Amrullah, Muhammad Ilham (2021) رسالة تحليل حكم الشريعة الإسلامية والقانون رقم 8 لعام 1999 عن حَِايَةِ المستهلكِ على آلية الترخيص في Surya Mart فونوروكو. S1 Undergraduate thesis, UNIVERSITAS DARUSSALAM GONTOR.
FILE TEXT (Muhammad Ilham Amrullah)
29. Muhammad Ilham Amrullah.pdf Exclusive to Registered users only License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (4MB) |
Abstract
Tinjauan Hukum Islam Dan UU No. 8 Tahun 1999 Tentang Perlindungan Konsumen Terhadap Mekanisme Potongan Harga Di Surya Mart ponorogo Muhammad Ilham Amrullah 3820173220561 ABSTRAK Banyaknya persaingan event atau promosi yang digencarkan oleh masing-masing pusat perbelanjaan tidak lain bertujuan untuk bisa memuaskan para konsumennya, seperti halnya pemakaian strategi pembingkaian harga atau yang sering disebut dengan diskon. Dalam hal ini penyajian diskon pada produk yang ditawarkan membuat pelanggan tergugah untuk membeli produk tersebut sehingga berpikir bahwa produk tersebut murah, tetapi tidak sedikit barang yang telah diberikan potongan harga namun masih terasa sama dengan harga biasanya yang ada di pusat perbelanjaan lain, dan juga ada beberapa produk yang bahkan lebih mahal dibandingkan dari harga toko biasanya, yang mana timbulnya dugaan bahwa promo potongan harga yang diberikan tersebut semata-mata hanya untuk menarik daya minat beli para konsumennya. Dalam penelitian ini peneliti akan membahas mengenai mekanisme pemakaian potongan harga yang ada di Surya Mart Ponorogo ditinjau dari segi hukum Islam dan UU No. 8 Tahun 1999 tentang perlindungan konsumen, maka peneliti akan berusaha mengetahui mekanisme pemakaian potongan harga yang ada di Surya Mart Ponorogo serta kesesuaiannya terhadap hukum Islam dan UU No. 8 Tahun 1999 tentang perlindungan konsumen. Penelitian ini adalah penelitian lapangan yang menggunakan teori deskriptif kualitatif, yang mana penulisan penelitian ini dengan menyusun data baik yang didapat dari dokumen, interview dan juga observasi lapangan yang sesuai dengan judul yang diteliti, serta menggunakan analisis data model interaktif yang dikemukakan oleh Miles dan Huberman yang memiliki tiga komponen yaitu, reduksi data, penyajian data dan penarikan atau verifikasi kesimpulan. Hasil penelitian yang didapat pada penelitian ini menyimpulkan bahwa dalam menetapkan diskon dan pemberiannya kepada para konsumen baik diskon yang telah ada di barang ataupun melalui kartu member tidak terdapat unsur magharib seperti apa yang dilarang didalam hukum Islam dan tidak adanya penawaran palsu seperti yang dilarang pada peraturan Undang-undang, karena diskon yang ada pada produk di Surya Mart Ponorogo memang murni dari para pemasok barang tersebut, tanpa adanya unsur penipuan didalamnya. Kata kunci: Diskon, Perlindungan Konsumen, Hukum Islam
Item Type: | Thesis ( S1 Undergraduate ) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Diskon, Perlindungan Konsumen, Hukum Islam |
Subjects: | 23rd Dewey Decimal Classification > 2X4 - Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam > 2X4 - Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam 23rd Dewey Decimal Classification > 300 – Ilmu Sosial > 340 - Ilmu hukum > 340 Ilmu hukum |
Divisions: | Fakultas Syariah UNIDA Gontor > Hukum Ekonomi Syariah |
Depositing User: | ardhian ahmad syakuro |
Date Deposited: | 24 Dec 2024 02:00 |
Last Modified: | 24 Dec 2024 02:00 |
URI: | http://repo.unida.gontor.ac.id/id/eprint/4887 |
Statistics Downloads of this Document
View Item |