Syahroni, Syahroni (2000) دوافع التعلم لطلبة السنة السادسة من الفصل العادي و التجريبي بكلية المعلمين الإسلامية في المعهد العصري الرسالة سلاهونج فونوروكو العام الدراسي : ١٤٢٠ - ١٤٢١ هـ دراسة مقارنة ]. S1 Undergraduate thesis, Universitas Darussalam Gontor.
![]() |
FILE TEXT (Syahroni - PAI - 2000)
Syahroni - PAI - 2000.pdf - Published Version Exclusive to Registered users only License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (85MB) |
Abstract
Motivasi adalah dorongan yang timbul pada diri seseorang sadar atau tidak sadar untuk melakukan tindakan dengan tujuan tertentu. Motivasi merupakan salah satu faktor dari beberapa faktor kesuksesan belajar. Suksesnya seseorang dalam belajar bergantung pada ada tidaknya motivasi dalam dirinya. Kulliyatu-l-Mualimina-l-Islamiyah adalah lembaga Pendidikan resmi di Pondok Modern Arrisalah setingkat dengan Madrasah Tsanawiyah dan Madrasah Aliyah. Siswanya berasal dari berbagai penjuru tanah air Indonesia dengan latar belakang pendidikan yang berbeda-beda. Perbedaan latar belakang pendidikan inilah yang menimbulkan satu asumsi bahwa ada perbedaan motivasi belajar antara siswa kelas enam program biasa (6 Tahun) dan siswa program Experimen (4 Tahun) yang kemudian menjadi faktor pendorong bagi penulis untuk melakukan penelitian ini. Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui kuat tidaknya motivasi belajar siswa kelas enam dan ada tidaknya perbedaan motivasi belajar siswa kelas enam yang berasal dari kelas biasa dan siswa kelas enam yang berasal dari kelas experiment Kulliyatu-l-Muallimina-1- Islamiyah Pondok Modern Arrisalah tahun pelajaran 1420/1421 H. Untuk mencapai tujuan tersebut peneliti menggunakan metode wawancara dan Observasi untuk memperoleh data yang berhubungan dengan ke KMI-an, Metode Dokumenter untuk memperoleh data tentang siswa, Metode Angket untuk mengetahui Motivasi belajar siswa kelas cnam. Adapun tehnik analisa yang dipakai adalah analisa t- Test. Populasi dalam penelitian ini semua siswa kelas enam KMI Pondok Modern Arrisalah yang berjumlah 173 siswa. Dan tehnik pengambilan sampel dengan" Stratified Random Sampling" 30% yang berjumlah 51 siswa. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa motivasi belajar siswa kelas enam adalah sedang dan tidak ada perbedaan yang berarti (not significant) antara motivasi belajar siswa kelas enam yang berasal dari kelas biasa dan yang berasal dari kelas experiment KMI Pondok Modern Arrisalah Slahung Ponorogo Tahun pelajaran 1420/1421 H. Berdasarkan penelitian tersebut peneliti menyarankan: 1. Bapak guru untuk memberi bimbingan, pengarahan belajar terhadap siswa kelas enam sehingga timbul motivasi belajar yang kuat. 2. Bapak guru untuk bersikap adil, obyektif dan tidak membeda bedakan mereka yang dari kelas Biasa atau yang dari kelas Experiment dalam hal pendidikan pengajaran dan penilaian, mengingat motivasi belajar mereka tidak ada perbedaan yang berarti. Demikianlah kesimpulan yang dicapai Penulis setelah melakukan penelitian. Bagaimanapun juga tentu masih jauh dari kesempurnaan, maka kepada Peneliti selanjutnya untuk lebih Intensif dalam masalah ini.
Item Type: | Thesis ( S1 Undergraduate ) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah UNIDA Gontor > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Enjllina Vita |
Date Deposited: | 05 Jan 2025 06:57 |
Last Modified: | 05 Jan 2025 06:57 |
URI: | http://repo.unida.gontor.ac.id/id/eprint/4976 |
Statistics Downloads of this Document
![]() |
View Item |