Search for collections on UNIDA Gontor Repository

مشكلات ترقية مهارة الكلام للطلاب الجدد ومحاولات مدبري المسكن الجديد لحلها بمعهد دار السلام كونتور للتربية الإسلامية الحديثة فونوروكو جاوى الشرقية في السنة الدراسية ١٤٣٥ - ١٤٣٦

Huda, Rofiazka Fahmi (2015) مشكلات ترقية مهارة الكلام للطلاب الجدد ومحاولات مدبري المسكن الجديد لحلها بمعهد دار السلام كونتور للتربية الإسلامية الحديثة فونوروكو جاوى الشرقية في السنة الدراسية ١٤٣٥ - ١٤٣٦. S1 Undergraduate thesis, Universitas Darussalam Gontor.

[img] FILE TEXT (Rofiazka Fahmi Huda - PBA - 2015)
Rofiazka Fahmi Huda - PBA - 2015.pdf - Published Version
Exclusive to Registered users only
License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (120MB)

Abstract

Bahasa adalah kata-kata yang dengannya suatu kaum mengekspresikan maksud mereka. Sedangkan Bahasa Arab adalah kata-kata yang dengannya orang arab mengekspresikan maksud mereka. Bahasa Arab mempunyai empat keterampilan utama, yaitu: keterampilan mendengar, keterampilan berbicara, keterampilan membaca, dan keterampilan menulis. Sedangkan keterampilan berbicara adalah keterampilan kedua yang utama setelah keterampilan mendengar. Kemampuan berbicara ini mencakup percakapan dan pengekspresian secara lisan. Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) Mengetahui permasalahan peningkatan kemampuan berbicara bahasa arab santri baru; (2) Mengetahui upaya pengurus rayon santri baru dalam meningkatkan kemampuan berbicara bahasa arab bagi santri baru di Pondok Modern Gontor tahun ajaran 1435-1436 Н. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, untuk mencapai tujuan tersebut peneliti menggunakan 3 metode, yaitu: Metode Dokumenter, Metode Wawancara, dan Metode Observasi. Analisis data yang dipakai mengacu pada Miles dan Hubberman 1984 yaitu: Reduksi Data, Data Display dan Analisis data, Dan Kesimpulan serta Verifikasi. Dari analisis yang dilakukan, peneliti menemukan beberapa poin, yaitu: 1. Bahwa permasalahan peningkatan berbicara bahasa arab disebabkan dari dua segi, dari rayon baru untuk anak kibar dan rayon anak baru untuk anak shigor, dari rayon baru untuk anak kibar hal itu ditandai dengan beberapa hal berikut: a. Kurangnya perhatian pengurus terhadap pelanggar bahasa, b. Anggota masih memakai bahasa rusak dalam percakapan mereka sehari-hari, c. Kurangnya percontohan yang baik dalam segi bahasa. Dan dari rayon anak baru untuk anak shigor adalah sebagai berikut: a. Kurangnya pengawasan pengurus dalam beberapa kegiatan di luar rayon, b. Masih ada anggota yang meninggalkan kegiatan bahasa tanpa sebab, c. Masih ada para pelanggar bahasa yang meninggalkan evaluasi bahasa setelah maghrib. 2. Bahwa pengurus rayon santri baru mempunyai upaya-upaya dalam meningkatkan kemampuan beribacra bahasa Arab santri baru dengan mengadakan banyak kegiatan dan pergerakan. Diantara upaya-upaya tersebut adalah: a. Upaya yang terus menerus dalam bentuk percontohan berbahasa arab yang baik dan mengajak pengurus rayon yang lain untuk bericara bahasa arab, b. Memotivasi anggota dan memahamkannya akan pentingnya peningkatan kemampuan berbicara bahasa arab, c. Mewajibkan anggota untuk menempelkan kosa kata bahasa arab di depan kotak mereka, d. Menghukum para pelanggar bahasa dengan cara menghafalkan kosa kata, berpidato di depan rayon dengan bahasa arab dan hukuman yang bermanfaat yang lainnya, e. Mewajibkan anggota untuk menulis kosa kata yang disampaikan pagi hari dan menghafalkannya. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan oleh peneliti, maka harapan besar kepada staf pengasuhan santri dan pembimbing bahasa agar selalu membimbing dan mengevaluasi kinerja pengurus rayon santri baru. Dan peneliti juga mengharapkan kepada seluruh pengurus rayon santri baru untuk selalu bersabar dan bersungguh-sungguh dalam mengayomi anggota dalam peningkatan kemampuan berbicara bahasa arab mereka. Tidak kalah pentingnya, peneliti juga mengharapkan kepada seluruh anggota asrama untuk sadar akan pentingnya bahasa arab dan selalu berbicara dengan bahasa arab yang baik dan fasih, karena praktek dan pelestariannya adalah ibadah.

Item Type: Thesis ( S1 Undergraduate )
Subjects: 23rd Dewey Decimal Classification > 400 – Bahasa > 400 - Bahasa > 400 Bahasa
Divisions: Fakultas Tarbiyah UNIDA Gontor > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: 2024 Muhammad Baehaqi
Date Deposited: 04 Mar 2025 05:10
Last Modified: 04 Mar 2025 05:10
URI: http://repo.unida.gontor.ac.id/id/eprint/6317

Statistics Downloads of this Document

Loading...
Downloads per month in the last year

View more statistics

 View Item View Item