Ratna N, Oktavia (2009) تأثير تعلم دروس اللغة العربية على كفاءة كتابة الإملاء العربي لطالبات السنة الأولى بكلية المعلمات الإسلامية معهد دار السلام كونتور للبنات الأول للتربية الإسلامية الحديثة العام الدراسي: ١٤٢٩ - ١٤٣٠هـ. S1 Undergraduate thesis, Universitas Darussalam Gontor.
![]() |
FILE TEXT (Oktavia Ratna N - PBA - 2009)
Oktavia Ratna N - PBA - 2009.pdf - Published Version Exclusive to Registered users only License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (109MB) |
Abstract
Pondok Modern Darussalam Gontor Putri I adalah pondok putri yang terletak di Sambirejo Mantingan Ngawi Jawa Timur. Dan bahasa Arab merupakan bahasa yang diajarkan kepada para santriwati karena ia merupakan bahasa dasar agama Islam. Guru pengajar di Kulliyatul Muallimat Al-Islamiyah memakai buku Durusul Lughoh Al-Arobiyah bagi para pemula dalam pengajaran bahasa Arab, mereka adalah siswi kelas satu dan satu intensif, dengan cara pengajaran bahasa asing secara modern atau tanpa tarjamah, 7 jam pelajaran setiap minggunya. Dan untuk mengimbangi 4 kemahiran berbahasa yang salah satunya adalah menulis, maka Kulliyatul Mu'allimat Al-Islamiyah mengajarkan Imla'/ Al-Arabi 2 jam pelajaran untuk kelas satu di setiap minggunya. Pembahasan ini bertujuan untuk mengetahui (1) penguasaan santriwati kelas I KMI terhadap materi Durusul Lughoh Al-Arobiyah (2) kemampuan santriwati kelas I KMI dalam menulis Imla' Al-Arobi (3) pengaruh pembelajaran Durusul Lughoh Al-Arabiyah terhadap kamampuan menulis Imla' Al-Arobi kelas satu Kulliyatul Mu'allimat Al-Islamiyah Pondok Modern Darussalam Gontor Putri I tahun ajaran: 1429-1430H. Untuk mencapai tujuan tersebut, peneliti menggunakan beberapa teknik pengumpulan data, diantaranya metodę tes untuk memperoleh keterangan kemampuan dalam penguasaan Durusul Lughoh Al-Arabiyah dan menulis Imla' santriwati kelas I KMI, metode dokumentasi untuk memperoleh data santri dan guru. Adapun teknik analisa yang dipakai adalah teknik analisis korelasi person product moment, yang diperkuat dengan uji koefisien korelasi t. Populasi dalam penelitian adalah siswi kelas I Pondok Modern Darussalam Gontor Putri I yang berjumlah 401 siswi, sedang sampel yang digunakan adalah 20% dari populasi yaitu 81 siswi, ditentukan dengan teknik Stratified Random Sampling. Dari hasil analisis data, dapat ditarik kesimpulan bahwasanya (1) penguasaan santriwati kelas I KMI terhadap materi Durusul Lughoh Al-Arobiyah sedang dengan nilai: 65,80, (2) kemampuan santriwati kelas I KMI dalam menulis Imla' Al-Arobi sedang dengan nilai: 71,73, (3)Hasil penelitian ini menunjukkan adanya pengaruh yang sedang antara pembelajaran Durussul Lughoh terhadap kemampuan menulis Imla' Al-Arabi kelas 1 Kulliyatul Mu'allimat Al-Islamiyah Pondok Modern Darussalam Gontor Putri I tahun ajaran: 1429-1430H. Hal ini berdasarkan hasil r product moment (rxy) 0,580 kemudian setelah dihubungkan dengan daftar sicnificant level, ternyata nilai r terletak pada tingkat yang cukup yaitu antara 0,400-0,600. Dan hal ini dikuatkan pula dengan hasil uji koefisien korelasi t 6,33 dengan tingkat signifikan 5% dan derajat kebebasan 79 sedangkan nilai didaftar t yaitu 1,980. Berdasarkan hasil penelitian ini, peneliti berharap kepada seluruh pihak yang berkaitan dengan mobilitas pendidikan dan pengajaran. Khususnya pengajaran dan pendidikan Bahasa Arab di Pondok Modern Darussalam Gontor Putri I: Bapak Direktur KMI, Bapak Pengasuh Gontor Putri I, para staf guru, wali kelas, untuk lebih memperhatikan kembali tentang penggunaan dan penulisan Bahasa Arab yang baik dan benar serta tetap meningkatkan proses belajar mengajar khususnya Durusul Lughoh Al-Arabiyah serta materi Imla'. Kemudian menganjurkan kepada para santriwati untuk meningkatkan belajarnya dengan sungguh-sungguh agar mendapatkan prestasi yang baik.
Item Type: | Thesis ( S1 Undergraduate ) |
---|---|
Subjects: | 23rd Dewey Decimal Classification > 400 – Bahasa > 400 - Bahasa > 400 Bahasa |
Depositing User: | 2024 Muhammad Baehaqi |
Date Deposited: | 04 Mar 2025 05:09 |
Last Modified: | 04 Mar 2025 05:09 |
URI: | http://repo.unida.gontor.ac.id/id/eprint/6304 |
Statistics Downloads of this Document

![]() |
View Item |