Search for collections on UNIDA Gontor Repository

دراسة اللغة العربية عند تمام حسان

Subhan, Muhammad Farid (2014) دراسة اللغة العربية عند تمام حسان. S1 Undergraduate thesis, Universitas Darussalam Gontor.

[img] FILE TEXT (Muhammad Farid Subhan - PBA - 2014)
Muhammad Farid Subhan - PBA - 2014.pdf - Published Version
Exclusive to Registered users only
License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (82MB)

Abstract

Bahasa ditinjau dari segi manfaatnya merupakan alat komunikasi dan sarana untuk saling berhubungan antara individu. Begitu juga dengan bahasa Arab yang merupakan bahasa dunia yang memiliki standar ketinggian dan keelokan linguistik yang tinggi. Selain itu juga sebagai sarana untuk mengetahui kebudayaan Arab. Untuk itu pengetahuan tentang cara pengajaran sabagai bahasa kedua sangat di perlukan untuk memahami bahasa Arab dan rahasianya, mengingat adanya asumsi bahwasanya kemampuan berbahasa merupakan dasar kemampuan mengajar bahasa tersebut. Tamam Hassan adalah seorang dosen di universitas Umm al-Quro' yang merupakan cabang dari universitas al-Malik Ibnu Su 'ud di Mekkah. Dia adalah seorang ahli lingguistik klasik dan modern, pemikiran Tamam Hassan mengenai bahasa Arab merupakan hasil ijtihad linguistiknya yang madukan antara warisan khazanah pemikiran klasik, dan teori-teori linguistiknya modern. Salah satu pemikiran Tamam Hassan yang menarik adalah metode pembalajaran bahasa Arab seperti pembelajaran ilmu Aswat, ilmu Morfologi, ilmu Sintaksis, ilmu Mu'jam, ilmu Simantik, karena dari metode pembelajaran ini tidak lepas dari konsep bahwa bahasa merupkan sistem yang mempunyai berbagai komponen yang saling berhubungan satu sama lain. Dari pemikiran linguistik Tamam Hassan ini, penulis tergugah untuk mengetahui metode pembelajaran bahasa Arab sebagai tema yang layak dibahas, dan menyertakan Tamam Hassan dalam wadah pembahasan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui serta mengaji metode pembelajaran bahasa Arab menurut Tamam Hassan, sehingga memudahkan para pelajar dalam berbahasa Arab. Penelitian ini merupakan kajian pustaka. Dalam proses pengumpulan data, penelitian menggunakan simak baik dalam bentuk tulisan atau buku. Sedangkan dalam mengalanisis data, peneliti menggunakan metode deskriptif, dan metode analisis, untuk mendeskripsikan serta menganalisis metode pembelajaran bahasa Arab menurut Tamam Hassan. Dari hasil analisis diatas, dapat disimpulkan bahwa metode pembelajaran bahasa Arab menurut tamam Hassan adalah terdiri dari lima unsur ilmu bahasa yang sangat mempengauri pemahaman siswa dalam kemampuan berbahasa Arab yang pertama: 1) metode pengajaran Ilmu Aswat merupakan usaha untuk mencoba nilai induksi yang mana dapat membedakan antara satu suara dengan suara lain dan setiap suara mempunyai metode dan makhrajul sendiri-sediri. 2) metode pengajaran ilmu Morfologi bahasa didapat dari harakat ketika berbentuk kalimat baik berubah shigoh dan mizan shorfi ada hubungan antara keduanya. 3) metode pengajaran ilmu Sintaksis merupakan pengajaran kalimat dari segi mabni dan dari segi ma'na didapat melalui pendengaran keyakinan dan perbandingan. 4) metode pengajaran Mu'jam dimulai dari huruf ejaan, pengucapan, dan penjelasan 5) metode pengajaran Ilmu Simantik merupakan belajar perubahan arti dan waktu ke waktu dan menganalisis arti kata disetip generasi tertentu. Dari lima unsur ini Tamam Hassan menggunkan metode khusus untuk mengajari para siswa dalam mengetahui bahasa Arab yang baik. Berdasarkan atas hasil penelitian ini, peneliti menyarankan agar hendaknaya diadakan pengajian yang lebih lengkap terhadap proses pembelajaran bahasa Arab, bagi para pengajar agar mengenalkan pembejajaran bahasa Arab menurut Tamam Hassan kepada siswa.

Item Type: Thesis ( S1 Undergraduate )
Subjects: 23rd Dewey Decimal Classification > 400 – Bahasa > 400 - Bahasa > 400 Bahasa
Divisions: Fakultas Tarbiyah UNIDA Gontor > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: 2024 Muhammad Baehaqi
Date Deposited: 03 Mar 2025 14:43
Last Modified: 03 Mar 2025 14:43
URI: http://repo.unida.gontor.ac.id/id/eprint/6261

Statistics Downloads of this Document

Loading...
Downloads per month in the last year

View more statistics

 View Item View Item