AB, M. Ridwan (2000) تنفيذ التوجيه والإرشاد بمدرسة المتوسطة المحمدية الأولى فونوركو للسنة الدراسية : ۱۹۹۹–۲۰۰۰. S1 Undergraduate thesis, Universitas Darussalam Gontor.
![]() |
FILE TEXT (M Ridwan AB - PAI - 2000)
M Ridwan AB - PAI - 2000 - 16111931.pdf - Published Version Exclusive to Registered users only License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (54MB) |
Abstract
Sekolah merupakan lembaga pendidikan formal yang diselenggarakan dengan sengaja untuk membantu siswa-siswanya dalam mencapai derajat kedewasaannya. Bimbingan dan konseling merupakan salah satu lembaga yang ada sekolah, yang membantu sekolah dalam pelaksanaan pendidikan dan pengajaran. Tetapi sebagian murid masih menganggap bahwa Bimbingan dan Konseling sebagai suatu lembaga yang menakutkan, dan belum dapat memanfaatkan lembaga tersebut secara optimal. Maka pembahas memilih kajian ini di SLTP Muhammadiyah I Ponorogo yang merupakan salah satu lembaga pendidikan menengah swasta, dan statusnya sudah disamakan dengan sekolah- sekolah menengah negeri lainnya. Dan dalam perjalanan sejarahnya, terlihat bahwa sekolah ini mempunyai kelebihan dalam pendidikan dan pengajarannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui cara pelaksanaan Bimbingan dan Konseling di SLTP Muhammadiyah I Ponorogo 1999-2000 dengan segala aktifitasnya, yang bertujuan untuk membantu siswa-siswa dalam menyesuaikan dirinya dan mengarahkan dirinya baik di sekolah, di rumah maupun di masyarakat. Untuk mencapai tujuan diatas digunakan metode dokumenter untuk mendapatkan data-data gambaran umum tentang SLTP Muhammadiyah I Ponorogo, dan wawancara dengan Pembimbing dan Konselor untuk mendapatkan data tentang Pelaksanaan bimbingan dan Konseling di SLTP Muhammadiyah I Ponorogo. Dengan menggunakan metode induktif penulis berusaha memaparkan pelaksanaan Bimbingan dan Konseling untuk dapat mengambil suatu kesimpulan secara umum. Lalu dengan Metode Analisa penulis melihat dan menganalisa pelaksanaan Bimbingan dan Konseling di SLTP Muhammadiyah I Ponorogo baik keistimewaan maupun kekurangan dari pelaksanaan Bimbingan dan Konseling yang ada di Sekolah tersebut. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Pelaksanaan Bimbingan dan Konseling di SLTP Muhammadiyah I adalah kegiatan untuk mengatasi masalah- masalah dan kesulitan siswa. Dan kegiatan ini telah dilaksanakan secara efektif dengan menggunakan metode-metode dan teknik-tekniknya, Bahkan dikembangkan dengan langkah-langkahnya sendiri. Berdasarkan penelitian awal yang relatif singkat ini, diharapkan kepada pembahas berikutnya untuk mengkaji lebih mendalam tentang Bimbingan dan Konseling di SLTP manapun, untuk mendapatkan metode-metode baru, dan dapat dijadikan bahan rujukan oleh setiap pembimbing di sekolah.
Item Type: | Thesis ( S1 Undergraduate ) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah UNIDA Gontor > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Enjllina Vita |
Date Deposited: | 06 Jan 2025 02:21 |
Last Modified: | 06 Jan 2025 02:21 |
URI: | http://repo.unida.gontor.ac.id/id/eprint/4992 |
Statistics Downloads of this Document
![]() |
View Item |