Search for collections on UNIDA Gontor Repository

أثر تعلم كتاب التوحيد المقرر للصف الأول والثاني والثالث العالى بمعهد دار المتقين الحديث للتربية الإسلامية كونتور الخامس كاليكونج بانيوانجي في عقيدة طلبته السنة السادسة للعام الدراسي : ١٤٢٦ - ١٤٢٧ هـ.

Hulaimi, Aris Helmi (2006) أثر تعلم كتاب التوحيد المقرر للصف الأول والثاني والثالث العالى بمعهد دار المتقين الحديث للتربية الإسلامية كونتور الخامس كاليكونج بانيوانجي في عقيدة طلبته السنة السادسة للعام الدراسي : ١٤٢٦ - ١٤٢٧ هـ. S1 Undergraduate thesis, Universitas Darussalam Gontor.

[img] FILE TEXT (Aris Helmi Hulaimi - SAA - 2006)
Aris Helmi Hulaimi - SAA - 2006.pdf - Published Version
Exclusive to Registered users only
License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (89MB)

Abstract

Pondok Modern Darul Muttaqin Gontor V Banyuwangi, adalah salah satu lembaga pendidikan islam yang mempunyai misi membina para santrinya agar menjadi generasi muslim yang kaffah dan mampu menjadi tauladan dalam kehidupan beragama dan bermasyarakat. Dalam hal ini aqidah islamiyah adalah modal dasar untuk mencapai tujuan tersebut. Secara teoritis terdapat dua hal yang mendasar berkaitan dengan aqidah islamiyah. Perrama, bahwa aqidah memiliki posisi penting dalam keislaman seseorang, dimana ia merupakan modal utama untuk berakhlaqul karimah baik dengan Allah maupun dengan sesania makhluk, baik sebagai individu maupun masyarakat, pada posisi ini maka manusia sangat membutuhkan aqidah dimaksud demi untuk dirinya sendiri dalam upaya menjadi insan kamil dalam ber-Islam. Kedua, bahwa aqidah memiliki peranan penting dalam kehidupan manusia kelak di akhirat, hal itu karena aqidah adalah sebagai pondasi di mana agama dibangun di atasnya dan seluruh pekerjaan tidak akan diterima tanpa aqidah yang benar. Buku daras tauhid karya Sholih Ibnu Fauzan Abdullah Al-Fauzani, telah ditetapkan oleh Bagian silabus KMI sebagai rujukan dalam program penanaman aqidah yang benar. Hal itu karena buku tersebut menganut faham ahli sunnah wal-jama'ah dan juga mengedepankan masalah-masalah aqidah kontemporer dala dalam kehidupan masyarakat indonesia pada khususnya dengan menggunakan bahasa arab yang setandar dengan bahasa santri kelas 4, 5 dan 6 KMI. Hal inilah yang membuat peneliti tertarik untuk meneliti pengaruh mempelajari ilmu tauhid dengan menggunakan buku daras terhadap terhadap aqidah siswa kelas VI KMI sebagai santri senior yang akan segera berkiprah dalam kehidupan bermasyarakat. Kajian berikut adalah studi kuantitatif tentang sejauh mana pengaruh buku tauhid terhadap aqidah siswa kelas VI KMI Pondok Modern Darul Muttaqin Gontor V pada tahun pelajaran 1426 -1427/2005 2006. Penelitian ini menggunakan metode sebagai berikut: observasi dan dokumentasi untuk mengumpulkan data yang berkaitan dengan PMDGV, quesioner (angket) dan interview untuk memperoleh data tentang pengaruh buku daras tauhid terhadap aqidah siswa kelas VI Gontor V. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VI yang berjumlah 100 siswa. Dari populasi yang ada, peneliti mengambil sampel dengan metode random sampling sebesar 50%. Adapun untuk menghitung hasil dari angket yang dibagikan, peneliti menggunakan dua metode analisa data. Pertama, logical analyties yaitu dengan membandingkan prosentase nilai angket siswa sebelum dan sesudah mempelajari buku daras tauhid, dan yang kedua adalah dengan membandingkan hasil analisa statistik yang mana penulis menggunakan rumus corelative product moment untuk memperkuat hasil logical analyties. Hasil yang telah dicapai oleh peneliti dalam penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang kuat (significant) antara belajar buku daras tauhid dengan aqidah siswa kelas VI. Hal itu terbukti dari hasil logical analyties sebelum dan sesudah belajar buku daras tauhid menunjukkan peningkatan 5,7% (dari 32% jumlah siswa yang beraqidah sama dengan buku daras meningkat hingga 98,4%). Hasil tersebut diperkuat dengan perbandingan hasil analisa statistik sebelum dan sesudah belajar dengan menggunakan buku daras tauhid. Hasil analisa statistik sebelum mempelajarinya menunjukkan angka 0,320, dimana nilai tersebut berada antara 0,300-0,400 yang menunjukkan sedikitnya siswa beraqidah sama dengan buku daras. Sedangkan hasil analisa statistik tentang aqidah siswa setelah belajar buku daras tauhid menunjukkan angka 0,960, dimana angka tersebut berada pada nilai pengaruh yang paling kuat. Dari hasil analisa statistik tersebut jelaslah bahwa ada peningkatan yang significant mencapai angka 0,650, (dari 0,320 meningkat hingga 0,960) yang mana nilai tersebut berada di antara 0,6000,800 yang menunjukkan nilai pengaruh yang baik. Demikianlah hasil yang dicapai oleh peneliti meskipun masih banyak kekurangan dan jauh dari kesempurnaan, maka diharapkan kepada pembaca untuk dapat menyempurnakan hasil dari penelitian ini, agar pengajar tauhid Pondok Modern Gontor V khususnya dan Gontor secara umum senantiasa berijtihad untuk mendapatkan metode mengajar yang efektif

Item Type: Thesis ( S1 Undergraduate )
Subjects: 23rd Dewey Decimal Classification > 200 – Agama > 200 - Agama > 202 Ajaran
23rd Dewey Decimal Classification > 2X0 – Islam Umum > 2X0 - Islam Umum
Divisions: Fakultas Ushuluddin UNIDA Gontor > Studi Agama Agama
Depositing User: 2024 Hibatullah Ramadhana
Date Deposited: 27 Feb 2025 03:26
Last Modified: 27 Feb 2025 03:26
URI: http://repo.unida.gontor.ac.id/id/eprint/5962

Statistics Downloads of this Document

Loading...
Downloads per month in the last year

View more statistics

 View Item View Item