Search for collections on UNIDA Gontor Repository

تأثير استيعاب دروس اللغة العربية في كفاءة كتابة الإنشاء الأسبوعي لطلاب الفصل الأول التكثيفي بكلية المعلمين الإسلامية بمعهد دار السلام كونتور المركزي للتربية الإسلامية الحديثة العام الدراسي: ١٤٣٤ - ١٤٣٥ هـ

Susanto, Rely (2014) تأثير استيعاب دروس اللغة العربية في كفاءة كتابة الإنشاء الأسبوعي لطلاب الفصل الأول التكثيفي بكلية المعلمين الإسلامية بمعهد دار السلام كونتور المركزي للتربية الإسلامية الحديثة العام الدراسي: ١٤٣٤ - ١٤٣٥ هـ. S1 Undergraduate thesis, Universitas Darussalam Gontor.

[img] FILE TEXT (Rely Susanto - PBA - 2014 - 30127815)
Rely Susanto - PBA - 2014 - 30127815.pdf - Published Version
Exclusive to Registered users only
License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (100MB)

Abstract

Bahasa sebagai alat/media untuk menyatakan ekspresi diri dan tak terhingga jumlahnya, salah satunya adalah bahasa Arab. Bahasa Arab mempunyai kedudukan dan kemuliaan yang tinggi karena ia adalah bahasa wahyu al-Qur'an yang bijak diturunkan dengan menggunakan bahasa Arab untuk membawa manusia dari kegelapan menuju cahaya kebenaran. Salah satu lembaga pendidikan yang mengajarkan bahasa Arab di Indonesia adalah Kulliyatu-l-Mu'allimin Al-Islamiyah Pondok Modern Darussalam Gontor. Sejak tahun 1926 Pondok Modern Darussalam Gontor menggunakan metode modern atau "Thariqhoh Haditsah" dalam pengajarannya. Dan metode yang digunakan sekarang adalah hasil dari eksperimen panjang para pendiri Pondok Modern Darussalam Gontor sehingga "Thariqhoh Mubasyirah ditetapkan sebagai metode pengajaran bahasa Arab di Pondok Modern Darussalam Gontor. Guru pengajar di Kulliyatu-l-Mu'allimin Al-Islamiyah memakai buku Durusullughah al-Arabiyah bagi para pemula dalam pengajaran Bahasa Arab, mereka adalah siswa kelas satu dan satu intensif, dengan cara penganjaran bahasa asing secara modern/tanpa tarjamah, dan untuk mengimbangi 4 kemahiran berbahasa yang salah satunya adalah menulis Insya', maka KMI mengadakan insya usbu'i seminggu sekali. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) Penguasaan Durusullughah al-'Arabiyah kelas satu intensif KMI, (2) Kemampuan Menulis Insya' Usbu'i kelas satu intensif KMI, (3) pengaruh antara Penguasaan Durusullughah al-'Arabiyah, terhadap Kemampuan Menulis Insya' Usbu', kelas satu intensif Kulliyatu-l-Muallimin al-Islamiyah Di Pondok Modern Darussalam Gontor Pusat Tahun Ajaran 1434-1435 Η. Penelitian ini adalah penelitian lapangan yang bersifat deskriptif kuantitatif yang menjadikan santri kelas satu intensif KMI yang berjumlah 422 pelajar sebagai populasi dari penelitian ini dengan jumlah sample sebanyak 15% yaitu 65 pelajar, ditentukan dengan teknik Statified Random Sampling. Metode yang di gunakan dalam pengumpulan data adalah metode Tes, sedangkan pengolahan data menggunakan statistik dengan rumus rata-rata dan Corelasi Product Moment. Dari hasil analisis data, dapat ditarik kesimpulan bahwasannya (1) Nilai Penguasaan Durusullughah al-'Arabiyah kelas satu intensif adalah Sedang (6,26), (2) Nilai Kemampuan Menulis Insya' Usbui kelas satu intensif adalah Baik (6,04), dan (3) Terdapat pengaruh yang signifikan antara Penguasaan Durusullughah al-'Arabiyah, terhadap Kemampuan Menulis Insya Usbui, kelas satu intensif Kulliyatu-l-Muallimin al-Islamiyah Di Pondok Modern Darussalam Gontor Pusat Tahun Ajaran 1434-1435 H. dengan nilai r (0,050) lebih besar dari nilai df 1% (0,325) dan nilai 5% (0,848). Setelah mengamati dari hasil penelitian, maka penulis berharap kepada para staff KMI untuk memperhatikan dan meningkatkan cara belajar siswa dalam Penguasaan Durusullughah al-'Arabiyah khususnya bagi kelas satu intensif, Melihat bahwa Kemampuan Menulis Insya' Usbu'i dan Penguasaan Durusullughah al-'Arabiyah adalah dua materi dalam penguasaan bahasa Arab dan merupakan asas dalam pengajaran bahasa Arab, sebagaimana diharapkan kepada seluruh guru-guru untuk meningkatkan cara mengajar mereka kepada siswa sehingga penguasaan mereka dalam kemampuan menulis Insya' Usbu'I dan Penguasaan Durusullughah al-'Arabiyah yang benar dan baik. Dan diharapkan kepada siswa KMI Pondok Modern Darussalam Gontor dan siswa kelas satu intensif KMI khususnya, agar menguasai kaedah-kaedah bahasa Arab dan menggunakannya dalam percakapan mereka sehari-hari.

Item Type: Thesis ( S1 Undergraduate )
Subjects: 23rd Dewey Decimal Classification > 400 – Bahasa > 400 - Bahasa > 400 Bahasa
Divisions: Fakultas Tarbiyah UNIDA Gontor > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: 2024 Muhammad Baehaqi
Date Deposited: 04 Mar 2025 05:09
Last Modified: 04 Mar 2025 05:09
URI: http://repo.unida.gontor.ac.id/id/eprint/6312

Statistics Downloads of this Document

Loading...
Downloads per month in the last year

View more statistics

 View Item View Item