Search for collections on UNIDA Gontor Repository

تأثیر دراسة كتب التراث الإسلامي على مهارة قراءة طلبة الفصل الخامس بكلية المعلمين الإسلامية بمعهد دار السلام كونتور للتربية الإسلامية الحديثة العام الدراسي: ١٤٣٥-١٤٣٦ هـ.

Az-Zaki, Muhammad Ardhani (2015) تأثیر دراسة كتب التراث الإسلامي على مهارة قراءة طلبة الفصل الخامس بكلية المعلمين الإسلامية بمعهد دار السلام كونتور للتربية الإسلامية الحديثة العام الدراسي: ١٤٣٥-١٤٣٦ هـ. S1 Undergraduate thesis, Universitas Darussalam Gontor.

[img] FILE TEXT (Muhammad Ardhani Az-Zaki - PBA - 2015)
Muhammad Ardhani Az-Zaki - PBA - 2015.pdf - Published Version
Exclusive to Registered users only
License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (98MB)

Abstract

Warisan budaya merupakan memori suatu bangsa yang memiliki referensi Ideologi, terkadang murni ataupun kombinasi dari mereka sendiri. Dan sumber utama peninggalan Islam adalah Aqidah Tauhid yang telah disyariaatkan oleh Allah di dalam Al-Quran dan Al-Hadits. Maka inti dari budaya Islam adalah agama islam itu sendiri yang apabila dipisahkan maka sama dengan mengambil warisan ideologi dan nilai-nilai agama Islam. Seiring dengan perkembangan dan kemajuan dalam bidang keilmuan, umat islam menghadapi isu-isu agama yang harus dihadapi, sehingga mereka dituntut untuk menguasai berbagai ilmu pengetahuan yang bersumber dari berbagai buku diantaranya buku-buku Islam klasik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh Pembelajaran Kitab Klasik Terhadap Kemampuan Membaca Siswa Kelas V Kulliyatu-L-Mua'llimin Al-Islamiyah Pondok Modern Darussalam Gontor Tahun Ajaran 1435-1436 Н. Penelitian ini adalah penelitian lapangan yang bersifat deskriptif kuantitatif yang menjadikan santri kelas lima KMI yang berjumlah 647 pelajar sebagai populasi dari penelitian ini dengan jumlah sample sebanyak 25% yaitu 158 pelajar, ditentukan dengan teknik Statified Random Sampling. Metode yang di gunakan dalam pengumpulan data adalah metode Tes, sedangkan pengolahan data menggunakan statistik dengan rumus rata-rata dan Corelasi Product Moment. Dari hasil analisis data, dapat ditarik kesimpulan bahwasannya (1) Nilai Kemampuan memahami kitab klasik kelas lima adalah Baik (7,44), (2) Nilai Ketrampilan membaca bahasa arab kelas lima adalah Baik (7,01), dan (3) terdapat pengaruh yang kuat antara Kemampuan memahami kitab klasik, terhadap Ketrampilan membacabahasa arab kelas lima Kulliyatu-1-Muallimin al-Islamiyah Di Pondok Modern Darussalam Gontor Pusat Tahun Ajaran 1435-1436 H. dengan nilai r (3,2826) lebih besar dari nilai df 1% (0,195) dan nilai 5% (0,254). Berdasarkan hasil penelitian tersebut diharapkan: (1) Direktur KMI lebih memperbanyak mengadakan latihan membaca kutub al-turats bagi siswa kelas V KMI. (2) Guru-guru lebih menekankan pentingnya membaca buku-buku klasik. (3) Seluruh siswa pada umumnya dan siswa kelas V pada khususnya untuk meningkatkan belajarnya dan memperbanyak membaca buku Bahasa Arab.

Item Type: Thesis ( S1 Undergraduate )
Subjects: 23rd Dewey Decimal Classification > 400 – Bahasa > 400 - Bahasa > 400 Bahasa
Divisions: Fakultas Tarbiyah UNIDA Gontor > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: 2024 Muhammad Baehaqi
Date Deposited: 03 Mar 2025 14:43
Last Modified: 03 Mar 2025 14:43
URI: http://repo.unida.gontor.ac.id/id/eprint/6260

Statistics Downloads of this Document

Loading...
Downloads per month in the last year

View more statistics

 View Item View Item