Luthfi, Mustofa (2013) كفاءة طلاب السنة الأولى التكثيفية بكلية المعلمين الإسلامية في استخدام مفردات اللغة العربية الصباحية بمعهد دار السلام كونتور للتربية الإسلامية الحديثة العام الدراسي: ١٤٣١-١٤٣٢هـ. S1 Undergraduate thesis, Universitas Darussalam Gontor.
![]() |
FILE TEXT (Mustofa Lutfi - PBA - 2013)
Mustofa Lutfi - PBA - 2013.pdf - Published Version Exclusive to Registered users only License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (123MB) |
Abstract
Pondok Modem Darussalam Gontor adalah suatu lembaga pendidikan yang mengajarkan Pendidikan dan Pengajaran. Pondok Modem Darussalam Gunter memiliki ciri khas yaitu mewajibkan santrinya untuk menggunakan Bahasa Arab dan Bahasa Inggris sebagai penghantar didalam kehidupannya setiap hari. Salah satu metode yang terdapat di Pondok Modern Darussalam Gontor adalah pemberian kosa-kata bahasa Arab di pagi hari. Dengan pemberian kosa kata bahasa Arab di pegi hari ini, dapat dihapal, diteliti kemampuan santri dalam memahami kosa-kata dan menguasai kalimat berdasarkan kalimat tersebut. Terdapat sebagian dari santri yang belum mampu menggunakan kosa kata dengan baik dan benar, dikarenakan mereka belum memahami dengan benar arti dari kosa kata tersebut dan malas dalam membuat kosa-kata tersebut dalam satu kalimat. Oleh dari itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) kemampuan santri kelas satu intensif Kulliyatul Mu'allimin Al-Islamiyah dalam penggunaan kosa kata bahasa Arab di pagi hari dari bentuk fi'liyah di Pondok Modern Darussalam Gontor Ponorogo tahun ajaran: 1431-1432 H. 2) kemampuan santri kelas satu intensif Kulliyatul Mu'allimin Al-Islamiyah dalam penggunaan kosa kata bahasa Arab dari bentuk ismiyah di pagi hari di Pondok Modern Durussalam Gontor Ponorogo tahun ajaran: 1431 1432 1. 3) kemampuan santri kelas satu intensif Kulliyatul Mu'allimin Al-Islamiyah dalam penggunaan kosa kata bahasa Arab dari bentuk fi'liyah dan ismiyah di pagi hari di Poodok Modern Darussalam Gontor Ponorogo tahun ajaran: 1431-1432 H. Penelitian ini adalah penelitian lapangan yang 1) bersifat deskriptif kuantitatif. 2) sampel sebanyak 20% yaitu 75 siswa yang menjadikan siswa kelas satu intensif KMI Pondok Modern Darussalam Gontor yang berjumlah 393 siswa sebagai populasi dari penelitian, 3) ditentukan dengan teknik Stratified Random Sampling. 4) Metode yang digunakan dalam pengumpulan data adalah metode test, sedangkan 5) pengolahan data menggunakan Statistik dengan rumus rata-rata dan Product Moment. 6) Adapun teknik analisa yang dipakai adalah teknik analisa teknik test 't'. Berdasarkan analisis statistik, 1) bentok ismiyah didapat bahwa "thitung 1.22 lebih kecil dari nilai "t' tabel pada taraf signifikan 5% 1660 dibandingkan nilai didalam tabel (-1.851 <1.660). Kesimpulannya, kemampuan Satu Intensif Kulliyatul Mu'allimin Al-Islamiyah dalam menggunakan kosa kata bahasa Arab di pagi hari di Pondok Modern Darussalam Gontor Tahun Ajaran: 1431-1432 H rendah. Berdasarkan analisis statistik, 3) bentuk fi'liyah didapat bahwa "t" hitung 1.22 lebih kecil dari nilai 't' tabel pada taraf signifikan 5% 1660 dibandingkan nilai didalam tabel (-1.882 <1.660) Kesimpulannya, kemampuan Satu Intensif Kulliyatul Mu'allimin Al-Islamiyah dalam menggunakan kosa kata bahasa Arab di pagi hari di Pondok Modern Darussalam Gontor Tahun Ajaran: 1431-1432 II rendah, Berdasarkan analisis statistik, 3) bentuk filiyah dan ismiyah didapat bahwa hitung 1.27 lebih kecil dari nilai "t' tabel pada taraf signifikan 5% 1660 dibandingkan nilai didalam tabel (-167.642 <1.660). Kesimpulannya, kemampuan Satu Intensif Kulliyatul Mu'allimin Al-Islamiyah dalam menggunakan kosa kata bahasa Arab di pagi hari di Pondok Modem Darussalam Gontor Tahun Ajaran: 1431-1432 H rendah. Berdasarkan hasil penelitian ini, peneliti berupaya memberi saran kepada seluruh guru KMI Pondok Modern Darussalam Gontor agar untuk meningkatkan kemampuan berbahasa kelas satu intensif dan mengingatkan mereka dalam menggunakan kosa kata bahasa arab di setiap hari. Dan peneliti berharap kepada peneliti selanjutnya yang akan membahas masalah ini agar meneliti lebih dalam.
Item Type: | Thesis ( S1 Undergraduate ) |
---|---|
Subjects: | 23rd Dewey Decimal Classification > 400 – Bahasa > 400 - Bahasa > 400 Bahasa |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah UNIDA Gontor > Pendidikan Bahasa Arab |
Depositing User: | 2024 Muhammad Baehaqi |
Date Deposited: | 03 Mar 2025 14:43 |
Last Modified: | 03 Mar 2025 14:43 |
URI: | http://repo.unida.gontor.ac.id/id/eprint/6280 |
Statistics Downloads of this Document

![]() |
View Item |