Hakim, Lukman (2011) تنفيذ إستراتيجية التعليم المؤسس على المسألة في درس التجويد للطلاب المرشحين بمعهد دار السلام كونتور الثاني للتربية الإسلامية الحديثة بما دوساری سیمان فونوركو العام الدراسي : ١٤٣١هـ - ١٤٣٢ هـ. S1 Undergraduate thesis, Universitas Darussalam Gontor.
![]() |
FILE TEXT (Lukman Hakim - PAI - 2011)
Lukman Hakim - PAI - 2011.pdf - Published Version Exclusive to Registered users only License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (113MB) |
Abstract
guru harus memiliki berbagai macam strategi dalam mengajar, karena dengan strategi tersebut dapat menjadikan siswa menguasai pelajaran dengan baik. Karena metode adalah suatu hal yang penting untuk memberikan pengaruh yang besar dalam pemecahan suatu masalah. Pada umumnya seluruh guru pengajar tajwid pada masa calon pelajar di Pondok Modern Darussalam Gontor memiliki persoalan dalam mengajar pelajaran tajwid, dan dari persoalan tersebut harus dicari jalan keluar pemecahannya dengan meningkatkan strategi pengajaran dalam pembelajaran tajwid untuk memudahkan para pengajar tajwid dalam mencapai tujuan pembelajaran yang berupa penguasan siswa terhadap kaedah kaedah ilmu tajwid dan dapat mempraktekkannya. Dan salah satu dari strategi pembelajaran yang dapat menyelesaikan permasalahan tersebut adalah Strategi Pembelajaran Berbasis Masalah Adapun Tujuan yang ingin dicapai penulis dari pembahasan ini adalah: (1). Mengungkapkan Pengertian Strategi Pembelajaran Berbasis Masalah Pada Materi Tajwid untuk Calon Pelajar di Pondok Modern Darussalam Gontor Dua. (1) Mengungkapkan Implementai Penerapan Strategi Pembelajaran Berbasis Masalah Pada Materi Tajwid bagi Calon pelajar di Pondok Modern Darussalam Gootor Dua. Penelitian ini adalah Penelitian Deskriptif Kualitati dan Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah: (1) teknik observasi partisipasi pasif (Passive Participation), untuk memantau Metode dan Evaluasi Pembelajaran PAl di di di Pondok Modern Darussalam Gontor Dun. (1). wawancara, untuk menanyakan kepada guru dan Peserta didik tentang Proses Pembelajaran Tajwid. (T) Teknik dokumenter, untuk mendapatan data-data tentang gambaran Pondok secara umum. Sedangkan analisis datatya adalah analisis data aliran Model Miles dan Huberman yang mencakup tiga langkah dalam peneltian yaitu reduksi data, display/penyajian data dan kesimpulan/verifikasi Hasil penelitian) Strategi Pembelajaran Berbasis Masalah Pada Materi Tajwid untuk Calon Pelajar di Pondok Modern Darussalam Gontor Dua ditinjau dari lemahnya pemahaman calon pelajar tentang hukum bacaan kemudian guru mencari pemecahan dari permasalahan tersebut. ). Implementai penerapan strategi pembelajaran berbasis masalah pada Materi Tajwid bagi Capel Pondok Modern Darussalam Gontor mencakup 1 hal: (1), pembelajaran dengan menggunakan masalah dan pertanyaan di Pondok Modern Durussalam Gontor berdasarkan penerapan strategi pembelajaran berbasis masalah pada Materi Tajwid bagi Capel meliputi beberapa hal yaitu pembukaan, penyampaian materi, pengaturan pembelajaran, media pembelajaran, penerapan sistem evaluasi, dan pemilihan materi. (1) fokus dengan pembelajaran yang berdisiplin sesuai dengan penerapan strategi tersebut adalah sesuai rencana persiapan pembelajaran (RPP) berdasarkan permasalahan capel dalam materi tajwid ()penelitian autentik sesuai dengan penerapan strategi tersebut tidak jauh dari cara mengajar tajwid di Gontor khususnya dengan cara diskusi (1)pembuahan hasil dan cara memproduksikannya sesuai dengan penerapan strategi tersebut sesuai dengun evaluasi pembelajaran tajwid dengan memberikan pertanyaan kepada beberapa siswa tentang hukum bacaan dalam ilmu tajwid secara lisan dan dengan ujian ujian tertulis sesuai dengan TIK yang ingin dicapai. Penulis menyarankan kepada: 1) pengasuh pondok: agar selalu menjaga dan meningkatkan cara pembelajaran guru pengajar tajwid dengan cara pengawalan dan bimbingan terhadap berjalannya suasana belajar dan mengajar yang dilaksanakan oleh para guru dan juga supaya melengkapi sarana dan prasarana pembelajaran khusanya dalam pembelajaran ilmu tajwid, 1) pengajar sajwid agar meningkatkan kemampuan pembelajaran dengan mengatur pembelajaran ilmu tajwid untuk meningkatkan kemampuan belajar siswa khususnya siswa yang lemah dalam pemahaman ilmu tajwid. ") siswa agar selalu belajar dengan rajin dan sungguh-sunggah khususnya dalam pelajaran tajwid sampai melekat dan memberikan pengaruh yang dalam dan supaya selalu membiasakan belajar dengan cara pembelajaran berbasis masalah
Item Type: | Thesis ( S1 Undergraduate ) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah UNIDA Gontor > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Enjllina Vita |
Date Deposited: | 06 Jan 2025 02:06 |
Last Modified: | 06 Jan 2025 02:06 |
URI: | http://repo.unida.gontor.ac.id/id/eprint/4989 |
Statistics Downloads of this Document
![]() |
View Item |