Thoifah, Nur (2005) نسبة نجاح تعلم اللغة العربية بمعهد دار السلام كونتور الحديث للبنات الأول للتربية الإسلامية العام الدراسي : ١٤٢٥-١٤٢٦ دراسة مقارنة بين طالبات السنة الأولى بكلية المعلمات الإسلامية الخريجات من المدرسة الابتدائية الإسلامية والمدرسة الابتدائية العامة. S1 Undergraduate thesis, Universitas Darussalam Gontor.
![]() |
FILE TEXT (Nur Thoifah - PBA - 2005 - 22124098)
Nur Thoifah - PBA - 2005 - 22124098.pdf - Published Version Exclusive to Registered users only License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (95MB) |
Abstract
Pondok Modern Darussalam Gontor Putri I adalah salah satu Pondok Cabang dari Gontor Putra Ponorogo yang bertempat di Sambirejo Mantingan Ngawi Jawa Timur yang tetap konsisten mengabdi pada dunia pendidikan dalam sistem Pondok Modern yang di dalamnya mengajarkan bahasa Arab dan menjadikannya bahasa percakapan keseharian. Pondok yang jumlah santriwatinya 2657 santri yang berlatar pendidikan berbeda-beda, dan jumlah Gurunya 230 Guru tersebut, secara kontinu, terus berkembang meraih tujuan, mengemban visi dan misi yang diharapkan pendirinya, yaitu: Ust. KH. Imam Zarkasy, Ust. KH. Ahmad Sahal dan Ust. KH. Zainuddin Fanani. Salah satu tujuan didirikannya Pondok Modern Darussalam Gontor Putri I adalah untuk mencetak Input yang berprestasi baik yang dapat menunjang keberhasilan pendidikan di Pondok Modern Darussalam Gontor Putri I dan dapat terwujudnya output yang berprestasi pula. Adapun prestasi belajar yang dimaksud adalah suatu kemajuan siswi dalam segala hal yang mencakup pengetahuan dan kecakapan-kecakapan keterampilan yang dinyatakan dengan angka-angka, diantaranya prestasi belajar siswi dalam belajar bahasa Arab. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui prestasi belajar bahasa Arab santriwati kelas I KMI asal MI dan SD, dan untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan prestasi belajar bahasa Arab antar santriwati kelas I KMI asal MI dan SD tersebut. Untuk mencapai tujuan tersebut Peneliti menggunakan metode tes untuk memperoleh keterangan Prestasi belajar bahasa Arab antar santriwati kelas I KMI asal MI dan SD di Pondok Modern Darussalam Gontor Putri I Tahun Ajaran: 1425-1426, metode observasi dan wawancara untuk memperoleh keterangan lain yang memperluas pengetahuan ini dan metode dokumenter untuk memperoleh data santri dan guru. Hasil dari tes bahwa nilai bahasa Arab siswi kelas I KMI asal MI dan SD dengan menggunakan rumus Test"t" yaitu: (1) Prestasi belajar bahasa Arab siswi kelas I KMI asal MI cukup, dengan nilai rata-rata 5,95. (2) Prestasi belajar bahasa Arab santri kelas I KMI asal SD cukup, dengan nilai rata-rata 5,07. (3) Terdapat perbedaan antara kemampuan siswi kelas I asal MI dan SD dalam Bahasa Arab. Dengan nilai hasil penelitian (2,14). kemudian dikonsultasikan dengan tabel nilai 't' dengan df (ni+n2-2) 37+30-2-67, atas dasar signifikansi 5% diperoleh score: 2,00. maka hasil to(2,14) lebih besar dari nilai t, (2,00), berarti hipotesa Nihil (Ho) ditolak. Berdasarkan hasil penelitian ini diharapkan (1). Direktur KMI Pondok Modern Darussalam Gontor Putri 1 untuk meningkatkan proses belajar mengajar umumnya dan dalam pengajaran bahasa Arab khususnya. (2). Kepada pengajar bahasa Arab kelas I KMI untuk memperhatikan latar belakang pendidikan. siswanya yang berbeda.(3). Para siswa untuk meningkatkan belajarnya dengan sungguh-sunguh untuk mendapatkan prestasi yang baik khususnya dalam pelajaran bahasa Arab karena bahasa adalah Mahkota Pondok.
Item Type: | Thesis ( S1 Undergraduate ) |
---|---|
Subjects: | 23rd Dewey Decimal Classification > 400 – Bahasa > 400 - Bahasa > 400 Bahasa |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah UNIDA Gontor > Pendidikan Bahasa Arab |
Depositing User: | 2024 Muhammad Baehaqi |
Date Deposited: | 04 Mar 2025 05:09 |
Last Modified: | 04 Mar 2025 05:09 |
URI: | http://repo.unida.gontor.ac.id/id/eprint/6297 |
Statistics Downloads of this Document

![]() |
View Item |