Ramadhani, Rayna Putri (2025) IMPROVING STUDENTS’ ACTIVENESS AND LEARNING OUTCOMES OF 8TH GRADE STUDENT MTS MA’ARIF CANDIMULYO ON THE SUBJECT OF FIQH BY APPLICATION OF POP UP BOOK MEDIA SCHOOL YEAR 2024-2025. S1 Undergraduate thesis, Universitas Darussalam Gontor.
Abstract
Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya nilai mata pelajaran Fiqih siswa kelas 8. Dari 24 siswa, tidak ada yang mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) sebesar 75, nilai yang dicapai mereka berkisar antara 34 hingga 74. Rendahnya hasil belajar ini disebabkan karena media pembelajaran yang kurang menarik, sehingga siswa merasa bosan dan kurang terlibat dalam pembelajaran. Guru Fiqih menyebutkan bahwa siswa sering pasif selama pelajaran, jarang bertanya atau ikut berdiskusi, sehingga sulit untuk mengetahui apakah mereka memahami materi atau tidak. Penggunaan media pembelajaran yang lebih menarik mampu mendorong partisipasi siswa dapat membantu meningkatkan pembelajaran dan hasil belajar secara keseluruhan. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa melalui penerapan Media Buku Pop Up pada mata pelajaran Fiqih kelas 8 di MTs Ma’arif Candimulyo. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang diusulkan oleh Kurt Lewin. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus, di mana setiap siklus terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas 8 di MTs Ma’arif Candimulyo. Media Buku Pop Up terbukti dapat meningkatkan keaktifan siswa, yang diketahui dari siklus pertama diperoleh 62,50%, kemudian pada siklus kedua mengalami peningkatan signifikan menjadi 87,50%. Untuk rata-rata nilai, pada siklus pertama menunjukkan peningkatan rata-rata menjadi 74,67. Pada siklus kedua, rata-rata nilai meningkat menjadi 81,33. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan media buku pop up dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa. Dengan demikian, media ini sesuai untuk pmebelajaran dikarenakan bentuknya yang menarik serta membuat peserta didik lebih terampil dan mudah memahami materi. Dengan begitu peserta didik akan mencapai nilai yang memuaskan. Kata Kunci: Keaktifan Siswa, Hasil Belajar Siswa, Media Pop Up Book, Materi Fiqih
Item Type: | Thesis ( S1 Undergraduate ) |
---|---|
Additional Information: | Skripsi : Rayna Putri Ramadhani NIM : 422021113123 |
Uncontrolled Keywords: | Keaktifan Siswa, Hasil Belajar Siswa, Media Pop Up Book, Materi Fiqih |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah UNIDA Gontor > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | 45 Rayna Putri Ramadhani |
Date Deposited: | 24 Feb 2025 09:53 |
Last Modified: | 24 Feb 2025 09:53 |
URI: | http://repo.unida.gontor.ac.id/id/eprint/5696 |
Statistics Downloads of this Document

![]() |
View Item |