Kadarsih, Istianti (2012) تأثير كفاءة قراءة كتاب "إقرأ" على كتابة الإملاء لطلاب المدرسة الابتدائية نور السلام بسمبيرجوا ما نتيجان نجاوى جاوى الشرقية العام الدراسي ۲۰۱۱/۲۰۱۰ م. S1 Undergraduate thesis, Universitas Darussalam Gontor.
![]() |
FILE TEXT (Istianti Kadarsih - PBA - 2012)
Istanti Kadarsih - PBA - 2012 - 26126138.pdf - Published Version Exclusive to Registered users only License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (101MB) |
Abstract
Pembelajaran membaca dan menulis Al-Qur'an adalah kewajiban bagi generasi Islam. Pembelajaran Al-Qur'an yang terdiri atas belajar membaca dan menulis huruf Al-Qur'an ini telah mengalami perkembangan yang pesat. Para pengajar tinggal memilih metode yang paling cocok baginya. Salah satunya adalah metode IQRO. Di Indonesia, pengajaran baca tulis huruf Al-Qur'an yang umum diajarkan kepada anak anak adalah buku Iqro'. Dan MI Nurussalam adalah salah satu lembaga pendidikan yang memberikan perhatian besar terhadap ketrampilan membaca dan ketrampilan menulis bagi para muridnya. Di sana diajarkan beberapa pelajaran yang di dalamnya terdapat beberapa latihan untuk menguasai beberapa ketrampilan ini. Diantaranya pelajaran membaca iqro' dan menulis imla". Penelitian ini bertujuan (1) untuk mengetahui kemampuan murid MI Nurussalam dalam membaca Iqro (1) untuk mengetahui kemampuan murid MI Nurussalam dalam menulis Imla' Al-'Arobiy () untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh kemampuan membaca Iqro' terhadap penulisan Imla' murid MI Nurussalam tahun ajaran ۱۹۳۲/۲۰۱۱ Untuk mencapai tujuan tersebut, peneliti menggunakan beberapa teknik pengumpulan data, diantaranya metode dokumentasi untuk memperoleh data santri dan guru dan metode tes untuk memperoleh keterangan kemampuan dalam membaca Iqro dan menulis Imla' murid MI Nurussalam,. Adapun teknik analisa yang dipakai adalah teknik analisis korelasi person product moment, yang diperkuat dengan uji koefisien korelasi t. Populasi dalam penelitian adalah murid IQRO٦-٤ MI Nurussalam Dadung Sambirejo Mantingan Ngawi Jawa Timur yang berjumlah ۲۰٤ siswi, sedang sampel yang digunakan adalah ۲۰% dari populasi yaitu siswi, ditentukan dengan teknik Stratified Random Sampling. Dari hasil analisis data, dapat ditarik kesimpulan bahwasanya (1) kemampuan murid MI Nurussalam dalam membaca Iqro' adalah sedang dengan nilai ۷۰,۳۲ (۲) kemampuan murid MI Nurussalam dalam menulis Imla' Al-'Arobiy adalah sedang dengan nilai ۷۲,۱۵ (۳) hasil penelitian ini menunjukkan adanya pengaruh yang sedang antara kemampuan membaca Iqro murid MI Nurussalam tahun ajaran ۲۰۱۰/۲۰۱۱ Hal ini berdasarkan hasil r product moment (rxy) ٠٥٠٨٩ kemudian setelah dihubungkan dengan daftar significant level, ternyata nilai r terletak pada tingkat yang cukup yaitu antara٠٠٠٠٠. Dan hal ini dikuatkan pula dengan hasil uji koefisien korelasi t = ۳,۷۰۰۷ dengan tingkat significant % dan derajat kebebasan ۳۹ sedangkan nilai di daftar t yaitu = ۲,۰۲۱ Berdasarkan hasil penelitian ini, peneliti berharap kepada seluruh pihak yang berkaitan dengan mobilitas pendidikan dan pengajaran di MI Nurussalam, untuk lebih memperhatikan kembali para muridnya serta tetap meningkatkan proses belajar mengajar khususnya dalam membaca kitab Iqro' dan ketrampilan menulis huruf Al Qur'an. Kemudian menganjurkan para murid untuk meningkatkan belajarnya dengan sungguh sungguh agar mendapatkan prestasi yang baik dalam membaca dan menulis.
Item Type: | Thesis ( S1 Undergraduate ) |
---|---|
Subjects: | 23rd Dewey Decimal Classification > 400 – Bahasa > 400 - Bahasa > 407 Pendidikan, riset dan topik terkait tentang Bahasa |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah UNIDA Gontor > Pendidikan Bahasa Arab |
Depositing User: | 2024 Hibatullah Ramadhana |
Date Deposited: | 04 Mar 2025 05:09 |
Last Modified: | 04 Mar 2025 05:09 |
URI: | http://repo.unida.gontor.ac.id/id/eprint/6305 |
Statistics Downloads of this Document

![]() |
View Item |