sample Random Sampling terdiri dari 20 0rang kelas eksperimen dan 20 orang kelas kontrol. Disini peneliti mengumpulkan data dengan tes soal. Analisis data peneliti ini menggunakan uji-u (Mann Whitney) untuk mengetahui keefektifan strategi Gallery walk terhadap hasil belajar siswi. Peneliti memperoleh kesimpulah bahwa: 1) Nilai sebelum penggunanaan strategi Gallery Walk terhadap kelas eksperimen dengan nilai rata-rata 5,05 dan nilai sesudah penggunaan strategi Gallery Walk terhadap kelas eksperimen dengan nilai rata-rata 7,5. 2) Nilai sebelum dengan menggunakan pembelajaran konvensional terhadap kelas kontrol adalah 5,2 dan nilai sesudah dengan menggunakan pembelajaran konvensional terhadap kelas kontrol adalah 5,7. 3) Penggunanaan strategi Gallery Walk terhadap hasil belajar Tarikh Islam kelas 2 KMI dinyatakan efektif dengan hasil nilai Sig. (2-tailed) dari Mann Withney Test 0,001 < 0,05. Oleh karena itu, maka peneliti mengharapkan: 1) kepada guru Tarikh Islam kelas 2 diharapkan mampu menerapkan Strategi Gallery Walk dalam pembelajaran Tarikh Islam. Dilihat dari Strategi Gallery Walk mampu meningkatkan hasil belajar Tarikh Islam. 2) kepada siswi kelas 2F PMDG Putri Kampus 2 agar memperhatikan guru saat pembelajaran dilakukan, baik menggunakan Strategi Gallery Walk maupun dengan yang lainnya. 3) kepada peneliti selanjutnya, diharapkan dapat memahami lebih dalam mengembangkan dan menerapkan strategi Gallery Walk dalam pembelajaran. Kata kunci: Strategi Gallery Walk, Efektifitas, Hasil belajar siswi
Item Type: | Thesis ( S1 Undergraduate ) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Strategi Gallery Walk, Efektifitas, Hasil belajar siswi |
Subjects: | 23rd Dewey Decimal Classification > 2X0 – Islam Umum > 2X0 - Islam Umum 23rd Dewey Decimal Classification > 2X7 - Filsafat, Dakwah, Pendidikan Agama, Sekolah, Pembaharuan Pemikiran, Pers dan Media Massa Islam > 2X7.300 Pendidikan Agama Islam, Sekolah Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah UNIDA Gontor > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | ardhian ahmad syakuro |
Date Deposited: | 24 Dec 2024 02:00 |
Last Modified: | 24 Dec 2024 02:00 |
URI: | http://repo.unida.gontor.ac.id/id/eprint/4885 |
Statistics Downloads of this Document
View Item |