Thesis
Published
PERBEDAAN TINGKAT KEPUASAN MAKAN PASIEN DI RUMAH SAKIT BERSERTIFIKAT HALAL DENGAN YANG BELUM BERSERTIFIKAT HALAL
Abstract
Latar Belakang: Kepuasan dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor,
termasuk keragaman produk, kualitas produk, kualitas layanan, fasilitas yang
memuaskan, lokasi, harga dan label halal. Tujuan: Tujuan dari penelitian
ini adalah untuk mengetahui perbedaan kepuasan makan pasien di rumah
sakit bersertifikat halal dengan yang belum bersertifikat halal. Metode:
Metode penelitian termasuk studi komparatif dengan sampel independen
menggunakan desain cross-sectional yang dilakukan pada 134 responden
(67 responden di Rumah Sakit Islam Sultan Agung dan 67 responden di
Rumah Sakit Roemani Muhammadiyah). Penelitian dilakukan pada target
sempel yaitu semua pasien yang menjalani perawatan di ruang perawatan
Kelas II dan III. Analisis menggunakan uji Mann Whitney. Penilaian
kepuasan pasien dikumpulkan menggunakan kuesioner. Hasil: Tingkat
kepuasan pasien dalam penyelenggaraan makanan di Hospital Certified
Halal (HCH), menunjukkan 50,7% responden puas dan 49,3% responden
merasa sangat puas sedangakan pada penyelenggaraan makanan di Non
Certified Hospital (NCH) 100 % responden puas dengan penyelenggaraan
makananan di NCH. Kesimpulan: Ada perbedaan tingkat kepuasan makan
pasien di rumah sakit bersertifikat halal dengan yang belum bersertifikat
halal halal be p-value <0,005.
Kata kunci: makan kepuasan pasien, sertifikat halal rumah sakit
Publication Details
InstitutionUniversity of Darussalam Gontor
DepartmentFakultas Kesehatan
Item ID619
Deposited04 Nov 2020 14:31