Thesis
Published
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PELAJARAN SKI KELAS 8 DI MADRASAH TSANAWIYAH AL-MASYHUD WELERI
Abstract
Berdasarkan observasi, peneliti menyimpulkan bahwa hasil belajar siswa kelas 8 MTs Al
masyhud masih rendah. Terlihat dari nilai siswa yang belum mencapai KKM sebesar 70 untuk mata
pelajaran SKI. Hal ini dibuktikan belum tercapainya tujuan pembelajaran.
Tujuan penelitian ini adalah (1) meningkatkan hasil belajar dengan menerapkan model
Project Based Learning pada siswa kelas 8 di Mts Al-masyhud Weleri dan (2) meningkatkan
keaktifan belajar dengan menerapkan model Project Based Learning.
Penelitian ini menerapkan pendekatan penelitian tindakan kelas dengan model kemmis dan
Mc Taggart dan dilakukan dalam dua siklus. setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan,
pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. subjek penelitian ini adalah siswa kelas 8 dengan instrument
penelitian berupa tes, observasi dan wawancara Di MTs Al Masyhud.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajara project based learning dapat
meningkatkan keaktifan belajar siswa dengan presentase 60% di siklus pertama, dan meningkat 91%
di siklus kedua. Siklus pertama yang lulus di atas KKM pada hasil belajar dengan presentase 42%
dengan jumlah 8 siswa, kemudian meningkat di siklus kedua menjadi 84% dengan menerapkan
model pembelajaran project based learning bahwa keaktifan dan hasil belajar siswa meningkat.
Berdasarkan hasil penelitian, peneliti memberikan saran: (1) Bagi guru untuk
mengupayakan tindak lanjut pada pembelajaran SKI dengan menerapkan model pembelajaran
project based learning. Sebagai usaha dalam meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa. (2)
Bagi peneliti selanjutnya diharapkan untuk meneliti lebih mendalam penggunaan model
pembelajaran project based learning yang dapat ditinjau dari banyak aspek tidak hanya dari
kemampuan berpikir kreatif saja.
Kata kunci: Keaktifan Siswa, Hasil Belajar, Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam, Model project
based learning.
Publication Details
InstitutionUniversitas Darussalam Gontor
DepartmentPAI
KeywordsKeaktifan Siswa, Hasil Belajar, Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam, Model project
based learning.
Item ID5228
Deposited30 Jan 2025 06:26