Nurfaiza, Filaila (2018) دور األنشطة العربية لتنمية مهارة الكالم لطالبات جامعة دار السالم كونتور حرم البنات غري متخرجات بكلية املعلمات اإلسالمية مبانتينجان جناوي جاوى الشرقية العام الدراسي 1438-1439 ه. D4 Diploma thesis, University of Darussalam Gontor.
FILE TEXT
watermak_filaila nurfaiza.pdf Download (4MB) |
Abstract
Univcrsitas Darussalam Gontor 'Campus Mantingan mcrupakan salah satu Lembaga Pendidilcan Agama dibawah naungan Univcrsitas Darussalam Gontor Pusat Siman, schingga mcmiliki visr atau arah tujuan pcndidikan yang scarah, yaitu sistcm bclajar mcngajar yang digunakan di dalam perkuliahan salah satunya dcngan mcnggunakan bahasa Arab. Dengan adanya sistcm tcrscbut, maka mahasiswi dituntut untuk bisa mcmahami bahasa yang digunakan sehari-hari. Dikarcnakan scbagia mahsiswi bukan bcrasal dari lulusan KMI Gontor Putn yang mana mcrcka tidak mcmpunyai kcmampuan bahasa sebelumnya, maka disusunlah bcrbagai macam kcgiatan yang bcrhubungan dengan Peningkatan Bahasa dibawah naungan Lembaga Bahasa yang dapat menjadi media pengembangan bahasa Arab untuk mcningkatkan kualitas bahasa mahasiswi non KM1 dan untuk bckal mcrcka di masa depan. Adapun bcntuk kcgiatan-kcgiatan yang dimaksud adalah scperti kcgiatan penyampaian kosakata, pembclajaran intensif bahasa Arab, seminar bahasa Arab, dan pembacaan makalah Arab. Yang mana dari kcgiatan-kcgiatan tcrscbut dapat mengajarlcan kcmampuan bahasa, khususnya di kctrampilan bcrbicara mcrcka, karcna mcnjadi bagian yang paling dasar dalam pembclajaran bahasa Arab bagi Mahasiswi non KM1. Bertolak dengan permasalahan yang ada, maka hal ini mcndorong pencliti untuk mend iti masalah ini dengan tujuan: I) Untuk mendeskripsikan kcgiatan-keguitan bcrbahasa Arab untuk mcnumbuhkan kctrampilan bcrbicara bam mahasiswi non KMI Univcrsitas Darussalam Gontor Kampus Mantingan Ngawi Jawa Timur Tahun Ajaran 1438-1439 H. 2) Untuk mendeslcripsilcan pecan keRatan-kegiatan bcrbahasa Arab untuk mcnumbuhkan ketrampilan bcrbicara bap mahasiswi non KMI Univcrsitas Darussalam Gontor Kampus Mantingan Ngawi Jawa Timur Tahun Ajaran 1438-1439 H. Rancangan yang digunakan dalam pcnelitian ini adalah rancangan penelitian kualitatif deslcriptif (Qualitative Descriptive Research). Telcnik pcngumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi tertulis. Adapun analisis datanya menggunakan analisis data alir yang diadopsi dari Miles dan Huberman yaitu: data reduction, display data dan verification. Dan hasil penelitian ini, ditemukan hasil sebagai bcrikut: I) Diadakannya kegiatan-kegiatan bcrbahasa Arab olch penanggunglawab Staf Lembaga Bahasa Univcrsitas Darussalam Gontor Kampus Mantingan, scperti kcgiatan pcnyampaian kosakata, pembelajaran intensif bahasa Arab, seminar bahasa Arab, dan pcnyampaian makalah Arab. 2) Kegiatan-kcgiatan berbahasa Arab yang diadakan sangat berperan patting di pertumbuhan bahasa Arab dan pcmbekalan bahasa mcrcka, khususnya ketrampilan berbahasa Arab. Adapun Reran dan Kegiatan-kcgiatan bcrbahasa Arab tcrscbut adalah sebagai berikut: (I) Di kcgiatan pcnyampaian kosakata pagi, pcmbiasaan mahasiswi non KMI erbicara bahasa Arab, karcna tcadi pembicaraan bahasa Arab dan pcngulangannya. (2) ) Di kcgiatan pembclajaran intensif bahasa Arab, mcnumbuhkan pengetalman mcrcka dalam berbahasa khususnya bahasa Arab untuk bekal mcrcka di masa dcpan. Dan karcna mayoritas dari mahasiswi non KM1 belum pernah mempelnjari bahasa Arab scbclumnya. (3) Di kcgiatan seminar bahasa Arab, menjadikan mahasiswi mcnyukai dan mcnikmati berbicara bahasa Arab melalui seni dan hiburan yang bcrhubungan dengan bahasa. (4) dan di kcgiatan pcnyampaian makalah Arab, menumbuhkan rasa berani dalam bcrbicara bahasa Arab. Berdasarkan hasil analisa peneliti, tampak bahwasanya penelitian ini masih mcmiliki banyak kckurangan. Sehingga diharapkan kcpada pcncliti atau penulis sclanjutnya yang akan mcmbahas tcntang pernbasan yang scrupa sclanjutnya agar lebih meneliti dcngan scbaik-baiknya. Penulis juga berharap agar Pcnanggungjawab Pusat Bahasa dan Bagian Pcningkatan Bahasa untuk lebih mcmperhatikan-kea&an kcgiatan-kcgiatan tcrscbut bagi mahasisswi non KMI dan memperkayanya agar lebih innovatff, dan bcrharap agar bisa mengatur jalannya kcgiatan-kcgiatan im supaya bisa bcrjalan dcngan balk dan disamping itu dibutuhkan pcnciptaan ling ungan bahasa yang balk untuk mcnumbuhkan kctrampilan bcrbahasa mcrcka.
Item Type: | Thesis ( D4 Diploma ) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) H Social Sciences > HT Communities. Classes. Races L Education > L Education (General) Q Science > Q Science (General) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah UNIDA Gontor > Pendidikan Bahasa Arab |
Depositing User: | Mr Muhammad Taufiq Riza |
Date Deposited: | 04 Nov 2020 00:18 |
Last Modified: | 03 Oct 2024 02:52 |
URI: | http://repo.unida.gontor.ac.id/id/eprint/514 |
Statistics Downloads of this Document
View Item |