Search for collections on UNIDA Gontor Repository

تنفيذ التوجيه والإرشاد بالمدرسة الثانوية الحكومية الأولي فونوروكو السنة الدراسية : ۱۹۹۹ - ۲۰۰۰

Suwarni, Suwarni (2000) تنفيذ التوجيه والإرشاد بالمدرسة الثانوية الحكومية الأولي فونوروكو السنة الدراسية : ۱۹۹۹ - ۲۰۰۰. S1 Undergraduate thesis, Universitas Darussalam Gontor.

[img] FILE TEXT (Suwarni - PAI - 2000)
Suwarni - PAI - 2000 - 14111354.pdf - Published Version
Exclusive to Registered users only
License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (60MB)

Abstract

SMP Negeri 1 Ponorogo adalah salah satu sekolah menengah yang terkenal di kota Ponorogo dan sekitarnya, yang mana sekolah ini selalu meluluskan siswa-siswa dengan nilai yang baik dan melebihi sekolah-sekolah menengah lainnya. Selain kegiatan belajar mengajar SMP Negeri 1 Ponorogo juga melaksanakan kegiatan-kegiatan pendukung lainnya (ekstra kurikuler) untuk membekali murid-muridnya dengan ilmu pengetahuan yang bermanfaat hingga bisa mencapai kebahagiaan hidup. Salah satu kegiatan pendukung proses belajar mengajar ialah dilaksanakannya program BP Tetapi sebagian murid masih menganggap bahwa bimbingan konseling adalah suatu lembaga yang menakutkan dan belum memanfaatkan lembaga tersebut secara optimal, dan untuk mengetahui pelaksanaan program BP tersebut maka penulis mengangkat judul ini sebagai sebuah skripsi.s Adapun tujuan dari penulisan skripsi ini untuk mengetahi bagaimana pelaksanaan program BP yang ada di sekolah SMP Negeri I Ponorogo dalam menolong siswa memecahkan problemnya hingga tenang dan sukses di dalam belajarnya. Untuk mencapai tujun tersebut penulis susun skripsi ini dengan menggunakan berbagai metode pendekatan yaitu dengan menggunakan metode observasi dengan metode ini penulis gunakan untuk memperoleh gambaran umum tentang SMP Negeri I Ponorogo serta lingkungannya, metode wawancara dengan para konselor dengan metode ini penulis gunakan untuk mengetahui pelaksanaan dan jenis-jenis bimbingan dan tujuannya, kemudian dengan menggunakan metode dokumenter metode ini untuk memperoleh sejarah SMP N 1 Pnorogo, keadaan murid dan guru serta kegiatan pendidikan dan pengajarannya. Dari data-data yang telah terkumpul di analisis secara dedaktik dengan penyajian secara diskriptif analitik. Dari hasil penelitian yang penulis lakukan menunjukan bahwa: 1. Pelaksanaan dan tujuan program BP di SMP Negeri I Ponorogo telah di susun sesuai dengan petunjuk pelaksanaan BP di sekolah menengah.2.Adanya hubungan kerja sama yang sangat erat antara anngota-anggota sekolah dalam membimbing murid-muridnya. Demi efektifnya pelaksanaan program bimbingan dan penyuluhan maka diharapkan sekolah menambah jumlah konselornya dan seluruh anggota sekolah supaya mempertahankan kerja sama diantara mereka dan supaya lebih mempererat lagi.

Item Type: Thesis ( S1 Undergraduate )
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah UNIDA Gontor > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Enjllina Vita
Date Deposited: 05 Jan 2025 06:52
Last Modified: 05 Jan 2025 06:52
URI: http://repo.unida.gontor.ac.id/id/eprint/4975

Statistics Downloads of this Document

Downloads per month in the last year

View more statistics

 View Item View Item