Search for collections on UNIDA Gontor Repository

الفروق اللغوية الفردية في التعبير العربي التحريري لطالبات الفصل الخامس B بكلية المعلمات الإسلامية معهد دار السلام كونتور للبنات الأول للتربية الإسلامية الحديثة العام الدراسي : ۲۰۰۹-٢٠١٠/١٤۳۰ - ١٤٣١

Putrisari, Nurina Dyah (2010) الفروق اللغوية الفردية في التعبير العربي التحريري لطالبات الفصل الخامس B بكلية المعلمات الإسلامية معهد دار السلام كونتور للبنات الأول للتربية الإسلامية الحديثة العام الدراسي : ۲۰۰۹-٢٠١٠/١٤۳۰ - ١٤٣١. S1 Undergraduate thesis, Universitas Darussalam Gontor.

[img] FILE TEXT (Nurina Dyah Putrisari - PBA - 2010 - 28126723)
Nurina Dyah Putrisari - PBA - 2010 - 28126723.pdf - Published Version
Exclusive to Registered users only
License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (172MB)

Abstract

Dalam kajian psikolinguistik, terdapat 2 pandangan dalam penelitian perkembangan penguasaan bahasa. Sebagian ahli bahasa kontemporer menganut pandangan universal atau kesamaan (universal of similarity), dan sebagian lain menganut pandangan perbedaan individual (individual differences). Paham perbedaan individual merupakan pandangan baru yang menjadi kritik terhadap paham universal yang menyatakan bahwa kematangan secara genetikal akan sangat menentukan kompetensi berbahasa seseorang, sedangkan paham kedua menguatkan adanya. perbedaan antar individu dalam bahasa percakapan, baca dan tulisan, seperti halnya perbedaan yang menjadi fitrah bagi setiap manusia dalam karakteristik mereka dari sisi kepribadian, jasmani, psikis dan intelegensi. Di antara faktor yang dapat mempengaruhi adanya perbedaan ini adalah proses perkembangan bahasa, kecerdasan, usia, dan lingkungan. Selanjutnya, bahasa dikemukakan sebagai media terpenting untuk menyingkap sifat dan kepribadian individu, maka setiap pengajar wajib memperhatikan perbedaan bahasa individu pada diri anak didiknya, karena pebedaan ini terdapat pada setiap individu, baik dalam satu kelas, strata, bahkan standar yang sama. Begitu pula dalam proses pengajaran bahasa Arab di Pondok Modern Gontor Putri 1, perhatian para pengajar bahasa terhadap perbedaan bahasa individu anak didiknya merupakan suatu hal penting, terlebih karena bahasa Arab bagi mereka merupakan bahasa kedua. Dan bahasa tulis dapat menjadi salah satu alat ukur untuk mengetahui standar perbedaan tersebut, karena bahasa tulis tidak sebatas alat komunikasi, tetapi juga dapat menjadi penerjemah pikiran sekaligus media untuk berekspresi. Maka penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk-bentuk perbedaan bahasa individu dalam komposisi bahasa Arab siswi kelas 5 B Kuiliyatu-l-Mu'allimat Al-Islamiyah tahun ajaran 1430-1431/2009-2010 dan membuktikan adanya perbedaan tersebut dalam satu kelas dengan standar yang sama dalam aspek kognitif. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan mengambil seluruh siswi kelas 5 B sebagai informan. Untuk mencapai tujuan tersebut peneliti menggunakan metode observasi dan dokmentasi. Analisis data yang dipakai mengacu pada metode Miles dan Huberman yaitu: reduksi data, display dan analisis data, kesimpulan dan verifikasi. Dari analisis yang dilakukan, peneliti menemukan bahwa beberapa segi perbedaan bahasa individu siswi kelas 5 B dalam komposisi bahasa Arab mereka adalah sebagai berikut: 1) Susunan gagasan, yang meliputi penyusunan gagasan dengan baik dan benar, penyusunan gagasan secara hirarkis dalam paragraf, penulisan pengantar yang terlalu panjang, penyusunan gagasan ke dalam nomor, bukan dalam paragraf, komposisi yang bersifat ambigu, penggunaan dhomir yang beragam dalam satu judul dan tidak adanya penggunaan tanda baca dalam kalimat. 2) Panjang pendeknya kalimat, yang meliputi penggunaan kalimat panjang dengan keterikatan pada nash tertentu, penggunaan kalimat yang dimaksudkan pada seni penyusunan kalimat dengan hiperbola yang terlampau jauh, penggunaan unsur balaghoh dalam kalimat dengan adanya majaz dan tasybih, pengkombinasian kedua kalimat panjang dan pendek dan pengulangan kata dengan makna yang hampir sama 3) Susunan kalimat, di mana sebagian susunan kalimat siswi kelas 5 B merupakan hasil penerjemahan bahasa ibu ke dalam bahasa Arab secara harfiah. 4) Bentuk ekspresi tulisan, bentuk ekspresi tulisan siswi kelas 5 B berupa karangan bebas dan penulisan komposisi dalam bentuk kisah atau cerita. 5) Pencantuman kutipan, sebagian siswi kelas 5 B mencantumkan ayat Al-Qur'an, Hadist ataupun penggalan sajak berbahasa Arab dalam tulisan mereka. Berdasarkan atas hasil penelitian ini, peneliti menyarankan agar para pengajar memperhatikan adanya perbedaan bahasa individu anak didiknya, terutama para pengajar bahasa Arab, kemudian dalam aplikasinya, pengajar hendaknya meningkatkan anak didiknya yang sudah cukup terampil dalam menulis komposisi dan membantu mereka yang dirasa masih kurung dalam bidang ini.

Item Type: Thesis ( S1 Undergraduate )
Subjects: 23rd Dewey Decimal Classification > 400 – Bahasa > 400 - Bahasa > 400 Bahasa
Divisions: Fakultas Tarbiyah UNIDA Gontor > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: 2024 Muhammad Baehaqi
Date Deposited: 04 Mar 2025 05:09
Last Modified: 04 Mar 2025 05:09
URI: http://repo.unida.gontor.ac.id/id/eprint/6301

Statistics Downloads of this Document

Loading...
Downloads per month in the last year

View more statistics

 View Item View Item