Al-Mara'idah, Khizanah (2004) تأثير نقد التدريس في عملية التعلم والتعليم بكلية المعلمات الإسلامية بمعهد دار السلام الحديث للتربية الإسلامية كونتور للبنات الأول بسامبيريجو منتجان نجاوي جاوى الشرقية العام الدراسي : ١٤٢٤ - ١٤٢٥ هـ (دراسة تلازمية). S1 Undergraduate thesis, Universitas Darussalam Gontor.
![]() |
FILE TEXT (Khizanah Al-masa'idah - PAI - 2004)
Khizanah Al-masa'idah - PAI - 2004.pdf - Published Version Exclusive to Registered users only License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (114MB) |
Abstract
Kulliyatu-l-Mu'allimat Al-Islamiyah (KMI) adalah lembaga yang menangani aktivitas akademik santri Pondok Modern. Lembaga ini selalu berusaha meningkatkan dan mengembangkan program-program tahun sebelumnya serta mencari terobosan-terobosan baru agar kualitas akademik santri meningkat tahun demi tahun. Beberapa hal yang dilakukan Direktur KMI pada tahun ini merupakan pengembangan dari program tahun sebelumnya yang dapat dibedakan menjadi dua; intensivikasi bagian-bagian KMI dan peningkatan kualitas santri dan guru. Dua hal inilah yang menjadi titik berat program KMI sampai saat ini. Salah satunya adalah dengan adanya supervisi pengajaran yang mempunyai tugas menilai kemampuan mengajar guru dan meningkatkan kualitas pendidikan dan pengajaran guna mencetak guru-guru putri yang handal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh supervisi pengajaran terhadap proses belajar mengajar guru KMI. Jika ada, sejauh mana pengaruh supervisi pengajaran terhadap proses belajar mengajar guru KMI itu. Untuk mencapai tujuan di atas, peneliti menggunakan metode angket, metode observasi dan dolumenter. Adapun teknik analisa yang dipakai adalah teknik analisis deskriptif kwantitatif dan analisa Chi Square yaitu teknik statistik yang digunakan untuk menguji hipotesis bila dalam populasi terdiri atas dua atau lebih, data berbentuk nominal dan sampelnya besar dan Coofisiency Contigency. digunakan untuk menghitung hubungan antar variabel dan data berbentuk nominal dan teknik ini berkaitan dengan Chi Square Populasi dalam penelitian ini adalalı Guru-guru KMI pada tahun ajaran 1424 -1425 H yang berjumlah 346, sedang sampelnya 10% dari Guru KMI yaitu 35 Guru. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tidak adanya pengaruh Significant antara Supervisi pengajaran dalam proses belajar mengajar, hal ini didasarkan dari nilai angket guru dan supervisor bahwa 86.36% baik dan 13,64 kurang. Kesimpulan ini berdasarkan pada hasil hitungan Chi Square (x) yaitu 1,059 setelah dihubungkan dengan harga kritik Chi Square pada tabel dengan taraf signifikansi 5% 3,481. Nilai Chi Square (1,059) lebih kecil dari pada nilai Chi square yang ada pada tabel (3,481). Demikian juga nilai yang dihasilkan pada Coefisien Contigency yang diperoleh (0,1715) ini menunjukkan kesimpulan yang sama yaitu tidak adanya pengaruh yang signifikansi antara Supervisi pengajaran dalam kegiatan belajar mengajar di KMI Pondok Modern Darussalam Gontor Putri tahun ajaran 1423-1424H. Berdasarkan dari hasil penelitian di atas, disarankan kepada Direktur KMI untuk tetap mengadakan kegiatan supervisi pengajaran, karena dengan adanya supervisi pengajaran diharapkan ada peningkatan yang lebih baik pada hasil pembelajaran.
Item Type: | Thesis ( S1 Undergraduate ) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah UNIDA Gontor > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Enjllina Vita |
Date Deposited: | 06 Jan 2025 01:37 |
Last Modified: | 06 Jan 2025 01:37 |
URI: | http://repo.unida.gontor.ac.id/id/eprint/4984 |
Statistics Downloads of this Document
![]() |
View Item |