Abdul Latief, Saddam Husein (2014) منهج خرائط العقل في تعليم التعبير الكتابي. S1 Undergraduate thesis, Universitas Darussalam Gontor.
![]() |
FILE TEXT (Saddam Husein Abdul Latief - PBA - 2014 - 30126565)
Saddam Husein Abdul Latief - PBA - 2014 - 30126565.pdf - Published Version Exclusive to Registered users only License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (105MB) |
Abstract
Bahasa Arab sudah menjadi bahasa internasional. Bahasa Arab bukan hanya bahasa satu kaum tertentu, bukan bahasa agama tertentu. Akan tetapi Bahasa Arab adalah bahasa seluruh umat manusia. Bahasa Arab telah banyak di pelajari oleh orang-orang non Arab, mereka mencoba untuk memahaminya dan menggunakannya dalam percakapan sehari-hari. Namun, tidak dapat dipungkiri bahwasanya pelajar bahasa dan orang yang menggunakannya merasakan kelemahan dan kekurangan pemahaman dalam menguasai seluruh perbendaharaan kata, karena kemampuannya dalam menguasai perbedaharaan kata terbatas sesuai dengan bidang pengetahuannya dan hasil yang telah dicapainya. Oleh karena itu, penggunaan Mind Mapping sangatlah dibutuhkan untuk menutupi keterbatasan penguasaan bahasa tersebut. Beberapa studi tentang otak manusia menemukan fakta, bahwa ternyata potensi yang dimiliki manusia itu sungguh luar biasa dan mengagumkan. Tapi potensi tersebut ternyata belum dimanfaatkan secara maksimal. Sebuah cara belajar yang efektif dan mampu mengerahkan seluruh potensi otak telah ditemukan oleh pakar memori dari Inggris, Tony Buzan yaitu teknik pencatatan mind map pada tahun 1970 didasarkan pada riset bagaimana cara kerja otak yang sebenarnya. Ternyata otak mengolah informasi dan menyimpan informasi tidak secara linear, setahap-demi setahap, tetapi otak menyimpan informasi dan memproses informasi secara acak. Di samping itu, otak menyimpan informasi dalam bentuk gambar, simbol, suara, bentuk-bentuk dan bukan dalam bentuk huruf dan tulisan. Cara pencatatan dengan mind map mencoba meniru cara otak menyusun dan menata informasi-informasi seperti pada sepotong neuron atau sel saraf yang saling membuat hubungan-hubungan dan dilengkapi dengan gambar-gambar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tentang Mind Mapping, dan untuk mengetahui penggunaan Mind Mapping dalam pembelajaran Ta'bir. Penelitian ini merupakan penelitian pustaka atau literature. Dalam pengumpulan data, peneliti menggunakan Documentary Methode yaitu metode yang digunakannya untuk mengumpulkan data-data tentang Ta'bir dan metode Mind Mapping. Dalam menganalisis data, peneliti menggunakan metode Biblioghraphy Method untuk mengetahui riwayat dan sejarah tokoh perintis metode Mind Mapping ini. Juga menggunakan Content Analysis Method yaitu metode yang digunakan untuk menganalisis data-data tetang metode Mind Mapping dan pembelajaran Ta'bir. Descriptive Analysis digunakan untuk mendeskripsikan data-data yang sudah dianalisis. Hasil penelitian ini adalah bahwa konsep Mind Mapping bisa digunakan dalam pembelajaran maupun pengajaran, dan pembelajaran menggunakan mind mapping akan lebih menarik, efektif dan mengetahui jalannya pembelajaran, sedangkan untuk pelajar konsep ini bisa membantu siswa dalam mempermudah mengeluarkan Ma'lumat atau pengetahuan yang ada dalam otang dengan Radiant Thinking Method. Masalah pembelajaran Ta'bir pada saat ini adalah siswa kadang belum mampu mengeluarkan ide atau pengetahuan dalam otaknya, hal ini disebabkan pengetahuan dan ide yang di kepala kita harus dibuka dengan kata utama, gambar, symbol, dll. Dan penulis mencoba menganalisis metode Mind Mapping dan penggunaannya dalam peningkatan Ta'bir. Adapun dalam kelebihan dan kekurangannya, peneliti menyimpulkan bahwa metode Mind Mapping ini dapat mengemukakan penapan secara bebas, catatan lebih padat dan jelas, lebih mudah megeluarkan ide, lebih terfokus pada inti materi, mudah melihat gambar keseluruhan, membantu otak untuk megatur, mengingat, membandingkan, dan membuat hubungan, memudahkan penambahan imformasi baru, pengkajian ulang bias lebih cepat, dan setiap peta bersifat unik. Dan kelemahan dari metode ini adalah hanya siswa yang aktif yang terlibat, tidak sepenuhnya murid yang belajar, mind mapping siswa bervariasi sehingga guru kewalahan memeriksa mind map siswa. Dengan kajian yang sederhana ini, penulis berharap akan ada penelitian selanjutnya secara lebih rinci dan lebih mendalam mengenai metode Mind Mapping. Besar harapan agar penelitian ini bermanfaat dan menjadi sumbangan yang berarti bagi ummat islam.
Item Type: | Thesis ( S1 Undergraduate ) |
---|---|
Subjects: | 23rd Dewey Decimal Classification > 400 – Bahasa > 400 - Bahasa > 400 Bahasa |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah UNIDA Gontor > Pendidikan Bahasa Arab |
Depositing User: | 2024 Muhammad Baehaqi |
Date Deposited: | 04 Mar 2025 05:10 |
Last Modified: | 04 Mar 2025 05:10 |
URI: | http://repo.unida.gontor.ac.id/id/eprint/6319 |
Statistics Downloads of this Document

![]() |
View Item |