Azzuhria, Novia Bunga (2015) استخدام الوسيطة البصرية في تعليم نص القصة لترقية مهارة الكتابة باللغة العربية لطالبات السنة الثالثة التكثيفية بمعهد دار السلام كونتور للبنات الحرم الثاني للتربية الإسلامية الحديثة العام الدراسي ١٤٣٥ ١٤٣٦ هـ. S1 Undergraduate thesis, Universitas Darussalam Gontor.
![]() |
FILE TEXT (Novia Bunga Azzuhria - PBA - 2015 - 32128179)
Novia Bunga Azzuhria - PBA - 2015 - 32128179.pdf - Published Version Exclusive to Registered users only License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (107MB) |
Abstract
Pendidikan bahasa terdiri dari 4 kecakapan yang saling berhubungan, 4 kecakapan itu adalah kecakapan dalam pendengaran, gaya bicaru, cara membaca dan penulisan. Dan kecakapan menulis mempunyai hubungan yang sangat erat dengan kecakapan kebahasan, dimana menulis membantu para siswi dalam mempelajari bahasa dengan susunan yang baik dan terarah, dan hal tersebut disempurnakan oleh siswi dengan perhatian yang baik terhadap suatu media pembelajaran yang baik dan tepat. Selain itu siswi juga mempelajari intuisi yang baik dalam tata bahasa Arab. Maka harus dijelaskan bahwa siswi kelas 3 intensif Kulliyatul Mu'allimat Al-Islamiyah yang mana belum terlalu mengenal pelajaran Insya mereka belum cukup memiliki pengalaman dalam penempatan kosakata yang telah mereka pelajari dalam penulisan Insya, maka bagi pengajar harus memiliki sarana pengajaran yang cukup, dimana sarana-sarana tersebut dapat memberikan banyak manfaat dalam menusun tata bahasa yang baik, serta mempercepat proses pembelajaran. Salah satu sarana tersebut adalah dengan menggunakan media visual berbasis teks cerita dalam metode pengajaran ketika menulis insya. Tujuan dari pembahasan ini antara lain: 1) untuk mengetahui nilai pada maharah kitabah siswi kelas 3 intensif dengan tidak menggunakan teks cerita, 2) untuk mengetahui nilai pada maharah kitabah siswi kelas 3 intensif dengan menggunakan teks cerita, 3) untuk mengetahui perbedaan nilai pada maharah kitabah dengan menggunakan teks cerita dan yang tidak menggunakan teks cerita. Penelitian ini adalah penelitian lapangan yang bersifat deskriptif kuantitatif, yang menjadikan siswi kelas 3 intensif Pondok Modern Darussalam Gontor Putri kampus 2 yang berjumlah 129 siswi sebagai populasi dari penelitian ini dengan jumlah sampel 50% dari jumlah populasi yakni 64 siswi. Pengambilan sampel ini ditentukan dengan stratified random sampling karena kemampuan dari setiap kelas berbeda. Sedangkan metode pengumpulan data mengunakan metode Test dan Dokumentasi, dan untuk pengolahan data dengan menggunakan metode statistic dengan rumus "test t" M-Ma dan untuk mencari Standard Error Perbedaan Mean Variabel X dan Y: adalah :SE SEMSE-(2×712) (SEM) (SEM) Dan hasil yang ditunjukkan dalam pembahasan ini adalah tidak ada perbedaan yang signifikan dalam peningkatan maharah kitabah antara sebelum menggunakan teks cerita dan sesudah menggunakan teks cerita. Yaitu nilai to lebih kecil dari pada tę yaitu 0,36 lebih kecil daripada t, dalam signifikasi 5% ataupun 1%. Adapun Standar Error perbedaan antara variabel x dan variabel y adalah 1,087. Berdasarkan hasil yang didapat dalam penelitiaan ini maka diharap bagi Bapak Direktur KMI Pondok Modern Darussalam Gontor Putri 2 agar memberikan perhatian lebih pada proses pembelajaran maharah kitabah khususnya pada siswi kelas 3 intensive KMI, agar mereka dapat lebih meningkatkan mutu kemampuan berbahasa Arab baik secara lisan maupun tertulis. Dan untuk lebih memberikan tugas berupa pembiasaan penulisan Insya' dari sejak awal masuknya tahun ajaran baru agar siswi menjadi terbiasa untuk menggunakan Bahasa Arab dan mengungkapkan apa yang ada di hati dan fikiran mereka dengan tetap menggunakan bahasa Arab yang baik dan benar sesuai dengan standart bahasa kelas 3 intensive. Ini semua tidak lepas dari harapan untuk dapat terus meningkatkan kadar kemampuan berbahasa Arab kelas 3 intensive menjadi lebih baik dari sebelumnya.
Item Type: | Thesis ( S1 Undergraduate ) |
---|---|
Subjects: | 23rd Dewey Decimal Classification > 400 – Bahasa > 400 - Bahasa > 400 Bahasa |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah UNIDA Gontor > Pendidikan Bahasa Arab |
Depositing User: | 2024 Muhammad Baehaqi |
Date Deposited: | 04 Mar 2025 05:08 |
Last Modified: | 04 Mar 2025 05:08 |
URI: | http://repo.unida.gontor.ac.id/id/eprint/6294 |
Statistics Downloads of this Document

![]() |
View Item |