Wijaya, Wisnu (2018) IMPLEMENTATION OF BUSINESS MODEL BASED ON ISLAMIC BUSINESS (Case Study in TRAC Sharia PT. Serasi Autoraya). D4 Diploma thesis, UNIDA.
FILE TEXT
WISNU_Ambil.pdf Download (4MB) |
Abstract
ABSTRAK Penerapan Model Bisnis Berbasis Bisnis Islam (Studi Kasus Pada TRAC Syariah PT. Serasi Autoraya) Wisnu Wijaya 35.2014.42.0762 Pada masa pertumbuhan ini, kebutuhan manusia terhadap produk barang dan jasa semakin meningkat. Hal ini menuntut perusahaan agar lebih aktif lagi dalam mengembangkan usahanya. Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS), menunjukkan bahwa sektor transportasi dan pergudangan mengalami peningkatan pada tahun 2017 sebesar 5,41 %, jumlah ini lebih besar dari tahun 2016 yang mencapai 5,20 %. Munculnya perusahaan jasa yang semakin meningkat maka dibutuhkan inovasi dalam meningkatkan usahanya. TRAC Syariah sebagai salah satu bisnis jasa memiliki keunggulan yang menerapkan konsep syariah dalam bisnisnya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui model bisnis TRAC Syariah dan penerapan model bisnis TRAC Syariah berdasarkan bisnis Islami. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif dengan pendekatan grounded. Adapun lokasi penelitian ini berada di perusahaan TRAC Syariah. Dalam pengambilan data, peneliti menggunakan tekhnik observasi, wawancara dan dokumentasi. Dalam menentukan sampel dari narasumber, peneliti menggunakan tekhnik probability sampling.Hasil dari penelitian ini adalah Deskripsi model bisnis TRAC Sharia adalah: segmen konsumen, pertama melalui konsep B to B, kedua adalah bisnis yang related dengan halal bisnis; proposisi nilai, pertama transaksi bebas riba, kedua konsep pengembalian dana; saluran, pertama melakukan sosialisasi, kedua mengikuti berbagai event halal; hubungan pelanggan, melakukan kunjungan kepada pelanggan; aliran pendapatan, besaran sewa ditentukan oleh struktur biaya TRAC Sharia dari kendaraan , maintenance & mudharabah; sumber daya utama meliputi mengurus kebutuhan customer; aktivitas utama meliputi menawarkan produk kepada customer dan mengurus kebutuhan customer; mitra utama meliputi Paragon, BMT Sidogiri & pembiayaan syariah; struktur biaya meliputi mudharabah, perbaikan & operational. Penerapan model bisnis TRAC Sharia berdasarkan bisnis Islami adalah: asas meliputi kepercayaan akan jalan yang Allah berikan bagi siapa yang membela agamanya; motivasi meliputi konsep transparansi & terbebas dari unsur haram; orientasi meliputi konsep pengembalian dana; etos kerja meliputi memberikan solusi kepada pelanggan dalam hal transportasi dengan konsep bebas riba; sikap mental meliputi bebas penalty namun dana CSR; amanah meliputi rutin melakukan perbaikan tepat waktu; sumber daya manusia meliputi standar gaji karyawan TRAC Sharia; manajemen operasi meliputi sertifikasi oleh MUI; manajemen keuangan meliputi transaksi bebass riba; manajemen pemasaran meliputi konsep sosialisasi kepada pelanggan; manajemen sumber daya manusia meliputi standar grooming yang meliputi perempuan berhijab & karyawan memahami dasar” syariah. Dari hasil tersebut, peneliti berharap agar TRAC Syariah meningkatkan strategi bisnis berdasarkan deskripsi pengelompokan kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman dalam bisnisnya. Selanjutnya peneliti berharap TRAC Syariah melengkapi unsur nilai Islam yang belum muncul dalam bisnisnya. Kata Kunci: Peningkatan Bisnis Jasa, Model Bisnis, TRAC Syariah
Item Type: | Thesis ( D4 Diploma ) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HC Economic History and Conditions |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Manajemen UNIDA Gontor > Manajemen |
Depositing User: | Mr Muhammad Taufiq Riza |
Date Deposited: | 04 Nov 2020 03:40 |
Last Modified: | 03 Oct 2024 02:53 |
URI: | http://repo.unida.gontor.ac.id/id/eprint/534 |
Statistics Downloads of this Document
View Item |