Munirah, Emilia Rizqia (2025) Pengaruh Model Pembelajaran Advance Organizer Berbasis Mind Mapping Terhadap Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Kelas VIII Di MTsN 1 Bandung Barat Tahun Ajaran 2024-2025. S1 Undergraduate thesis, UNIVERSITAS DARUSSALAM GONTOR.
Abstract
Pembelajaran yang efektif membutuhkan pendekatan yang inovatif dan relevan agar siswa dapat memahami materi secara mendalam. Model pembelajaran lebih penting dari materi pembelajaran karena dapat menciptakan pengalaman belajar yang efektif. Hasil belajar Sejarah Kebudayaan Islam siswa di sekolah ini masih tergolong rendah dari KKM yang ditetapkan yaitu 70. Dari 30 siswa pada kelas VIII hanya 7 siswa yang hasil belajarnya baik dan untuk siswa yang lainnya mendapat nilai di bawah KKM dengan nilai rata-rata siswa 55. Untuk mengatasi masalah tersebut, salah satu pendekatan yang dapat digunakan adalah model pembelajaran Advance Organizer berbasis Mind Mapping, yang memanfaatkan visualisasi untuk membantu siswa mengorganisasi informasi secara sistematis. Mind Mapping sebagai media pembelajaran dapat memberikan solusi efektif dengan memvisualisasikan informasi secara terstruktur dan menarik. Melalui kombinasi ini, siswa tidak hanya lebih mudah memahami materi, tetapi juga mampu meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan kreativitas. Dengan demikian, model pembelajaran ini diharapkan mampu meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MTsN 1 Bandung Barat. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Model Pembelajaran Advance Organizer berbasis Mind Mapping terhadap hasil belajar materi Sejarah Kebudayaan Islam kelas VIII di MTsN 1 Bandung Barat. Penelitian ini dilakukan dengan metode penelitian kuantitatif-eksperiment pendekatan Nonequivalent Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas VIII MTsN 1 Bandung Barat. Dengan jumlah sampel sebanyak 31, menggunakan teknik sampling Nonprobability Sampling. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data adalah metode tes dengan jenis tes Pre-Test dan Post-Test. Analisis data menggunakan rumus rata-rata, product moment pearson correlation dan Mann Whitney dengan SPSS 25. Dari penelitian ini disimpulkan bahwa: Terdapat perbedaan hasil belajar siswa dengan menggunakan Model Pembelajaran Advance Organizer berbasis Mind Mapping, dibuktikan dengan nilai rata-rata hasil belajar sebesar 83.333 lebih tinggi dari kelompok siswa yang menggunakan terdahulu yaitu sebesar 73.125. Maka terbukti bahwasanya penggunaan Model Pembelajaran Advance Organizer berbasis Mind Mapping berpengaruh dalam proses pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam dengan nilai perolehan rumus test sebesar Sig. (-2 Tailed) 0.018 < 0.05. Berdasarkan kesimpulan, peneliti mengajukan beberapa saran: (1) Dapat menjadikan Model Pembelajaran Advance Organizer berbasis Mind Mapping sebagai salah satu alternative dalam pembelajaran khususnya mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam dengan memperhatikan kesesuaian materi dan indikator yang akan dicapai. (2) Dapat dijadikan sebagai saran atau pertimbangan dalam melaksanakan pembelajaran demi meningkatkan kualitas pembelajaran di sekolah sesuai dengan kondisi pendidikan dalam upaya meningkatkan mutu para pendidik dan siswa. Kata Kunci: Pengaruh, Model Pembelajaran Advance Organizer, Mind Mapping, Hasil Belajar Siswa, Sejarah Kebudayaan Islam.
Item Type: | Thesis ( S1 Undergraduate ) |
---|---|
Additional Information: | SKRIPSI : EMILIA RIZQIA MUNIRAH NIM : 422021118047 |
Uncontrolled Keywords: | Pengaruh, Model Pembelajaran Advance Organizer, Mind Mapping, Hasil Belajar Siswa, Sejarah Kebudayaan Islam. |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah UNIDA Gontor > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | 45 Emilia Rizqia Munirah |
Date Deposited: | 30 Jan 2025 06:28 |
Last Modified: | 30 Jan 2025 06:28 |
URI: | http://repo.unida.gontor.ac.id/id/eprint/5223 |
Statistics Downloads of this Document

![]() |
View Item |