Thesis
Published
IMPLEMENTASI CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT (CRM) DALAM MEWUJUDKAN LOYALITAS NASABАН (Studi Kasus di Bank Muamalat Kantor Cabang Pembantu Sragen 2014)
Abstract
Dengan meningkatnya persaingan dalam perbankan syariah, nasabah memiliki banyak
alternatif bank. Mereka selalu berpindah bank manapun yang mereka inginkan sampai
mendapatkan perbankan yang sesuai harapannya. Karena itu, setiap bank menyiapkan berbagai
strategi agar nasabah tetap loyal. Salah satunya dengan strategi CRM. Tujuan dari penelitian ini
adalah untuk mengetahui penerapan CRM pada loyalitas nasabah di Bank Muamalat (KСР)
Sragen dan variabel apa yang paling berpengaruh terhadap loyalitas nasabah.
Jenis penelitian yang digunakan oleh peneliti adalah penelitian kuantitatif dengan
pendekatan survei. Populasi penelitian ini adalah nasabah perorangan di Bank Muamalat (KСР)
Sragen dengan sampel 100 orang responden. Peneliti akan menyajikan data dan hasil penelitian
dengan metode induktif, metode deskriptif, dengan analisis kuantitatif. Teknis analisis data
menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, regresi linier berganda, F-test dan juga T-test. Variabel
CRM yang diterapkan di Bank Muamalat adalah variabel nilai, proses dan mempertahankan
nasabah.
Publication Details
InstitutionUniversitas Darussalam Gontor
DepartmentHukum Ekonomi Syariah
Item ID5996
Deposited27 Feb 2025 04:31