Thesis
Published
Metode Pengajaran IPA di Kulliyatul Mu'llimat Al-Isalamiyyah Pondok Pesantren Gontor Putri Mantingan Ngawi Jawa Timur
Abstract
Pesantren dalam tradisinya yang lama hanya mengajarkan ilmu-ilmu agama yang
bersifat normatif dengan menggunakan metode sorogan, bandongan, halagoh dan
hafalan. Hal ini berbeda dengan Gontor yang sejak berdirinya telah mengintegrasikan
sistem sekolah ke dalam sistem pendidikan pesantren. pemikiran Gontor bukan hanya
mengajarkan ilmu-ilmu agama yang bersifat normatif melainkan ilmu-ilmu umum yang
bersifat empirik, karena kedua ilmu tersebut sama pentingnya. Namun tentu saja
karakteristik kedua ilmu di atas terdapat perbedaan metode dalam pengajaran. metode
pengajaran adalah salah satu faktor penting dalam proses belajar mengajar dan
merupakan suatu aturan yang dilalui oleh guru di dalam menyampaik an pelajarannya agar
pengetahuan itu sampai kepada pikiran murid dengan bentuk yang baik untuk mencapai
tujuan pedidikan.Melihat hal tersebut maka penulis meneliti lebih jauh tentang metode
pengajaran ilmu -ilmu empirik khususnya IPA di Kulliyatul Mu' alimat Al-Islamiyah
Pondok Pesantren Gontor putri. Apakah ilmu-ilmu empirik itu mentransfer metode
pengajaran ilmu-ilmu normatif atau memiliki metode sendiri sebagaimana mestinya.
Publication Details
InstitutionUniversitas Darussalam Gontor
DepartmentPendidikan Agama Islam
Subjects23rd Dewey Decimal Classification > 2X7 - Filsafat, Dakwah, Pendidikan Agama, Sekolah, Pembaharuan Pemikiran, Pers dan Media Massa Islam > 2X7.300 Pendidikan Agama Islam, Sekolah Islam
L Education > L Education (General)
L Education > L Education (General)
Item ID5909
Deposited26 Feb 2025 14:15