Karim, M. Fida Buzyro (1998) SELF-ACTUALIZATION IN LEARNING FOR STUDENT OF CLASS SIX OF KULLIATUL MUALLIMIN AL-ISLAMIAH PONDOK MODERN AR-RISALAH SLAHUNG PONOROGO ON ACADEMIC: YEAR 1998-1999. S1 Undergraduate thesis, Universitas Darussalam Gontor.
![]() |
FILE TEXT (M. Fida Busyro Karim - PAI - 1998)
M. Fida Busyro Karim - PAI - 1998 - 13111341.pdf - Published Version Exclusive to Registered users only License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (154MB) |
Abstract
Kelangsungan proses belajar siera itu karena digerakkan oleh muatu kebutuhan, keinginan motivasi dari dalam (Inner-motivation). Di mana kebu tuhan itu timbul karena pertumbuhan potenoi, kapacitan dan kemampuan yanıt dimilikinya, yant selanjutnya meramtut sebuah aktualisasi diri. Dengan demikian aktifitas belajar itu karena proses aktualisasi diri. Prosen aktualinani diri itu sendiri harus didukunat oleh kapasitan kapacitan paiko logis, antara lain: kesadaran diri, kebebasan yang bertaruntung Jawab, kemandirian dan kreativitas. Namun selain itu Justa harus ditunjant olch kondisi belajar mengajar yang kondunnif. Pola pendidikan pesantren tersauk Pondok Hodern Ar Risalah Slahune Ponorogu yanıt morukondlalkan slowa dalam interakui belajar yang integral di dalam kampau yang dinamin memungkinkan lawa menemuhi haurat dan keinginannya, mengembangkan rotenai, bakat. kapauitas dan kemampuan yang dimiliki dan mengarahkan hidupnya sebagaimana yang diharapkan. Pada akhirnya potenai, kapasitas dan kemampuan yang dini liki berkembant menjadi aktual. Dari sinilah, penulis meneliti tentang sejauh mana aktualisani diri dalam belajar, atau dalam pengertian lain tentang fenomena aktivitas bela Jar niswa yang didorong oleh kebutuhan aktualisasi diri, lebih khusus pada cinwa kelas enam KHI Pondok Modern Ar-Risalah Slahung Ponorogo. Dalam studi, kapasitas-kapasitas siswa untuk aktualisasi diri yang diteliti antara lain; kesadaran diri, kebebasan yang bertanggung Jawab, kemandirian dan kreativitas. Untuk mendapatkan hasil yang nomadal, penullo mengambil data dari pengalaman, kecenderungan dan kapasitas belajar siswa, serta aktivitas aktivitan lain yang secara kentinu dilakukan baik dalam hegiatan akademik supun non akademik. Sedangkan metode pengambilan data adalah sughet dengan Instrumennya qucationnere. Ecdangkan populasi penelitian ini adalah seluruh slowa kelas enam yant berjumlah 159 aluwa. Metodo penitonbilan sampel adalah alaple randon can pline dan Jumlah sampel yang diambil sebanyak 25% atau 40 alawa. Hasil penelitian memujukkan kalan secara uman dalam analica "porsen taze" maupun "awan" menyatakan bahwa uiswa mempunyai kebutuhan. kapasitas. potenai dan kemampuan untuk mengembangkan diri. Hanya saja pencapaian aktualinaui diri ini behan menampakkan perkenbanstan dan performans yang uptimal. Demikian juga dalam analisa "chi-square tout, kapasita kapacitan Lersebut belum menunjukkan fenonona yont signifikan bagi propen aktualioani diri alawa, baik dalam taraf ulgnifikaul 12, 2X bahkan 10%. Lebih dari itu, melolul analina faktor dentan ruman korelasi "Product Moment", hapanitas kapanitan tersebut Juga belian menunjukkan kestabilan, kekonsistenan dan kchonatanan dalam prosen aktualizaci diri. Atau dalam perutertian lain stowa belum majukkan totalitas potensi dalam (Inner-potensi) untuk berkembang necara optimal. Disimpulkan bahwa aktualisasi diri dalam belajar belum menunjukkan perkembangan yang signifikan bagi upaya sizwa meningkatkan potensi yang dialliki secara optimal. Dengan demikian, pronon belajar yang dilakukan belm meramjukkan performance yang maksimal. Disarankan kepada para guru KM1 astar lebih memperhatikan aspek Jiwa, kemauan, kecenderungan, potensi maupun kemampuan unik yang dimiliki, ne hinta keradaran pada totalitas pribadi menjadi selasah kekuatan Jiwa untuk tuabun dan berkembang.
Item Type: | Thesis ( S1 Undergraduate ) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah UNIDA Gontor > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Enjllina Vita |
Date Deposited: | 06 Jan 2025 02:30 |
Last Modified: | 06 Jan 2025 02:30 |
URI: | http://repo.unida.gontor.ac.id/id/eprint/4993 |
Statistics Downloads of this Document

![]() |
View Item |