Search for collections on UNIDA Gontor Repository

منهج تعليم كتاب فتح المعين بمعهد سونان كونونج جاتی کیسمانتورو فوروانتورو ونوكيري جاوي الوسطي العام الدراسي ۲۰۰۸-۲۰۰۹

Bahri, Syamsul (2009) منهج تعليم كتاب فتح المعين بمعهد سونان كونونج جاتی کیسمانتورو فوروانتورو ونوكيري جاوي الوسطي العام الدراسي ۲۰۰۸-۲۰۰۹. S1 Undergraduate thesis, Universitas Darussalam Gontor.

[img] FILE TEXT (Syamsul Bahri - PAI - 2009)
Syamsul Bahri - PAI - 2009.pdf - Published Version
Exclusive to Registered users only
License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (106MB)

Abstract

Proses pengajaran merupakan salah satu komponen kurikulum, dimana di dalam pengajaran sendiri terdapat beberapa aspek yang perlu diperhatikan oleh secarang guru atau pendidik sebelum memulai proses pengajaran guna tercapainya tujuan pengajaran. Pondok Pesantren Sunan Gunung Jati yang bernaung dibawah yayasan Sunan Gunung Jati merupakan salah satu lembaga pendidikan islam di pulau jawa, dalam proses pembelajarannya menggunakan dua kurikulum yang berbeda yaitu kurikulum Departemen Agama dan kurikulum pondok Sedangkan dalam kurikulum pondok diajarkan. Kitab Fathul Mu'in, kitab yang merupakan salah satu kitab fiqih, didalamnya menerangkan hukum-hukum syara' dengan dalil- dalil mangal dan ma'qulnya yang jelas. Aspek-aspek dalam proses pengajaran menentukan keberhasilan peserta didik sesuai dengan kemampuan guru dalam menentukan langkah-langkah dalam pengajaran, pengajaran mengenai kitab Fathul Mu'in yang ada di pondok ini menggunakan beberapa metode untuk mencapai tujuan pengajaran. Dalam hal ini menarik bagi penulis untuk membahas tentang pengajaran Kitab Fathul Mu'in di Pondok Pesantren Sunan Gunung Jati. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah: 1). untuk mengetahui bagaimana metode pengajaran Kitab Fathul Mu'in di Pondok Pesantren Sunan Gumung Jati Gesing Kismantoro Purwantoro Wonogiri Jawa Barat pada tahun ajaran 2008-2009, dan 2). untuk mengetahui judul-judul yang di ajarkan dan metode yang di gunakan. Penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan menggunakan metode Analisis Diskriptif dengan menggunakan teori Miles & Huberman yaitu dalam analisis data dilakukan secara interaktif dan berlangsung secara terus menerus sampai tuntas, sehingga datanya sudah jenuh. Teori ini untuk menggambarkan kegiatan pengajaran Kitab Fathul Mu'in di Pondok Pesantren Sunan Gunung Jati pada tahun ajaran 2008-2009, sedangkan teknik-teknik dalam pengumpulan data peneliti menggunakan beberapa metode yaitu: 1. metode observasi, untuk mengetahui keadaan yang ada dalam pelaksanaan pengajaran Kitab Fathul Mu'in, 2. metode wawancara, untuk mengumpulkan keterangan-keterangan dalam pengajaran Kitab Fathul Mu'in; dan 3. metode dokumenter, gana mengetahui gambaran umum Pondok Pesantren Sunan Gunung Jati Gesing Kismantoro Purwantoro Wonogiri Jawa Barat. Dari analisis data di temukan bahwa: 1). dalam pengajaran Kitab Fathul Mu'in yang ada di Pondok Pesantren Sunan Gunung Jati menggunakan berbagai macam metode dan langkah- langkah untuk mencapai tujuan. Adapun di di ar antara langkah-langkah yang digunakan adalah: (a). langkah persiapan mengajar mencakup penentuan tujuan-tujuan yang akan di capai; (b). langkah entering bahavior menentukan keadaan; (c). Langkah penentuan prosedur atau metode mengajar, dan d. langkah menentukan evaluasi, dan 2). dalam setiap judul mengunakan metode yang berbeda-beda seperti metode diskusi, tanya jawab. Dari penelitian yang sederhana ini di harapkan kepada para guru khususnya agar selalu meningkatkan proses pengajaran, guna tercapainya tujuan pengajaran yang lebih baik dan dapat memudahkan bagi para santri untuk memahami materi-materi yang di sampaikan

Item Type: Thesis ( S1 Undergraduate )
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah UNIDA Gontor > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Enjllina Vita
Date Deposited: 05 Jan 2025 07:01
Last Modified: 05 Jan 2025 07:01
URI: http://repo.unida.gontor.ac.id/id/eprint/4977

Statistics Downloads of this Document

Loading...
Downloads per month in the last year

View more statistics

 View Item View Item