Search for collections on UNIDA Gontor Repository

تربية مهارة الحياة المدبرى منظمة طلبة معهد دار السلام كونتور الثاني للتربية الإسلامية الحديثة عام الدراسي ١٤٣٦/١٤٣٥ ٥ بحث علمي مقدم لاستكمال شرط من شروط إتمام الدراسة لدرجة "الليسانس" في التربية الإسلامية

Refli, Rivo (2015) تربية مهارة الحياة المدبرى منظمة طلبة معهد دار السلام كونتور الثاني للتربية الإسلامية الحديثة عام الدراسي ١٤٣٦/١٤٣٥ ٥ بحث علمي مقدم لاستكمال شرط من شروط إتمام الدراسة لدرجة "الليسانس" في التربية الإسلامية. S1 Undergraduate thesis, Universitas Darussalam Gontor.

[img] FILE TEXT (Rivo Refli - PBA - 2015)
Rivo Refli - PBA - 2015.pdf - Published Version
Exclusive to Registered users only
License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (100MB)

Abstract

Pondok Modern Darussalam Gontor 2 Ponorogo telah memberikan ruang yang luas terhadap para santrinya untuk pengembangan potensi berupa pengayaan aktivitas yang kreatif dan inovatif. Hal itu direalisasikan dengan memaksimalkan kegiatan ekstrakurikuler yang terkoordinir dalam bentuk organisasi pelajar yang dikenal dengan Organisasi Pelajar Pondok Modern (OPPM). Organisasi tersebut terdiri dari beberapa bagian dengan beragam kegiatan yang berjalan secara dinamis sesuai dengan struktur dan kultur Pondok Modern Darassalam Gontor 2 yang selalu mengiringi perkembangan zaman yang mengarah kepada globalisasi, dimana setiap individu dari masyarakat dunia dituntut akan kecakapan hidup mereka (life skills). Pendidikan kecakapan hidup (life skills education) merupakan suatu konsep dalam bidang pendidikan, yaitu pendidikan yang memberikan ketrampilan personal, sosial, intelektual, dan vokasional. Pendidikan semacam ini dapat diaplikasikan dalam berbagai jenjang dan jenis pendidikan baik diintegrasikan dalam kurikulum pembelajaran di kelas maupun di luar kelas dengan bentuk yang bervariasi sesuai dengan visi-misi lembaga pendidikan terkait. Maka dari itu, peneliti menentukan penelitian ini dengan tujuan untuk mengetahui aspek pendidikan kocakapan hidup di OPPM Pondok Modern Darussalam Gontor 2 Ponorogo dan pelaksanaannya. Jenis penelitian ini adalah studi kancah dengan pembahasan deskriptif (descriptive research), untuk mengetahui aspek-aspek pendidikan kecakapan hidup di Organisasi Pelajar Pondok Moden (OPPM) di Pondok Modern Darussalam Gontor 2 Ponorogo. Dalam pengumpulan data, peneliti mengunakan metode observasi, dokumentasi, dan wawancara, sedangkan untuk menganalisa data yang telah terkumpul, peneliti mengunakan metode induktif dan analisis deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pendidikan kecakapan hidup di OPPM Gontor 2 terdiri dari kecakapan umum dan kecakapan khusus. Adapun yang pertama terdiri atas kecakapan personal yang meliputi: ketrampilan dalam (manajemen waktu, berdisiplin, perancangan program kerja, pemecahan masalah 'problem solving', tanggung jawab, berpikir kreatif dan kepemimpinan leadership) dan kecakapan sosial yang meliputi ketrampilan dalam (komunikasi, kerja sama, dan solidaritas). Sedangkan kecakapan khusus terdiri dari kecakapan intelektual yang meliputi ketrampilan dalam (diskusi dan penulisan karya ilmiah) dan kecakapan vokasional yang meliputi ketrampilan dalam (dagang, berbahasa asing, keolah-ragaan, pengajaran, photografi, penerangan dan pidato atau dakwah). Berdasarkan pada penelitian yang singkat ini, Penulis berharap agar 1) Pondok ini menjaga atas hasil baik yang telah didapatkan dalam hal pendidikan dan khususnya dalam hal pendidikan kecakapan hidup bagi para pengurus Organisasi Pelajar Pondok Modern Darussalam Gontor. 2) Dan agar seluruh pengurus Organisasi Pelajar Pondok Modern Darussalam Gontor 2 menjalankan amanatnya dengan sebaik-baiknya sehingga memberikan manfaat bagi dirinya dan masyarakat. 3) Agar penelitian ini memberikan sumbangsih terhadap perbendaharaan keilmuan secara umum dan khususnya bagi Fakultas Tarbiyah Universitas Darussalam Gontor. 4) Agar penelitain ini menjadi pedoman bagi para pendidik dalam Pendidikan Kecakapan Hidup sebagaimana yang dilakukan oleh Organisasi Pelajar Pondok Modern.

Item Type: Thesis ( S1 Undergraduate )
Subjects: 23rd Dewey Decimal Classification > 400 – Bahasa > 400 - Bahasa > 400 Bahasa
Divisions: Fakultas Tarbiyah UNIDA Gontor > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: 2024 Muhammad Baehaqi
Date Deposited: 04 Mar 2025 05:10
Last Modified: 04 Mar 2025 05:10
URI: http://repo.unida.gontor.ac.id/id/eprint/6316

Statistics Downloads of this Document

Loading...
Downloads per month in the last year

View more statistics

 View Item View Item