Al-Bahri, Shafarina Raudhiatuzzahra (2025) تطبيق وسائل التعليم PAKAPIN (لوحة الجيب الذاكية) لتحسين نشاط ونتيجة التعلّم لطلبة الفصل الرابع في مادة القرآن والحديث بالمدرسة الابتدائية الإسلامية الحكومية 7 وينونج فونوروكو جاوى الشرقية العام الدراسي 2024-2025. S1 Undergraduate thesis, Universitas Darussalam Gontor.
Abstract
Pembelajaran yang efektif memerlukan perencanaan dan usaha sadar untuk menciptakan suasana belajar yang mendukung siswa dalam mengembangkan potensinya secara optimal, termasuk dalam materi Al-Qur'an dan Hadis. Namun, di MIN 7 Winong, terdapat permasalahan dalam proses pembelajaran, seperti rendahnya hasil belajar siswa yang disebabkan oleh kurangnya variasi media pembelajaran. Guru masih bergantung pada metode konvensional seperti buku dan papan tulis, sehingga pembelajaran menjadi monoton dan sulit menarik minat siswa. Hal ini berdampak pada rendahnya kesemangatan dan hasil belajar siswa, dengan rata-rata nilai yang tidak memenuhi standar KKM. Untuk mengatasi masalah ini, penggunaan media pembelajaran inovatif seperti PAKAPIN (Papan Kantong Pintar) dapat menjadi solusi efektif. Media ini mampu meningkatkan kreativitas guru dan memudahkan siswa dalam memahami pelajaran, sehingga diharapkan dapat meningkatkan keterlibatan, motivasi, dan hasil belajar siswa di kelas. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengetahui penerapan media PAKAPIN (Papan Kantong Pintar) dalam meningkatkan keaktifan belajar siswa pada materi Al-Qur’an dan Hadits di MIN 7 Winong Ponorogo tahun ajaran 2024-2025, 2) Mengetahui penerapan media PAKAPIN (Papan Kantong Pintar) dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada materi Al-Qur’an dan Hadits di MIN 7 Winong Ponorogo tahun ajaran 2024-2025. Jenis Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah PTK (Penelitian Tindakan Kelas) model Kurt Lewin. Didalam penelitian ini terdapat dua siklus dan didetiap siklusnya terdapat empat tahapan, yaitu: perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Teknik pengambilan data menggunakan observasi, tes, dan dokumentasi. Data analisis secara deskriptif dan disajikan dalam bentuk table dan diagram batang. Dengan menggunakan media PAKAPIN (Papan Kantong Pintar) subjek dari penelitian ini adalah kelas 4 Al-Qudus di MIN 7 Winong Ponorogo yang berjumlah 24 Siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) Penerapan media pembelajaran PAKAPIN (Papan Kantong Pintar) efektif dalam meningkatkan keaktifan siswa, hasil siklus pertama keaktifan siswa mencapai 57,92% dan hasil siklus kedua meningkat menjadi 85,42% peningkatan yang terjadi pada siklus pertam dan kedua adalah 27,5%. 2) Penerapan media pembelajaran PAKAPIN (Papan Kantong Pintar) efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa hasil siklus pertama nilai rata-rata mencapai 65 dan hasil siklus kedua rata-rata naik mencapai 89,38 peningkatan yang terjadi pada siklus pertama dan kedua adalah 24,38 Dengan demikian bahwa media pembelajaran PAKAPIN (Papan Kantong Pintar) dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa. Berdasarkan pembahasan diatas peneliti memberi saran: 1) Bagi guru agar memiliki inovasi dalam proses pembelajaran yang kreatif sehingga mampu membantu siswi dalam memahami Pelajaran dengan baik 2) Bagi peneliti agar dapat menerapkan media pembelajaran PAKAPIN (Papan Kantong Pintar) dan mengembangkannya kedalam berbagai variasi dan materi yang berbeda. Kata Kunci: Media Pembelajaran, Keaktifan Siswa, Hasil Belajar, Al-Qur’an dan Hadits, Pakapin (Papan Kantong Pintar)
Item Type: | Thesis ( S1 Undergraduate ) |
---|---|
Additional Information: | Skripsi : Shafarina Raudhiatuzzahra Al-Bahri NIM : 422021113141 |
Uncontrolled Keywords: | Media Pembelajaran, Keaktifan Siswa, Hasil Belajar, Al-Qur’an dan Hadits, Pakapin (Papan Kantong Pintar) |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah UNIDA Gontor > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | 45 Shafarina Raudhiatuzzahra |
Date Deposited: | 24 Feb 2025 09:54 |
Last Modified: | 24 Feb 2025 09:54 |
URI: | http://repo.unida.gontor.ac.id/id/eprint/5669 |
Statistics Downloads of this Document

![]() |
View Item |